BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Deretan Cabor yang Jadi Unggulan Indonesia di SEA Games 2019

20-11-2019 13:30 | Anindhya Danartikanya

SEA Games 2019 Filipina. (c) Phisgoc SEA Games 2019 Filipina. (c) Phisgoc

Bola.net - Ajang olahraga SEA Games 2019 bakal mulai digelar di Filipina pada 30 November nanti. Para atlet akan berjuang untuk bisa memberikan kebanggaan berupa raihan medali emas pada pesta olahraga dua tahunan tersebut.

SEA Games 2019 merupakan edisi ke-30 sejak digelar pada 1959. Indonesia baru berpartisipasi pada edisi 1977 yang digelar di Malaysia. Sejak itu, Indonesia tak pernah absen mengirim atlet ke. Hajatan negara-negara Asia Tenggara itu memiliki gengsi tersendiri.

Meski tujuannya adalah untuk ajang silaturahmi sekaligus menjadi penggembira tim tuan rumah, atmosfer kompetitif selalu terjadi pada setiap edisinya.

Peta persaingan di SEA Games juga hampir jarang berubah. Hal itu mengindikasikan setiap negara peserta sudah memiliki ukuran cabang-cabang olahraga andalan.

Termasuk Indonesia yang memiliki cabang olahraga andalan penyumbang medali. Lantas, apa saja cabang olahraga andalan Indonesia di SEA Games?

Melansir Bola.com, berikut ini cabang olahraga yang masih akan menjadi andalan Indonesia di SEA Games 2019.

1 dari 5 halaman

Bulu Tangkis

Bulu Tangkis menjadi cabang olahraga andalan Indonesia di SEA Games. Bulutangkis hampir selalu mampu menyumbang medali emas.

Pada edisi 2017, bulutangkis menyumbangkan dua medali emas. Sumbangan itu dipersembahkan Jonatan Christie melalui nomor tunggal putra dan tim beregu putra.

2 dari 5 halaman

Angkat Besi

Indonesia juga cukup berprestasi pada cabang angkat besi. Pada edisi 2017, sumbangan dua medali emas dipersembahkan para atlet angkat besi.

Keduanya dipersembahkan lifter Deni dari nomor 69 kg dan I Ketut Ariana dari nomor 77 kg. Pada edisi 2019, angkat besi berpeluang melanjutkan tradisi sumbangan medali emas.

3 dari 5 halaman

Wushu

Wushu menjadi cabang olahraga yang langganan menyumbangkan emas untuk Indonesia. Pada edisi 2017, cabang olahraga ini mampu mendulang tiga medali emas.

Sumbangan itu dipersembahkan Felda Elvira Santoso dari nomor Dao Shu, Juwita Niza Wasni dari nomor Nandao + Nan Gun, dan Lindswell Kwok dari nomor Taijijian. Pada SEA Games 2019 diharapkan Wushu bisa kembali meraih medali emas.

4 dari 5 halaman

Renang

Pada SEA Games 2017, renang tercatat menyumbang empat medali emas. Persembahan itu diberikan I Gede Siman Sudartawa, Indra Gunawan, Nathaniel Gagarin, dan Triady Fauzi Sidiq.

Hal itulah yang membuat renang kembali diandalkan untuk menyumbangkan medali emas. Para perenang diharapkan bisa kembali berprestasi di SEA Games 2019.

5 dari 5 halaman

Atletik

Atletik menjadi penyumbang medali emas terbanyak Indonesia pada SEA Games 2017. Sebanyak lima medali emas dipersembahkan Atjong Tio Purwanto, Hendro Yap, Triyaningsih, dan Eki Febri Ekawati.

Pada SEA Games 2019, Indonesia berharap atletik bisa kembali berprestasi. Dengan komposisi atlet yang dikirim, Indonesia berpeluang kembali mengulang prestasi di Filipina.

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Zulfirdaus Harahap/Editor: Rizki Hidayat/Dipublikasi: 20 November 2019

KOMENTAR

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone