BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Menpora Buka Turnamen Wushu Internasional yang Digelar PB Wushu Indonesia

03-12-2020 23:10 | Dimas Ardi Prasetya

Menpora Zainudin Amali. (c) Dok. Kemenpora Menpora Zainudin Amali. (c) Dok. Kemenpora

Bola.net - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali membuka International Virtual Wushu Championship 2020 seri kedua, dari Sitroom Lantai 9 Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (2/12/2020) malam. Pada kesempatan tersebut, ia menyampaikan apresiasinya kepada Pengurus Besar (PB) Wushu Indonesia yang mampu menggelar kejuaraan di tengah pandemi COVID-19.

Virtual Wushu Championship seri kedua ini akan diikuti tujuh negara. Selain Indonesia sebagai tuan rumah, negara lain yang berpartisipasi yaitu China, Singapura, Makau, Korea Selatan, Brunei Darussalam, dan Kazakhstan.

Menpora mengapresiasi peran PB Wushu Indonesia yang terus aktif dan berinovasi di tengah situasi sulit seperti sekarang. Kejuaraan ini dinilainya cukup bergengsi karena diikuti 82 sasana dari tujuh negara tersebut.

"Apa yang dilakukan oleh PB Wushu Indonesia seiring dan sejalan dengan apa yang digariskan pemerintah karena menitikberatkan pembinaan sejak usia dini dan dilakukan terus-menerus secara konsisten serta tidak pernah berhenti dalam situasi apapun," ujar Menpora.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1 halaman

Ajang Mencari Atlet-Atlet Wushu Terbaik

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) PB Wushu Indonesia, Airlangga Hartarto berterima kasih atas dukungan pemerintah. Ia juga mengatakan tujuan dilaksanakan Virtual Championship seri kedua ini adalah untuk menjaring sebanyak-banyaknya atlet wushu junior yang telah memiliki teknik dasar olahraga yang didapat dari berlatih di sasana-sasana mereka.

"Pembinaan cabang olahraga wushu harus dimulai dari usia dini, berjenjang, dan terus menerus. Tidak boleh dilakukan secara instan. Oleh karenanya PB Wushu Indonesia mencari bibit atlet langsung dari sumber-sumber pembinaan yaitu sasana-sasana di seluruh Indonesia walaupun dilakukan secara virtual," tuturnya.

"Di kesempatan ini, kami juga menyampaikan ucapan terima kasih atas suport dan dukungan para orang tua atlet yang selama ini telah mendampingi putra-putrinya berlatih dan berkompetisi. Kepada PB Wushu Indonesia, Pengprov, Pengkab, Pengkot, serta seluruh sasana Indonesia marilah kita saling bergandeng tangan untuk bersama-sama dan bekerjasama untuk terus membina atlet," imbuh Airlangga.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR