Sering Cuci Tangan demi Cegah Covid-19, Pahami 7 Cara Jaga Kesehatan Kulit

Anindhya Danartikanya | 27 Maret 2020, 14:42
Sering Cuci Tangan demi Cegah Covid-19, Pahami 7 Cara Jaga Kesehatan Kulit
Ilustrasi Mencuci Tangan (c) New Africa (Shutterstock)

Bola.net - Meningkatnya persebaran infeksi virus corona atau Covid-19 menyebabkan perhatian orang untuk cuci tangan meningkat. Banyak orang kini mulai mencuci tangan dengan sungguh-sungguh untuk menekan penyebarannya.

Pada saat ini, banyak orang mulai mencuci tangan dengan lebih sering untuk terhindar dari infeksi. Walau berdampak baik, hal ini tentu menyebabkan dampak negatif pada tangan.

"Baik karena meningkatnya pandemik corona atau karena musim dingin, mencuci tangan merupakan salah satu cara paling efektif untuk mencegah transmisi infeksi. Sayangnya, penggunaan sabun dan merendam tangan di air bisa merusak batas yang hendak kamu lindungi," terang Dr. Adam Friedman, profesor kesehatan kulit dari George Washington School of Medicine and Health Sciences, dilansir dari Healthline.

Ketika kita lebih sering cuci tangan dibanding biasanya, maka tangan bakal menjadi lebih kering dan mudah luka. Dilansir dari Healthsite, berikut sejumlah cara untuk jaga kulit tetap sehat.

1 dari 8 halaman

Cuci dengan Air Hangat

Mencuci tangan dengan air hangat bisa jadi cara untuk menjaga kesehatan kulit. Air panas dan dingin bisa membuat kulit mudah kering. Air hangat dengan sabun melimpah bisa menjaga kelembapan tangan tetap dalam kondisi sehat.

2 dari 8 halaman

Gunakan Sabun dengan Pelembap

Banyak sabun bisa menghilangkan kelembapan kulit tangan dan membuatnya jadi pecah-pecah. Pastikan memilih sabun yang menjaga kelembapan kulit dengan tingkat keasaman yang rendah. Pastikan untuk memilih sabun cair dan jangan sabun batangan.

3 dari 8 halaman

Gunakan Pelembap

Menggunakan pelembap bisa membantu agar air tidak menyerap kelembapan di tangan dan membuatnya menjadi kering. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan pelembap baik dalam bentuk salep maupun krim usai kamu mencuci tangan.

4 dari 8 halaman

Gunakan Sarung Tangan

Agar kelembapan tangan tetap terjaga, kamu bisa menggunakan sarung tangan usai mengoleskan pelembap. Kamu bisa menggunakan sarung tangan katun untuk menjaga kelembapan tangan di malam hari saat tidur.

5 dari 8 halaman

Gunakan Skin Balm

Ketika kamu mengalami kondisi kulit seperti eksim atau psoriasis untuk mengobati kulit kering akibat sering cuci tangan. Cara ini bisa menenangkan tangan serta melindunginya dari kondisi kering yang berbahaya.

6 dari 8 halaman

Ganti Sabun dengan Hand Sanitizer

Pada saat tangan sudah terlalu kering, kamu bisa mengganti cuci tangan menggunakan sabun dengan memakai hand sanitizer. Hal ini bisa membuatmu tidak cuci tangan secara berlebihan untuk sementara waktu.

7 dari 8 halaman

Keringkan dengan Tepat

Banyak cuci tangan berarti kamu harus mengeringkan tangan dengan tepat. Cara terbaik adalah menggunakan tisu kertas. Jika menggunakan kain atau handuk pastikan digunakan masing-masing orang yang berbeda.

Usai mencuci tangan, sangat penting untuk mengeringkan tangan dengan tepat. Kondisi tangan yang basah bisa membuat kuman tumbuh dan berpindah dengan cepat serta menempel di tangan.

Disadur dari: Merdekacom/Penulis: Rizky Wahyu Permana/Editor: Rizky Wahyu Permana/Dipublikasi: 24 Maret 2020

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR