BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Skuad PSG Terlalu Tangguh, Pochettino Kurang Pengalaman?

05-10-2021 03:00 | Richard Andreas

Pelatih PSG, Mauricio Pochettino (c) AP Photo
Pelatih PSG, Mauricio Pochettino (c) AP Photo

Bola.net - Performa PSG sejauh ini belum cukup memuaskan. Teranyar, PSG takluk 0-2 dari Rennes dalam duel lanjutan Ligue 1 2021/22, Minggu (3/10/2021).

Kekalahan ini cukup mengejutkan untuk tim sekuat PSG. Pasalnya, Rennes seharusnya bukan lawan sulit bagi Lionel Messi dkk. Perbedaan level kedua tim sangat besar.

Terlebih, skuad PSG dalam pertandingan tersebut bertabur bintang. Ada Messi, Neymar, Mbappe, dan Di Maria di lini serang. Barisan bek mana pun jelas kelimpungan.

Lantas apa kendala PSG sehingga tidak bisa bermain maksimal?

1 dari 3 halaman

Skuad penuh bintang

Musim ini PSG layak disebut sebagai tim dengan skuad paling tangguh di dunia. Mereka belanja besar di bursa transfer musim panas lalu dan merekrut beberapa nama top.

Seperti yang disebut di atas, PSG sudah punya Mbappe-Messi-Neymar di lini serang. Trio ini seharusnya jadi jaminan pukulan gol dalam semusim.

Kualitas PSG juga terlihat di posisi lain. Masih ada Marco Verrati sebagai gelandang, juga Georginio Wijnaldum. Bahkan di posisi penyerang masih ada Mauro Icardi.

Lalu ada nama Sergio Ramos, Marquinhos, dan Hakimi di lini belakang. Plus Donnarumma yang disebut sebagai calon kiper terbaik di dunia.

2 dari 3 halaman

Pelatih kurang pengalaman?

Ekspresi Lionel Messi saat ditarik keluar dalam laga PSG vs Lyon pada lanjutan Ligue 1, Senin (20/9/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo
Ekspresi Lionel Messi saat ditarik keluar dalam laga PSG vs Lyon pada lanjutan Ligue 1, Senin (20/9/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo

Sayangnya, sejak musim lalu, muncul keraguan soal kualitas sang pelatih, Mauricio Pochettino. Pasalnya, Poch gagal menuntun PSG menjuarai Ligue 1 musim lalu, kompetisi yang mereka dominasi selama bertahun-tahun.

Poch dikenal sebagai salah satu pelatih muda berkualitas. Namanya besar bersama Tottenham Hotspur di Premier League beberapa tahun terakhir.

Namun, Poch termasuk kurang pengalaman sebagai pelatih. Dia punya potensi, tapi tidak punya pengalaman melatih pemain-pemain bintang.

Terlebih, saat ini ada begitu banyak pemain top dalam tim PSG. Kondisi ruang ganti tentu sulit dikontrol.

3 dari 3 halaman

Butuh waktu

Di sisi lain, Pochettino juga tidak bisa sepenuhnya disalahkan. Saat ini PSG masih berusaha mencari jati diri dengan memaksimalkan para superstar.

Tim PSG masih berusaha beradaptasi dengan Messi dan Messi juga masih beradaptasi dengan tim. Paling tidak, Poch punya waktu setengah musim untuk memperbaiki masalah tim.

Sumber: Bola, Express

KOMENTAR