BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Ruangan Anda Pernah Ditempati Pasien Covid-19? Pahami Cara Membersihkannya

06-04-2020 15:55 | Anindhya Danartikanya

Ilustrasi ruangan. (c) Pexels.com/Pixabay Ilustrasi ruangan. (c) Pexels.com/Pixabay

Bola.net - Pandemi virus corona penyebab COVID-19 di berbagai belahan dunia masih menyebar secara masif, termasuk di Indonesia. Berbagai cara dilakukan agar virus yang kali pertama dilaporkan dari Wuhan, China, itu tak makin menyebar.

Negara-negara di dunia menempuh berbagai cara untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Satu di antaranya ialah memberlakukan karantina wilayah secara total, seperti yang dilakukan di Italia, China, Spanyol, dan Prancis.

Upaya lainnya ialah mengenakan masker saat berada tempat umum, yang masih terus digalakkan. Bahkan di beberapa negara telah mewajibkannya, termasuk Indonesia baru-baru ini. Masyarakat juga diminta untuk sering mencuci tangan dengan sabun untuk meredam penyebaran virus corona penyebab COVID-19.

Imbauan yang lain adalah membersihkan benda-benda sehari-hari yang kerap dipakai di rumah dengan cairan disinfektan. Langkah itu untuk mencegah virus corona masih menempel di permukaan benda.

Apalagi jika benda-benda tersebut berada dalam ruangan atau rumah yang baru ditempati pasien COVID-19. Kebersihan harus dilakukan dengan benar agar tidak terinfeksi virus corona SARS-CoV-2.

Berikut rangkuman dari Kawal COVID-19, prosedur membersihkan ruangan yang pernah ditempati pasien COVID-19.

1 dari 2 halaman

Prosedur Membersihkan Ruangan

1. Apabila penderita COVID-19 dipindahkan ke rumah sakit atau meninggal, kamar maupun seluruh yang pernah ditempati atau digunakan penderita harus dibersihkan dengan saksama.

Pembersihan termasuk pegangan pintu, tombol lampu, permukaan meja, kursi, permukaan samping tempat tidur, tutup lampu duduk, telepon, keyboard laptop, toilet, wastafel, dan lain sebagainya.

2. Sebelum membersihkan ruangan, pastikan pekerjanya menggunakan alat pelindung diri yang benar, termasuk masker, sarung tangan karet sekali pakai, dan alas kaki tertutup.

3. Apabila permukaan benda atau lantai kotor, bersihkan dengan detergen atau air dan sabun sebelum disinfeksi.

4. Apabila ada tumpukan bekas kotoran seperti bekas muntahan atau kotoran, tutup dengan bahan yang menyerap seperti tisu dapur lalu tuangkan cairan disinfektan sampai seluruh area tertutup dan tunggu beberapa saat. Singkirkan sampai bersih dan tuang cairan disinfektan di bekas kotoran tersebut.

5. Pastikan tidak ada orang yang keluar masuk saat area tersebut dengan dibersihkan hingga proses selesai. Bila perlu pasang tulisan berupa larangan masuk.

6. Pastikan ventilasi cukup dengan membuka jendela dan pintu selama proses pembersihan.

7. Gunakan alat kebersihan seperti sikat, penjepit dan lain sebagainya. Setelah dipakai buang dalam plastik, tutup rapat bersama APD, masker dan sarung tangan proses dekontaminasi.

8. Hindari membersihkan dengan menggunakan air dan semprotan bertekanan tinggi yang bisa menimbulkan aerosol (embun) yang dapat membawa virus dan menimbulkan penularan.

9. Setelah semua selesai, biarkan ruangan/rumah terbuka sampai lantai kering.

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Faozan Tri Nugroho/Editor: Aning Jati/Dipublikasi: 6 April 2020

2 dari 2 halaman

Video: 5 Tips Produktif dan Sehat Saat Work From Home Demi Hindari Covid-19

KOMENTAR

Generasi Penerus Bundesliga: Erling Braut Haaland