BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Bisa! Optimisme Menpora Akan Peluang Indonesia Capai Target 40 Besar di Olimpiade Tokyo 2020

28-07-2021 05:45 | Ari Prayoga

Menpora RI, Zainudin Amali (c) Kemenpora
Menpora RI, Zainudin Amali (c) Kemenpora

Bola.net - Rasa optimisme tinggi ditunjukkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali terhadap peluang kontingen Indonesia memenuhi target di Olimpiade Tokyo 2020.

Pada kesempatan sebelumnya, Zainudin Amali sudah menyatakan harapannya kepada kontingen Indonesia agar bisa membukukan prestasi yang lebih baik dari Olimpiade Rio de Janeiro 2016 lalu.

Kontingen Indonesia mengakhiri Olimpiade Rio dengan mendulang satu medali emas dan dua perak untuk berada di peringkat ke-46. Adapun di Olimpiade Tokyo, Amali menargetkan Indonesia untuk finish dalam 40 besar.

"InsyaAllah, bisa terpenuhi target yaitu peringkat di Olimpiade Tokyo bisa lebih baik daripada di Olimpiade Rio," kata Amali dinukil dari Antara.

"Saat ini, masih ada beberapa wakil Indonesia yang akan bertanding di Olimpiade Tokyo," jelas menteri asal Gorontalo tersebut.

1 dari 1 halaman

Baru 2 Medali

Sejauh ini, Kontingen Indonesia baru membukukan dua medali, dengan perincian satu medali perak dan satu perunggu.

Medali perak disumbangkan atlet angkat besi, Eko Yuli Irawan pada nomor 61kg putra. Sementara itu, medali perunggu direbut lifter Windy Cantika Aisah di nomor 49kg putri.

Di Olimpiade Tokyo, Kontingen Indonesia mengirimkan 28 atlet untuk delapan cabang olahraga (cabor) yang terdiri dari angkat besi, renang, selancar, dayung, panahan, menembak, bulutangkis, dan atletik.

Indonesia masih berpeluang besar untuk meraih medali emas dari cabor bulutangkis.

Di tabel klasemen medali sementara hingga pukul 17.00 WIB, Kontingen Indonesia menempati urutan ke-34 bersama Belgia, Republik Ceska, dan Serbia.

Amerika Serikat masih memimpin dengan raihan 9 emas, 5 perak, dan 8 perunggu. China dan Jepang menguntit di belakanya dengan jumlah emas yang sama.

"Kami masih memantau perkembangan Olimpiade Tokyo, karena memang tim Indonesia kan masih ada yang bertanding. Paling tidak dengan dua medali yang sudah diraih, itu berarti memperkuat apa yang sudah kami perhitungkan, yaitu memperbaiki peringkat," ujar Amali.

Ajang multievent Olimpiade Tokyo 2020 bisa pembaca bola.com saksikan melalui TV teresterial INDOSIAR dan O Channel. Selain itu juga bisa di layanan over the top (OTT) VIDIO baik gratis maupun berbayar dengan 12 channel tambahannya, serta channel Champions TV 1, 2 dan 3 yang dikelola IEG (Indonesia Entertainment Group), salah satu anak perusahaan di Emtek Group. Yuk nikmati sajian live streamingnya dengan mengklik tautan ini.

Disadur dari: Bola.com, Muhammad Adiyaksa, Rizki Hidayat | Dipublikasi: 27 Juli 2021

KOMENTAR