Eks Winger Barcelona dan PSG: Messi Bukan Lagi Pemain yang Sama

Dimas Ardi Prasetya | 19 September 2022, 23:33
Eks Winger Barcelona dan PSG: Messi Bukan Lagi Pemain yang Sama
Selebrasi Lionel Messi setelah mencetak gol kemenangan PSG ke gawang Lyon. (c) AP Photo

Bola.net - Eks winger Barcelona dan PSG, Ludovic Giuly, mengatakan bahwa Lionel Messi memang bukan lagi pemain yang sama seperti beberapa tahun lalu tapi ia yakin bukan itu penyebabnya tampil buruk musim lalu.

Musim lalu Messi gabung dengan PSG. Itu pertama kalinya ia gabung klub lain setelah sebelumnya membela Barcelona sejak tahun 2000, saat ia masih bocah.

Namun Messi tak tampil sesuai ekspektasi di PSG. Ia gagal mempertontonkan keahliannya mencetak banyak gol.

Saat itu ia cuma bisa mencetak 11 gol saja di semua ajang kompetisi. Tak heran jika kemudian ada yang mengklaim bahwa Messi sudah habis.

1 dari 5 halaman

Pembelaan Giuly Pada Messi

Ludovic Giuly kemudian memberikan pembelaan kepada Lionel Messi. Ia mengatakan wajar jika Messi mengalami penurunan performa dan tak bisa tampil tajam di PSG.

Pasalnya, ia memang harus beradaptasi dahulu dengan lingkungan barunya. Hal semacam itu juga terjadi pada pemain lain yang pindah ke klub baru.

"Saya selalu tahu itu akan rumit baginya musim lalu. Ketika Anda adalah raja dunia di sebuah klub, dan Anda tiba dalam semalam di negara baru dan di kejuaraan lain, itu tidak pernah mudah, bahkan jika Anda adalah pemain terbaik di dunia," ujar Giuly pada La Parisien.

2 dari 5 halaman

Optimis Bakal Gacor

Ludovic Giuly juga mengaku yakin Lionel Messi bakal bisa bangkit di tahun keduanya. Pasalnya pemain seperti Messi pasti selalu melakukan introspeksi diri.

"Butuh waktu untuk menyerap perubahan, dan kami melihat bahwa tahun pertamanya rumit. Tapi saya yakin bahwa musim keduanya akan bagus karena para pemain hebat selalu mempertanyakan diri mereka sendiri; itulah yang ia lakukan," cetus Giuly.

Messi sendiri memang sudah terlihat bangkit pada musim 2022/2023 ini. Sekarang ia sudah mengemas enam gol dari 11 laga dan menambahkan delapan assisst bagi PSG.

3 dari 5 halaman

Messi Bukan Pemain yang Sama

Lionel Messi sekarang sudah berusia 35 tahun. Tentu saja kelincahannya sudah berkurang.

Ludovic Giuly pun mengakui hal tersebut. Namun ia menegaskan bukan itu alasan performa Messi di PSG menurun musim lalu. Ia yakin La Pulga tetap pemain yang berkelas.

“Tentunya bukan lagi Messi yang sama, tapi kualitasnya tetap ada. Tetap ada 'Leo', orang yang bisa mengubah pertandingan. Kecerdasannya hari ini adalah untuk dapat menentukan sebaliknya, ”tambah Giuly.

“Karena ia sedikit kurang dalam hal penyelesaian akhir, ia sekarang berada di umpan terakhir. Ia menunjukkan kepada semua orang bahwa Anda masih bisa berkembang dan mengubah cara Anda bermain, bahkan pada usia 35 tahun. Ia adalah contoh yang baik untuk semua pemain, tua dan muda," serunya.

4 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan PSG

Jadwal Pertandingan PSG berikutnya:

Pertandingan: PSG vs Nice

Stadion: Parc Des Princes

Hari: Minggu, 2 Oktober 2022

Kickoff: 02.00 WIB

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR