BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Seperti Ini Ciri-Ciri Orang yang Terinfeksi Virus Corona Pada Pekan Pertama

08-04-2020 17:09 | Dimas Ardi Prasetya

Ilustrasi sampel darah pasien virus corona. (c) Shutterstock Ilustrasi sampel darah pasien virus corona. (c) Shutterstock

Bola.net - Ada beberapa gejala yang muncul pada orang-orang yang terinfeksi virus corona pada pekan pertama.

Pandemi virus corona di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia, belum menunjukkan tanda-tanda mereda. Berbagai negara masih berjuang keras untuk mengerem penyebaran COVID-19.

Beragam kebijakan diterapkan di masing-masing negara untuk mencegah penyebaran virus corona makin meluas. Ada yang memberlakukan karantina wilayah, maupun anjuran kerja di rumah, belajar di rumah, beribadah di rumah, sampai aturan memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun.

Ada beberapa gejala muncul apabila seseorang terinfeksi virus corona. COVID-19 memiliki gejala yang serupa dengan flu biasa yang sering dialami, namun bisa berakibat fatal.

Beberapa orang yang terinfeksi Covid-19 menunjukkan gejala tertentu. Sebagian besar pasien positif virus Corona Covid-19 merasakan gejala setelah 11 hingga 12 hari pertama setelah terpapar virus Corona tersebut.

Namun, tidak menutup kemungkinan gejala ini dapat terlihat dalam kurun waktu 2 hari hingga 4 hari setelah ia terpapar virus corona covid-19.

Berikut ini beberapa ciri-ciri orang terinfeksi virus corona yang gejalanya dapat diamati pada pekan pertama sebagaimana dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

1 dari 7 halaman

Demam

Gejala orang terinfeksi virus corona pertama yang dapat terlihat pada minggu pertama adalah mengalami demam tinggi. Yakni terjadi peningkatan suhu tubuh di atas normal pada kisaran 38 derajat celcius ke atas.

Jika suhu tubuh di atas 37,5, Anda harus waspada karena bisa jadi itu merupakan gejala virus Corona.
Tindakan pencegahan berupa deteksi dini virus corona menggunakan alat deteksi termal banyak dilakukan oleh berbagai pihak di beberapa tempat umum. Sehingga apabila seseorang terdeteksi mengalami peningkatan suhu tubuh, maka perlu diwaspadai adanya infeksi COVID-19.

2 dari 7 halaman

Batuk Tidak Berdahak

Ciri orang terinfeksi virus corona selanjutnya yang ditunjukkan adalah dengan batuk tidak berdahak. Pada fase ini, virus corona sudah mulai menginfeksi saluran pernapasan.

Orang terinfeksi virus corona, akan mengalami batuk kering dan rasa gatal di tenggorokan sebagai bentuk infeksi virus. Sistem kekebalan tubuh akan mengirim respons apabila terdapat patogen yang masuk ke dalam tubuh dengan batuk.

3 dari 7 halaman

Batuk Tidak Berdahak

Ciri orang terinfeksi virus corona selanjutnya yang ditunjukkan adalah dengan batuk tidak berdahak. Pada fase ini, virus corona sudah mulai menginfeksi saluran pernapasan.

Orang terinfeksi virus corona, akan mengalami batuk kering dan rasa gatal di tenggorokan sebagai bentuk infeksi virus. Sistem kekebalan tubuh akan mengirim respons apabila terdapat patogen yang masuk ke dalam tubuh dengan batuk.

4 dari 7 halaman

Kelelahan

Ciri orang terinfeksi Corona Covid-19 pada minggu pertama selanjutnya adalah kelelahan. Tubuh terasa selalu lemas, lesu, dan letih untuk beraktivitas seperti biasanya.

Kelelahan terjadi ketika otot-otot yang ada di dalam tubuh menjadi tegang serta menurunnya fungsi otak untuk melakukan berbagai rutinitas sehari-hari.

5 dari 7 halaman

Pegal-pegal

Pegal-pegal adalah salah satu ciri seseorang tertular oleh virus corona covid-19. Pada gejala ini, tubuh merespons dengan mengirimkan sinyal ke otot-otot yang ada di seluruh tubuh untuk meradang guna memerangi virus Corona Covid-19 yang masuk ke dalam tubuh.

Seseorang yng terinfeksi virus Corona Covid-19 pada pekan pertama akan merasakan sakit yang berlebihan pada otot dan jaringan di sekitarnya.

6 dari 7 halaman

Tidak Nafsu Makan

Pada sebagian pasien yang terinfeksi virus corona ditemukan gejala berupa hilangnya nafsu makan. Sebab, infeksi virus Corona Covid-19 ini membuat perut terasa tidak nyaman, mual, diare, dan sebagainya.

Namun, menurut Alodokter gejala ini tidak selalu terlihat pada setiap orang yang terinfeksi COVID-19 sehingga disebut juga sebagai gejala yang tidak khas karena jarang terjadi.

7 dari 7 halaman

Sesak Napas

Sesak napas adalah ciri utama seseorang terinfeksi virus corona yang dapat terlihat. Pada dasarnya virus Corona Covid-19 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan dan sistem kekebalan tubuh pada manusia.

Namun, sebagian besar gejala ini tidak muncul pada pekan pertama melainkan minggu kedua. Perlu diperhatikan, beberapa virus corona dapat menyebabkan gejala yang parah. Infeksi dapat berubah menjadi bronkitis dan pneumonia akibat virus corona.

Dikutip dari Alodokter, karena sama-sama disebabkan oleh virus yang menyerang sistem pernapasan, maka gejala awal virus corona ini juga bisa mirip dengan flu biasa yaitu pilek, hidung tersumbat, sakit kepala, dan sakit tenggorokan.

Segera konsultasikan kondisi tubuh dengan dokter apabila merasakan atau melihat beberapa gejala yang serupa dengan gejala infeksi virus corona tersebut baik secara langsung atau sambungan telepon.

Anda bisa menghubungi layanan pesan singkat COVID19.GO.ID (+62 811 3339 9000). Selain itu, pemerintah juga mengimbau segera menghubungi call center 119 atau call center rumah sakit rujukan terdekat.

Sumber Asli: berbagai sumber, Alodokter
Disadur dari: Liputan6.com/Penulis Fakhriyan Ardiyanto/Editor Septika Shidqiyya
Published: 4 April 2020

KOMENTAR