BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Yuk Kenali 6 Manfaat Gula Aren untuk Kecantikan

10-08-2020 15:30 | Richard Andreas

Ilustrasi Kopi (c) Unsplash Ilustrasi Kopi (c) Unsplash

Bola.net - Gula aren merupakan salah satu alternatif pemanis murni. Gula aren diperoleh dari pohon aren (Arenga pinnata Merr) melalui proses penyadapan air nira. Gula jenis ini memiliki rasa karamel yang ringan dan manis yang khas.

Gula aren juga mengandung fruktosa dan sukrosa yang tinggi sehingga memberikan cita rasa manis alami dan sehat. Selain itu, mengonsumsi gula aren dipercaya sebagai energy booster atau penambah energi saat mengalami kelelahan.

Selain manfaat di bidang kuliner dan kesehatan, gula aren memiliki khasiat untuk kecantikan.

Berikut enam manfaat gula aren untuk kecantikan dan cara penggunaannya:

1 dari 2 halaman

Manfaat Gula Aren bagi Kecantikan

1. Mencegah kanker kulit

Gula aren merupakan sumber aktioksidan yang baik bagi tubuh. Ini berguna untuk menangkal radikal bebas dan menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit, terutama kanker kulit.

Mengonsumsi gula aren secara rutin juga membuat tubuh lebih sehat dibandingkan dengan orang yang tak mengonsumsi gula aren sama sekali.

2. Mencegah jerawat

Selain dikonsumsi, gula aren dapat digunakan untuk perawatan kulit. Gula ini tidak menyebabkan iritasi dan peradangan sehingga bisa membantu mengatasi masalah jerawat dan komedo yang membandel.

3. Menghilangkan noda hitam

Selain jerawat, gula aren mampu menghilangkan noda dan mencerahkan kulit wajah. Anda hanya perlu membuat campuran 1 sdm gula aren bubuk, 1 sdt perasan tomat, beberapa tetes lemon, dan bubuk kunyit.

Selanjutnya, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah terasa mengering, bilaslah dengan air dan keringkan menggunakan handuk bersih secara perlahan.

2 dari 2 halaman

4. Melawan kerutan

Ketika usia mulai menua, kerutan-kerutan di wajah akan makin terlihat. Situasi kerap kali membuat Anda merasa tak percaya diri.

Tenang, gula aren memiliki kandungan anti-aging yang dipercaya mampu melawan kerutan. Anda bisa mulai dengan menerapkan teknik Ayurveda dengan mencampur gula merah, biji wijen, dan bahan-bahan herbal lainnya, untuk melawan penuaan dini.

5. Menghaluskan kulit

Gula aren memiliki asam glikolat yang bermanfaat untuk menghaluskan kulit. Pemakaiannya pun cukup sederhana.

Anda hanya perlu mencampur 2 sendok teh madu, dengan tambahan beberapa tetes lemon, dan 1 sendok makan gula merah hingga mengental. Setelah itu, oleskan ke seluruh wajah. Jika sudah mengering, bilaslah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk yang bersih.

6. Membuat rambut berkilau

Selain untuk perawatan wajah, gula aren bisa digunakan untuk perawatan rambut. Mahkota kepala Anda pun akan makin berkilau dengan menggunakan gula aren.

Anda hanya perlu mencampurkan dua sendok makan gula merah dan air ke dalam mangkuk. Lalu, oleskan campuran pada rambut dan diamkan 10 menit sebelum dibilas.

Disadur dari: Bola.com (Hanif Sri Yulianto/Aning Jati), published on 10 Agustus 2020

KOMENTAR