BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Patah Arang, Eredivisie 2019/20 Segera 'Dibungkus'

22-04-2020 05:51 | Yaumil Azis

Ajax Amsterdam juara Eredivisie 2018-19 (c) KNVB Ajax Amsterdam juara Eredivisie 2018-19 (c) KNVB

Bola.net - Pemerintah Belanda sudah menyatakan bahwa pagelaran kompetisi olahraga harus ditunda sampai tanggal 1 September mendatang. Dan Eredivisie musim 2019/20 nampaknya bakalan diselesaikan secara dini.

Pernyataan yang dilontarkan oleh Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, tidak hanya berlaku bagi bidang olahraga saja. Pentas musik yang juga bisa mengundang keramaian juga bernasib sama.

Langkah ini merupakan upaya pemerintah untuk menekan penyebaran virus Corona di negara kincir angin itu. Sampai saat ini, jumlah pasien positif virus Corona di Belanda sudah mencapai lebih dari 30 ribu jiwa.

"Lebih baik untuk waspada sekarang ketimbang menyesal di kemudian hari, ujar Rutte saat memberikan pengumuman soal penundaan kompetisi olahraga di Belanda, seperti yang dikutip dari Sky Sports.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Eredivisie akan Dihentikan

Federasi sepak bola Belanda, KNVB, langsung memberikan respon atas pengumuman itu. Mereka menyatakan niatannya untuk tidak melanjutkan Eredivisie musim 2019/20 dan siap menerima konsekuensi dari UEFA.

"Tidak ada laga sepak bola yang bisa dimainkan, meski tanpa penonton, sampai 1 Sept. Sebagai hasilnya, dewan sepak bola profesional berniat untuk tidak melanjutkan liga musim 2019/20," bunyi pernyataan KNVB, seperti yang dikutip dari Reuters.

"Berdasarkan keputusan pemerintah hari ini, KNVB akan berkonsultasi dengan UEFA setelah soal pilihan apa yang akan dikonfirmasikan."

"Pada hari Jumat, klub-klub serta pihak terkait lainnya akan bertemu untuk mendiskusikan konsekuensinya."

2 dari 2 halaman

Ancaman Krisis Finansial

UEFA, diwakili Aleksander Ceferin selaku presiden, telah meminta setiap federasi untuk tidak terburu-buru dalam membuat keputusan. Dan jika kompetisi dihentikan secara prematur, UEFA sudah menyiapkan sanksi tegas.

Tentu saja, keputusan ini belum 100 persen bulat. Pasalnya pihak KNVB tidak ingin industri sepak bola di Belanda terkena dampak negatif dari sisi ekonomi.

"Upaya sedang dilakukan untuk melindungi industri sebisa mungkin untuk melawan konsekuensi finansial dalam krisis saat ini," tutup pernyataan tersebut.

(Reuters)

KOMENTAR