BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

6 Tips Perkuat Imun Tubuh Saat Bermotor di tengah Pandemi Corona

07-04-2020 21:25 | Serafin Unus Pasi

Penggunaan masker bedah. (c) Xinhua/Khalil Dawood Penggunaan masker bedah. (c) Xinhua/Khalil Dawood

Bola.net - Di tengah-tengah pandemi corona yang menimpa Indonesia, Pemerintah memberikan sejumlah imbauan kepada masyarakat. Salah satunya masyarakat diimbau untuk lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dan jika keadaan tidak terlalu mendesak, diharapkan tidak bepergian.

Namun tidak semua orang bisa melaksanakan anjuran tersebut. Ada beberapa orang yang harus tetap bekerja dan bepergian untuk menyambung hidup.

Seperti yang sudah diketahui, virus corona memiliki penyebaran yang sangat cepat. Untuk itu para pengendara sepeda motor yang melewati sejumlah titik lebih berpotensi untuk tertular virus corona.

Berbagai cara bisa dilakukan untuk menangkal virus corona SARS-CoV-2. Satu di antara upayanya ialah dengan mempunyai imunitas yang tinggi.

Sistem imun atau kekebalan tubuh merupakan sel-sel yang bertanggung jawab untuk melindungi tubuh dari berbagai bakteri dan virus dari luar. Setiap orang pastinya memiliki imunitas tubuh yang berbeda-beda, ada yang kuat dan ada pula yang rendah. Dengan memiliki sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh tinggi, Anda bisa terjaga dari berbagai gangguan kesehatan, termasuk terhindar dari terjangkiti virus corona penyebab COVID-19.

Berikut ini Bola.net merangkumnya dari berbagai sumber, enam tips menjaga imunitas bagi pemotor di tengah pandemi virus corona SARS-CoV-2.

1 dari 3 halaman

Tips Menjaga Imunitas Bagi Para Pengendara Motor

1. Pola tidur

Dengan istirahat cukup, tubuh akan beristirahat dan membiarkan sistem imunitas bekerja dengan lebih efektif. Anda sebaiknya tidur 6-8 jam per hari.

2. Makanan bergizi dan vitamin

Pastikan makanan yang Anda konsumsi bergizi seimbang. Jika perlu konsumsi suplemen vitamin atau minuman herbal.

Jadi, sebisa mungkin mengonsumsi makanan yang memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin E, vitamin C, dan zinc.

2 dari 3 halaman

Tips Menjaga Imunitas Bagi Para Pengendara Motor

3. Rajin cuci tangan

Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan cairan pencuci tangan yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol.

Hal tersebut sangat penting dilakukan, terutama setelah bepergian dari tempat umum. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda dengan tangan yang tidak dicuci.

4. Mandi air dingin

Air dingin diketahui bisa membangunkan syaraf-syaraf yang membuat aliran darah lancar. Hal tersebut yang konon bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi kuat.

3 dari 3 halaman

Tips Menjaga Imunitas Bagi Para Pengendara Motor

5. Olahraga

Lakukan olahraga secara teratur untuk menjaga sistem imun. Tidak perlu olahraga dengan intensitas yang berat, cukup yang ringan-ringan saja.

Jenis-jenis olahraga yang mungkin bisa dilakukan seperti lompat tali, push up, squat, dan yoga

6. Bawa jas hujan

Saat bepergian, jangan lupa selalu membawa jas hujan karena saat ini masih sering terjadi hujan.

Jadi selalu siapkan jas hujan di bagasi motor untuk jaga-jaga apabila terjadi hujan.

Sumber: Bola.com/Penulis: Faozan Tri Nugroho, Editor: Aning Jati, Published: 7 April 2020

KOMENTAR