BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Hakim Ziyech dan 5 Penjualan Termahal Ajax Amsterdam

22-04-2020 11:44 | Aga Deta

Hakim Ziyech (c) AP Photo Hakim Ziyech (c) AP Photo

Bola.net - Ajax Amsterdam dikenal sebagai tim tersukses di sepak bola negeri Belanda. Selain itu, mereka juga banyak melahirkan pemain-pemain sepak bola yang sangat berbakat.

Ada banyak bintang top dunia yang pernah memperkuat Ajax. Mulai dari Johan Cruyff, Edwin van der Sar, Wesley Sneijder hingga era Frenkie De Jong.

Raksasa Eredivisie itu sangat jeli dalam mencari pemain muda potensial. Mereka memolesnya dan kemudian menjualnya ke klub lain.

Meski bursa transfer belum dibuka, Ajax sudah dipastikan akan ditinggal satu pemain bintangnya pada musim depan. Dia adalah Hakim Ziyech yang sudah mencapai kesepakatan dengan Chelsea.

Pemain berbakat dijual ke klub lain merupakan hal lumrah bagi Ajax. Bahkan tidak sedikit pemain yang berhasil dijual Ajax dengan harga tinggi.

Berikut ini 5 penjualan termahal Ajax berdasarkan data dari Transfermarkt.

1 dari 5 halaman

5. Arkadiusz Milik

Arkadiusz Milik, Napoli (c) AP Photo Arkadiusz Milik, Napoli (c) AP Photo

Arkadiusz Milik didatangkan dari Bayer Leverkusen seharga 6 juta euro pada 2014. Striker asal Polandia itu berhasil menunjukkan ketajamannya di Belanda.

Milik mampu mencetak 47 gol dari 75 pertandingan di semua kompetisi. Hal tersebut membuat Napoli kepincut untuk merekrutnya.

Pemain berusia 26 tahun itu pada akhirnya diboyong ke San Paolo pada 2016. Partenopei harus mengeluarkan 32 juta euro untuk mendapatkan Milik.

2 dari 5 halaman

4. Davinson Sanchez

Davinson Sanchez (c) THFC Davinson Sanchez (c) THFC

Davinson Sanchez bergabung dengan Ajax dari klub Kolombia, Atletico Nacional pada 2016 lalu. Sang pemain mampu menunjukkan performa yang memukau pada tahun pertamanya di Eredivisie.

Penampilan Sanchez berhasil mencuri perhatian Tottenham. Bek kanan asal Kolombia itu akhirnya ditebus Spurs dengan biaya 40 juta euro.

Ajax tentu saja mendapat keuntungan yang sangat besar saat menjual Sanchez. Pasalnya, raksasa Belanda itu hanya mengeluarkan 5 juta euro saja saat merekrutnya dari Atletico National.

3 dari 5 halaman

3. Hakim Ziyech

Hakim Ziyech usai mencetak gol ke gawang Spurs (c) AP Photo Hakim Ziyech usai mencetak gol ke gawang Spurs (c) AP Photo

Hakim Ziyech mengawali karier profesionalnya di Heerenveen. Namun, karier pemain asal Maroko itu semakin moncer ketika membela Twente.

Setelah dua tahun di Twente, Zieych kemudian pindah ke Ajax Amsterdam. Pemain berusia 27 tahun itu menuai sukses besar di klub barunya.

Ziyech berhasil mencetak 48 gol dan 82 assist dari 165 penampilan untuk Ajax. Hal itu membuat Chelsea rela menggelontorkan 40 juta euro untuk mendapatkan tanda tangan sang pemain.

4 dari 5 halaman

2. Frenkie De Jong

Frenkie De Jong (c) AP Photo Frenkie De Jong (c) AP Photo

Frenkie De Jong bukan pemain didikan akademi Ajax Amsterdam. Sang pemain bergabung dengan Willem II dari usia yang sangat belia dan baru pindah ke De Toekomst pada tahun 2015 lalu.

De Jong kemudian menjelma menjadi salah satu pemain penting di lini tengah Ajax. Penampilan cemerlang pemain asal Belanda itu membuatnya diminati banyak klub besar Eropa.

Barcelona pada akhirnya yang berhasil mendapatkan tanda tangannya sang pemain. De Jong ditebus dengan biaya 75 juta euro agar bisa datang ke Camp Nou.

5 dari 5 halaman

1. Matthijs De Ligt

Matthijs De Ligt bergabung dengan Ajax Amsterdam sejak masih berusia sembilan tahun. Dia memulai dari tim junior, hingga pada akhirnya bisa menjadi kapten di tim utama Ajax.

De Ligt menjadi salah satu sosok yang berperan besar bagi Ajax musim 2018-19. Ia berhasil membawa timnya melangkah hingga babak semifinal Liga Champions.

Bek timnas Belanda itu pada akhirnya meninggalkan Ajax pada musim panas 2019. Ia bergabung Juventus dengan nilai transfer sebesar 85,5 juta euro.

Sumber: Transfermarkt

KOMENTAR