BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

PB PRUI Mengadakan Kejuaraan Rugby Sevens Trophy 2019

10-08-2019 15:12 | Gia Yuda Pradana

Rugby Sevens Trophy 2019 (c) Fitri Apriani Rugby Sevens Trophy 2019 (c) Fitri Apriani

Bola.net - Kejuaraan bertajuk Asia Rugby Sevens Trophy 2019 diadakan di Jakarta. Kejuaraan ini berlangsung 10-11 Agustus, lokasinya di Rugby Field, Komplek Gelora Bung Karno (GBK), Senayan.

Event ini diadakan oleh Pengurus Besar Persatuan Rugby Union Indonesia (PB PRUI), dan diikuti oleh 16 negara.

Untuk kategori putra, peserta yang hadir dari 10 negara yaitu Indonesia selaku tuan rumah, Afghanistan, India, Banglades, Laos, Malaysia, Mongolia, Singapura, Thailand, Uzbekistan, dan Brunei Darussalam. Sedangkan untuk kategori putri diikuti 9 negara yakni Banglades, Laos, Korea Selatan, India, Filipina, Qatar, Brunei Darussalam, Taiwan, Guam, serta Indonesia.

Dalam 2 hari pelaksanaannya, 40 pertandingan berlangsung selama 2x7 menit. Sementara untuk peraturan permainan, 1 tim terdiri dari 12 pemain, yang meliputi 7 pemain inti, dan 5 pemain cadangan.

Ketua Umum PB PRUI, Didik Mukrianto berharap kejuaraan ini bisa menghadirkan kompetisi yang berkesan, dan memberikan jam terbang kepada para atlet. Selain itu juga untuk mempopulerkan olahraga rugbi di tanah air.

"Sudah barang tentu bahwa memasyarakatkan olahraga tentu perlu upaya yang cukup berat begitu ya. Dalam berbagai permasalahan konteks atletnya, kemudian sosialisasi olahraganya sendiri menjadi penting. Karena kami menyadari rugbi ini, masih perlu publikasi yang lebih ekstra lagi kepada masyarakat. Mengingat ragbi baru menjadi anggota KONI 2013 lalu," ujar Didik.

Mengenai target Indonesia di Rugby Sevens Trophy 2019, Didik menargetkan peringkat ketiga. Sebab pada Asia Trophy tahun lalu di Singapura, tim Merah Putih berhasil menembus posisi 5 besar.

"Memang tidak mudah untuk mengejar sebuah prestasi, mengingat kompetitor di Asia Rugby adalah negara-negara yang sudah mapan rugbinya, sudah berpuluh tahun yang lalu. Mereka syarat dengan prestasi, syarat dengan pengalaman. Tapi dengan persiapan yang matang, semangat yang luar biasa, ditangani pelatih yang baik, karena PB PRUI juga serius dengan merekrut pelatih dari Selandia Baru," katanya.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1 halaman

Pemanasan untuk SEA Games 2019

Sementara itu, kejuaraan Asia Rugby Sevens Trophy 2019 tersebut dijadikan Indonesia sebagai pemanasan jelang tampil di SEA Games 2019. Adapun, ajang multievent se-Asia Tenggara itu bakal berlangsung di Filipina pada 30 November - 11 Desember mendatang.

Di sisi lain, kekhawatiran muncul terkait kemungkinan tidak diberangkatkannya atlet rugbi ke SEA Games. Tapi, Didik yakin terhadap komitmen Kemenpora, KOI dan KONI untuk memperjuangkan tim rugbi Indonesia agar bisa tampil di event tersebut.

"Jika KOI tidak memberikan ruang kepada olahraga rugbi di ajang SEA Games, sangat memprihatinkan. Padahal komunikasi dan komitmen kami dengan Kemenpora, sepenuhnya Menteri Pemuda dan Olahraga, mendorong dan mendukung agar cabor-cabor termasuk rugbi ini bisa berangkat ke SEA Games. Menpora akan membantu pembiayaan pelatnas ini, walaupun tidak seperti yang kami inginkan. Tapi, kami tentu menyadari bahwa memang kebijakan Pemerintah khususnya di Kemenpora ada pertimbangan lain," tutur Didik.

"Mudah-mudahan komitmen dari Kemenpora segera terealisasi, mungkin bisa meringankan beban kami PB PRUI untuk berangkat ke SEA Games nanti. Dan kami sekali lagi berharap, KONI sebagai representasi dari cabor-cabor ini midah-mudahan juga bisa, memberikan kesempatan bertanding di multievent di tingkat internasional, termasuk SEA Games tahun ini," imbuhnya.

(Bola.net/Fitri Apriani)

10 Pesepak Bola Muslim Berprestasi Saat Ini

KOMENTAR