BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Tangkis Virus Corona, Lakukan Lima Cara Ini saat Terima Paket dari Belanja Online

31-03-2020 20:25 | Serafin Unus Pasi

Ilustrasi Belanja Online (c) unsplash.com/Mein Deal Ilustrasi Belanja Online (c) unsplash.com/Mein Deal

Bola.net - Pandemi virus corona memaksa masyarakat untuk mengubah pola hidup mereka. Salah satu yang marak terjadi setelah virus corona menyebar adalah aktivitas belanja online.

Belanja online memang menjadi pilihan terbaik dalam kondisi seperti ini. Anda bisa membeli kebutuhan cukup bermodal aplikasi belanja online di handphone dan mobile banking atau kartu kredit.

Hampir semua kebutuhan sehari-hari tersedia di toko-toko online, mulai bahan makanan hingga peralatan rumah tangga.

Namun, apakah paket yang Anda beli terjamin keamanan dan kebersihannya? Bagaimana pun paket-paket tersebut telah disentuh oleh banyak orang sebelum sampai di tangan Anda.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine (NEJM), virus corona bisa bertahan selama 2-3 hari pada permukaan plastik dan stainless steel, serta bertahan selama 24 jam di atas permukaan kardus.

Jadi, Anda tetap harus berhati-hati saat menerima paket dari luar supaya terhindar dari risiko terpapar virus corona.

Berikut lima cara aman saat menerima dan membuka paket di tengah-tengah wabah virus corona, seperti dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Usahakan Menerima Paket Tanpa Kontak

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah tidak melakukan kontak dengan pengirim paket. Cara ini demi keamanan Anda dan juga petugas pengirim paket, supaya tidak ada kontak yang berisiko penularan virus corona.

Apalagi petugas pengantar paket biasanya berinteraksi dengan banyak orang dalam sehari. Jadi, risiko sekecil apa pun pasti ada.

Sebagai alternatif, Anda bisa meminta petugas pengirim meletakkan paket di depan pintu atau pagar. Bisa juga jika dibungkus plastik, paketnya digantungkan di pagar atau pintu rumah. Tentu saja Anda harus berkoordinasi dulu dengan petugas pengirim paket.

2 dari 5 halaman

Buka Paket di Luar Rumah

Setelah menerima paket sebaiknya langsung dibuka saja. Usahakan paket dibuka di luar rumah, supaya kondisi dalam rumah tetap terjaga dari risiko terpapar virus corona.

Ada baiknya Anda membuka paket menggunakan sarung tangan. Tindakan itu lebih aman dalam pencegahan penyebaran virus corona.

3 dari 5 halaman

Buang Sampah Bungkus Paket ke Tempat yang Aman

Setelah bungkus paket dibuka dan isinya diambil, sebaiknya paket langsung dibuang ke tempat sampah. Usahakan tempat sampahnya diletakkan di luar rumah.

Membuang bungkus paket di luar rumah lebih aman bagi Anda dan anggota keluarga lainnya.

4 dari 5 halaman

Semprot Barang dengan Cairan Disinfektan

Jika paket yang Anda terima berupa barang alias bukan makanan, ada baiknya permukaan luar barang tersebut atau bungkus plastiknya disemprot dengan cairan disinfektan.

Langkah tersebut dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan masih ada virus yang tertinggal di permukaan benda yang Anda beli.

5 dari 5 halaman

Segera Cuci Tangan

Setelah membuka keseluruhan paket, segera lah mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalur. Cara mencuci tangannya sesuai anjuran dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), yaitu selama 20 detik.

Pastikan Anda belum memegang benda lain sebelum memastikan tangan Anda sudah dicuci bersih dengan sabun. Mencuci tangan dengan sabun menjadi salah satu langkah yang sangat direkomendasikan untuk pencegahan penyebaran COVID-19.

Sumber: Bola.com/Penulis: Yusmei Sawitri, Published: 31 Maret 2020

KOMENTAR