BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Fakta Menarik Surfing, Cabor yang Debut pada Olimpiade Tokyo 2020

15-07-2021 12:13 | Afdholud Dzikry

Surfer, Caroline Marks ketika bertarung di kompetisi Rip Curl Narrabeen Classic, Australia, 20 April 2021 lalu. (c) AP Photo
Surfer, Caroline Marks ketika bertarung di kompetisi Rip Curl Narrabeen Classic, Australia, 20 April 2021 lalu. (c) AP Photo

Bola.net - Olimpiade Tokyo 2020 akan mencetak sejarah baru dalam dunia olahraga ketika cabang olahraga (cabor) surfing atau selancar air menjalani debut di multievent olahraga empat tahunan ini. Olahraga surfing merupakan satu dari 46 cabang olahraga yang dipertandingkan di ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Seperti diketahui sebelumnya, Indonesia sendiri mengirimkan satu plus satu atlet pada cabang ini, yakni Rio Waida (men's shortboard) dan atlet cadangan I Ketut Agus Aditya Putra pada ajang Olimpiade empat tahunan ini.

Rencananya, Rio akan bertanding di Tsurigasaki Surfing Beach, titik timur terjauh di Jepang pada 25 juli mendatang.

Lalu, apa saja fakta-fakta menarik dari olahraga yang memulai debutnya pada Olimpiade Tokyo ini? Yuk disimak selengkapnya.

1 dari 1 halaman

Fakta Menarik Olahraga Surfing

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah fakta-fakta menarik dari olahraga surfing:

  1. Debut olahraga surfing di Olimpiade terjadi setelah Komite Olimpiade Internasional (IOC) menggangapnya sebagai bagian dari upaya untuk menarik audiens yang lebih muda ke Olimpiade.
  2. Surfing diikuti oleh 20 atlet pria dan 20 atlet wanita dari 18 negara pada Olimpiade tahun ini.
  3. Cabang olahraga ini diakui sebagai cabang olahraga di Olimpiade pada Agustus 2016, tepat saat gelaran Olimpiade Rio 2016 masih dilaksanakan.
  4. Olahraga surfing berhasil dikabulkan setelah 100 tahun dianjurkan oleh bapak selancar modern, Duke Kahanamoku pada tahun 1920.
  5. Hanya ada satu kategori pada cabang surfing, yakni shortboard. Namun, apabila surfing dinyatakan sukses pada Olimpiade ini, maka kategori lain seperti longboarding dapat ditambahkan.
  6. Saat ini, ada lebih dari 25 juta peselancar di seluruh dunia.
  7. Surfing menjadi olahraga paling populer kedua setelah sepakbola di Brasil.
  8. Surfing tidak dipertimbangkan pada Olimpiade Beijing 2008 karena belum mencapai 75 badan pemerintahan nasional.
  9. Penyelenggara Olimpiade Paris 2024 telah memasukkan selancar bersama dengan skateboard, panjat tebing, dan breakdance dalam program resmi Olimpiade Musim Panas 2024 yang dipersembahkan kepada IOC.
  10. Hawaii, tempat kelahiran selancar, selalu berkompetisi di bawah bendera negara bagiannya. Namun, pada ajang Olimpiade, baik penduduk pulau maupun penduduk daratan semua akan berselancar untuk Amerika Serikat
  11. Tidak hanya surfing, skateboard pun menjadi debut pertama pada ajang Olimpiade kali ini.
  12. Sebagai tuan rumah, selancar merupakan olahraga yang sangat populer di Jepang. Negeri matahari terbit ini memiliki sekitar dua juta peselancar rekreasi.

Itulah fakta-fakta menarik olahraga Surfing yang dilansir dari berbagai sumber.

Semoga dengan debutnya Rio Waida dan cabang olahraga ini di pentas Olimpiade dapat memberikan hasil yang memuaskan.

Ayo dukung Rio Waida bertanding dengan menyaksikan live streaming Olimpiade Tokyo 2020 yang akan disiarkan secara gratis melalui aplikasi Vidio.

KOMENTAR