BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

5 Gelandang asal Portugal yang Tampil Gemilang di Liga Top Eropa

15-01-2021 11:55 | Asad Arifin

Joao Moutinho (c) AFP Joao Moutinho (c) AFP

Bola.net - Sepak bola Portugal tidak bisa lepas dari nama Cristiano Ronaldo. Akan tetapi, jika melihat lebih detail, Portugal punya banyak gelandang top yang kini tampil bagus di liga elite Eropa.

Portugal telah menjadi rumah bagi beberapa gelandang terbaik yang pernah kami lihat di sepak bola Eropa. Bahkan saat ini, ada banyak pemain Portugal yang bermain di Premier League, La Liga, Bundesliga, Serie A, atau bahkan Ligue 1.

Saat ini, Portugal adalah salah satu tim terbaik di dunia internasional juga dan itu tidak terlepas dari banyaknya talenta yang mereka miliki di lini tengah. Tentu saja, mereka juga memiliki Cristiano Ronaldo, penyerang terbaik di dunia saingan Lionel Messi asal Argentina, tetapi bukan hanya ia seorang yang membuat A Selecao berdetak.

Untuk itu, mari kita lihat lima gelandang terbaik yang dimiliki Portugal saat ini.

1 dari 5 halaman

Joao Moutinho

Joao Moutinho (c) AFP Joao Moutinho (c) AFP

Salah satu gelandang tengah paling berbakat secara teknik di pentas Liga Inggris, pemain veteran Portugal, Joao Moutinho sangat berperan besar mengerek kinerja Wolves hingga bisa meramaikan persaingan papan atas tiga musim terakhir.

Moutinho berkontribusi besar di jantung lini tengah klubnya. Mskipun dia belum mencapai performa puncak musim lalu, pemain berusia 34 tahun itu terus menjadi andalan di line-up Wolves.

Salah satu atribut terbaiknya adalah kemampuannya untuk menyulap pengiriman pembunuh dari bola mati dan Anda dapat menganggapnya sebagai salah satu senjata terbaik Serigala di gudang senjata mereka.

2 dari 5 halaman

Danilo Pereira

Danilo Pereira (c) AFP Danilo Pereira (c) AFP

Sang gelandang bertahan bergabung dengan Paris Saint-Germain pada bulan Oktober dengan status pinjaman dari FC Porto dan secara bertahap menjadi pelanggan tim inti di Parisien. Jangkar berusia 29 tahun ini tampil kuat dan stabil di lini tengah.

Pereira pandai menguasai bola di kakinya dan menggunakan tubuhnya dengan baik untuk keluar dari ruang sempit dan menemukan rekan setim di ruang kosong. Umpan pendeknya sangat indah. Dia rata-rata memiliki tingkat penyelesaian umpan 91,8% di Ligue 1 dan Liga Champions musim ini.

Pereira juga mendominasi duel udara berkat tubuhnya yang besar. Sang pemain dalam situasi tertentu bisa bergerak ke depan membantu serangan meninggalkan kenyamanan posisi sentral yang biasa ia tempati.

3 dari 5 halaman

Ruben Neves

Ruben Neves (c) PL Ruben Neves (c) PL

Wolverhampton Wanderers adalah rumah bagi beberapa pemain Portugal yang kinerjanya luar biasa. Salah satu sosok yang paling menonjol di antara mereka adalah Ruben Neves.

Seorang gelandang tengah, Neves bertindak sebagai penghubung antara pertahanan dan serangan dan ia memainkan peran itu dengan agresivitas yang sangat baik.

Neves dapat mengebom dari box-to-box. Ia sosok tak kenal lelah di lapangan. Keberhasilan Wolves mendobrak persaingan papan atas Premier League sangat berkaitan dengan stabilitas lini tengah mereka. Dan Ruben Neves adalah jantung lini kedua klub tersebut.

Ruben Neves juga amat jago melepaskan tembakan jarak jauh yang membuat jantung kiper berdetak kencang. Ia juga sosok big game player.

4 dari 5 halaman

Pedro Goncalves

Pemain Sporting Lisbon, Pedro Goncalves. (c) Sporting.pt Pemain Sporting Lisbon, Pedro Goncalves. (c) Sporting.pt

Sporting CP tampil dominan di Liga Portugal. Mereka diperkirakan akan menderita dengan hengkangnya Bruno Fernandes yang pergi pada Januari 2020 ke Manchester United, tetapi Sporting telah menemukan pengganti yang hebat pada sosok Pedro Goncalves yang baru berusia 22 tahun!

Ia menggantikan Bruno Fernandes dengan sempurna. Statistiknya amat menawan.

Kaki kiri Bruno amat lincah. Ia doyan duel satu lawan satu dengan pemain bertahan. Bruno merupakan finisher yang hebat begitu dia menembus sepertiga daerah lawan.

Goncalves adalah seorang gelandang yang kreatif dan cerdas dan dia juga sosok pembantu serangan yang oke. Di Primera Liga, ia telah mencetak 11 gol dan memberikan dua assist dari 12 penampilan musim ini.

5 dari 5 halaman

Bruno Fernandes

Bruno Fernandes (c) Pool Reuters via AP Photo Bruno Fernandes (c) Pool Reuters via AP Photo

Sang gelandang serang benar-benar tak terbendung dan telah menjadi pemain utama Ole Gunnar Solskjaer. Ia berperan besar pada pencapaian United di persaingan juara musim ini.

Manchester United duduk di puncak klasemen Liga Inggris saat ini dan Bruno Fernandes telah mencetak 11 gol dan memberikan tujuh assist dari 17 penampilan. Ia memiliki 16 gol dan delapan assist di semua kompetisi sejauh musim ini.

Para pencela akan mengatakan bahwa Bruno Fernandes produktif berkat eksekusi penalti. Faktanya tidak ada gelandang lain yang mencetak lebih banyak dari permainan terbuka di Premier League sejak Fernandes tiba di Old Trafford.

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari Bola.com (Penulis: Ario Yosia, 15 Januari 2021)

KOMENTAR