BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Menyimak Kisah Mesut Ozil Pasca Arsenal: Kontroversi, Start Buruk, Ternyata Sama Saja

12-04-2021 15:44 | Yaumil Azis

Mesut Ozil pada laga debutnya bersama Fenerbahce (c) AP Photo Mesut Ozil pada laga debutnya bersama Fenerbahce (c) AP Photo

Bola.net - Kisah Mesut Ozil bersama Arsenal jauh dari kata mulus, terutama di babak akhir. Pemberitaan mengenai dirinya hanya berkaitan dengan calon klub baru, kontroversi, kritikan, dan berbagai hal negatif lain yang kerap ditemui di dunia sepak bola.

Ozil enggan meninggalkan the Gunners karena klub peminatnya tak bersedia membayarnya sesuai dengan gaji yang diterima di Emirates Stadium. Dan Arsenal sendiri sudah menganggap Ozil sebagai beban yang harus segera dikeluarkan.

Pada akhirnya, di bulan Januari 2021, Ozil dan Arsenal sama-sama sepakat. Kontraknya yang tinggal menyisakan enam bulan diputus dan pemain berkebangsaan Turki tersebut itu bisa hengkang ke klub impiannya, Fenerbahce.

Sejumlah pihak mengklaim kalau Ozil bakal menemukan kembali kemampuan terbaiknya di Fenerbahce. Namun sejauh ini, kiprah pemain yang juga pernah memperkuat Real Madrid itu jauh dari kata gemilang.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Awalan yang Buruk

'Toxic relationship' antara Ozil dan Arsenal telah berakhir. Tetapi sayangnya, ia justru akan memulai sebuah hubungan yang tidak sehat dengan Fenerbahce. Sejak bergabung, Ozil sudah bermain dalam tujuh pertandingan tanpa kontribusi gol maupun assist.

Sudah begitu, cedera parah menimpa dirinya ketika membela Fenerbahce melawan Antalyaspor bulan lalu. Diketahui bahwa Ozil mengalami cedera pada ligamen yang membuatnya harus absen selama enam pekan.

Jika dihitung-hitung, Ozil seharusnya sudah bisa kembali bermain saat Fenerbahce menghadapi Denizlispor pada tanggal 5 April lalu. Namun sang pelatih, Emre Belozoglu, tidak memasukkan namanya dalam starting XI maupun daftar pemain cadangan.

Situasi serupa juga terlihat ketika Fenerbahce bertemu Yeni Malatyaspor baru-baru ini. Mungkin, pelatih serta staf klub berjuluk Sari Kanaryalar sudah muak dengan penampilannya.

Dalam laga di mana dirinya mendapati cedera, Ozil gagal memanfaatkan peluang mencetak gol yang sudah berada di depan mata. Banyak staf pelatih yang terlihat menutup wajahnya ketika sang pemain gagal mencetak gol dari peluang tersebut.

2 dari 2 halaman

Lagi-lagi Kontroversi

Bukan Mesut Ozil namanya kalau tidak dibaluti dengan kontroversi di luar lapangan. Pemain berkebangsaan Jerman tersebut sudah cukup akrab dengan itu semasa memperkuat the Gunners.

Beberapa waktu lalu, Ali Koc selaku presiden Fenerbahce menjadi topik perbincangan karena meminta fans ikut membiayai gaji Ozil. Pernyataan itu terlontar selang beberapa lama usai sang pemain menandatangani kontrak dengan Fenerbahce.

Padahal, Ozil sudah memangkas gajinya 80 persen dari yang diterimanya selama memperkuat the Gunners. Rupanya, biaya sebesar 67 ribu pounds per pekan yang harus dibayarkan Sari Kanaryalar masih terlalu berat.

Koc kembali menarik perhatian publik dengan melakukan 'perang' melawan beIN Sports. Ia menuding beIN telah memanipulasi VAR dengan sengaja memilih sudut kamera tertentu, juga memblokir akses media lain ke pengenalan resmi Ozil.

Pada akhirnya, Koc kalah dalam pertarungan legal dengan beIN yang membayar hak siar sebesar 370 juta dollar kepada Super Lig.

(Mirror)

KOMENTAR