BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Pires Gembira Lihat Aksi Pelatih-pelatih Muda Seperti Steven Gerrard dan Frank Lampard

18-10-2018 12:40 | Richard Andreas

Steven Gerrard (c) AP Steven Gerrard (c) AP

Bola.net - Sepak bola sudah mendekati era baru. Pemain-pemain hebat yang dahulu akrab didengar penikmat sepak bola, seperti Steven Gerrard, Frank Lampard, Pattrick Vieira dan Thierry Henry sudah tak lagi bermain. Mereka justru memulai babak baru sebagai pelatih.

Kondisi ini menunjukkan bahwa sepak bola sudah memasuki generasi baru dalam era sepak bola modern. Nama-nama di atas mungkin akan mendatangkan warna baru pada gaya bermain sepak bola, warna yang mungkin lebih segar.

Saat ini sepak bola masih dikuasai pelatih-pelatih hebat seperti Pep Guardiola, Zinedine Zidane, Jose Mourinho, Jurgen Klopp, Ernesto Valverde dan masih banyak lagi. Namun masih sangat mungkin gaya sepak bola yang mereka kembangkan akan digusur dengan gaya sepak bola yang lebih baik oleh pelatih-pelatih muda tersebut.

Mantan pemain Arsenal, Robert Pires pun merasa regenerasi ini sangatlah penting. Baca penjelasan selengkapnya di bawah ini:

1 dari 3 halaman

Sepak Bola Berubah

Menurut Pires, lahirnya pelatih-pelatih baru sangatlah penting. Dia sudah menyaksikan sendiri hasil kerja Gerrard di Glasgow Rangers, yang menurutnya luar biasa. Pires percaya Gerrard akan jadi salah satu pelatih terbaik.

"Saya pikir sangatlah penting melihat wajah-wajah baru di bangku cadangan, seperti Steven Gerrard atau Frank Lampard, Thierry Henry atau Patrick Vieira," buka Pires kepada dailymail.

"Sangat penting melihat orang-orang ini tampil untuk membantu generasi baru karena sepak bola sedang berubah."

"Saya tahu Steven Gerrard melakukan tugasnya dengan baik untuk Rangers dan saya gembira untuknya karena dia layak mendapatkan itu. Dia adalah pemain hebat dan sekarang dia mencoba berkontribusi dengan menjadi pelatih bagus untuk Rangers," sambungnya.

2 dari 3 halaman

Bukan Soal Uang

Frank Lampard diumumkan sebagai pelatih baru Derby County. (c) Derby County Official Twitter. Frank Lampard diumumkan sebagai pelatih baru Derby County. (c) Derby County Official Twitter.

Lebih lanjut, Pires yakin sebagai pelatih yang baru merintis karier, uang bukanlah pertimbangan utama untuk Gerrard, Lampard atau lainnya. Dia yakin satu hal yang lebih penting dari uang adalah relasi dengan para pemain, yakni menjalin hubungan baik.

"Ini tak selalu soal uang. Jika anda pelatih, anda harus menemukan hubungan yang baik dengan para pemain. Bagi saya, itulah yang terpenting. Oleh sebab itu, Henry, Gerrard, Lampard atau Vieira bisa terhubung dengan pemainnya.

"Pemain-pemain mereka lebih bersemangat karena pelatih-pelatih ini dulunya adalah pemain hebat dan mereka bisa memberikan saran dan banyak pengalaman untuk para pemain," lanjut Pires.

"Hubungan antara pelatih baru dan pemain sangat, sangat penting."

3 dari 3 halaman

Berita Video

Berita video komentar Neymar setelah menang dramatis atas Argentina pada laga persahabatan di King Abdullah Sport City Stadium, Jeddah, Selasa (16/10/2018) waktu setempat.

KOMENTAR