BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Rayakan Ulang Tahun ke-4, AMSI Bertekad Wujudkan Ekosistem Digital yang Sehat

19-04-2021 22:30 | Serafin Unus Pasi

Chief Content Officer KLY, Wens Manggut saat mewawancarai Kepala Staf Presiden Moeldoko di Jakarta, Rabu (16/1). Dalam wawancara tersebut Moeldoko memaparkan kinerja kerja pemerintahan Jokowi-JK hingga saat ini.  (c) Liputan6.com/Angga Yuniar Chief Content Officer KLY, Wens Manggut saat mewawancarai Kepala Staf Presiden Moeldoko di Jakarta, Rabu (16/1). Dalam wawancara tersebut Moeldoko memaparkan kinerja kerja pemerintahan Jokowi-JK hingga saat ini. (c) Liputan6.com/Angga Yuniar

Bola.net - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) genap berusia 4 tahun pada hari Minggu (18/4/2021). Di tahun keempatnya, AMSI bertekad untuk mewujudkan ekosistem digital yang sehat.

AMSI pertama kali didirikan pada 18 April 2017 silam. Sebanyak 26 media online yaitu Kompas.com, Tempo.co, Detik.com, Republika.co.id, Liputan6.com, Merdeka.com, Bola.net, Viva.co.id, Okezone.com, Tirto.id, Suara.com, Cnnindonesia.com, Kumparan.com, Dream.co.id, Tribunnews.com, Bisnis.com, Thejakartapost.com, Metrotvnews.com, Arah.com, Rimanews.com, Beritasatu.com, Otonomi.co.id, Beritajatim.com, Kabarmakassar.com, Jatengpos.co.id dan Riauonline.co.id turut mendirikan

Di usianya ke empat, AMSI berharap bisa konsisten menciptakan ekosistem digital yang sehat. “Tiga tahun pertama merupakan era konsolidasi internal organisasi. Tahun keempat AMSI mengokohkan diri sebagai organisasi yang membawa visi menciptakan ekosistem digital yang sehat di Indonesia,” ujar Wenseslaus Manggut, Ketua Umum AMSI di Jakarta, Senin (19/4).

Selama empat tahun eksis, AMSI sudah meluncurkan beberapa program yang membantu terciptanya ekosistem digital yang sehat. Seperti meluncurkan program cek fakta untuk seluruh media anggota AMSI yang berperan dalam melawan hoaks di Pemilihan Presiden 2019 dan Pilkada 2020 yang lalu.

Ketua Badan Pertimbangan dan Pengawas AMSI, Sapto Anggoro (CEO Tirto.id) menilai terciptanya ekosistem digital yang sehat adalah sebuah keharusan. Karena aspek itu akan menjaga kelangsungan hidup media siber di masa depan.

“Masa depan media online membutuhkan model bisnis yang sesuai, yang tidak hanya mampu menarik pemodal dan pemasang iklan tapi juga menguntungkan pembaca, sekaligus mampu menjaga independensi newsroom. Jika dapat terwujud, semuanya akan indah,” katanya.

“AMSI harus terbuka dengan kolaborasi-kolaborasi untuk melakukan terobosan-terobosan menjawab keniscayaan tersebut. Dirgahayu ke-4 AMSI, terus maju memimpin jurnalisme masa depan,” katanya menambahkan.

KOMENTAR