BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

DBON Kemenpora Didukung Deretan Artis Papan Atas

01-12-2021 10:36 | Gia Yuda Pradana

Desain Besar Olahraga Nasional (c) DBON Kemenpora
Desain Besar Olahraga Nasional (c) DBON Kemenpora

Bola.net - Olahraga menjadi sarana efektif untuk membentuk karakter bangsa. Ini termasuk di kalangan selebritas Indonesia.

Pembentukan karakter bangsa melalui olahraga itu sudah tercantum dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang disusun pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Para artis papan atas ramai-ramai mendukung program ini.

Mulai Wulan Guritno, Prilly Latuconsina, Ammar Zoni, Ricky Harun, Richard Kyle, Andrea Dian, Randy Martin, Daniel Mananta, Chicco Jerikho, hingga Stefan William siap ikut menyukseskan DBON. Mereka pun mengajak masyarakat untuk terlibat aktif.

Dalam praktiknya, DBON tidak sekadar menjadi cara Kemenpora mencetak atlet berprestasi. Tapi juga ingin masyarakat aktif dan terbiasa berolahraga, kemudian memiliki mental juara.

DBON adalah dokumen rencana induk yang berisikan arah kebijakan pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional yang dilakukan secara efektif, efisien, unggul, terukur, sistematis, akuntabel, dan berkelanjutan. Semua itu ada dalam lingkup olahraga rekreasi, olahraga prestasi, dan industri olahraga.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 2 halaman

Artis, DBON, dan Indonesia Juara

Sementara itu, Ammar Zoni mengaku senang dengan keberadaan DBON. Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, ia ingin melihat Indonesia bisa mencetak atlet juara.

"Akhirnya ada DBON yang menjadi acuan agar industri olahraga Indonesia makin cemerlang. Partisipasi masyarakat dalam olahraga adalah kontribusi besar dalam mengembangkan industri olahraga,” ujar Ammar Zoni, dalam rilis yang diterima Bola.net, Rabu (1/12/2021).

Ricky Harun juga memberikan testimoni positif. Hadirnya DBON dianggap sebagai langkah maju pengelolaan olahraga di Tanah Air.

“Kita pantas berbangga sekarang mempunyai #DBONCetakJuara yang didalamnya ada strategi tepat membangun ekosistem olahraga modern. Ini sangat berguna untuk masa depan prestasi olahraga Indonesia di kancah dunia,” ucapnya.

2 dari 2 halaman

DBON untuk Olimpiade dan Paralimpiade

Di dalam DBON, terkandung beberapa target jangka panjang. Di antaranya, menciptakan masyarakat bugar dengan aktif berolahraga.

DBON juga mengandung target untuk menambah prestasi Indonesia. Terutama di ajang internasional seperti Olimpiade dan Paralimpiade.

Oleh karena itu, Kemenpora terus menggencarkan DBON. Selain artis papan atas, program ini juga turut dibantu kampanyenya oleh tokoh publik.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR