BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Ragam Manfaat Susu untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Kuatkan Tulang

15-04-2020 15:47 | Anindhya Danartikanya

Susu (c) Pixabay/Couleur Susu (c) Pixabay/Couleur

Bola.net - Susu merupakan salah satu sumber nutrisi. Produk olahan dari susu seperti keju, yogurt, dan mentega juga sangat sering dinikmati oleh berbagai kalangan. Susu telah dikenal sebagai bahan makanan atau minuman yang sangat lezat dan bernutrisi semenjak ratusan tahun silam.

Ada berbagai jenis susu yang dapat dikonsumsi, mulai susu sapi, kambing, maupun domba. bagi mereka yang alergi susu hewani, mereka dapat mengonsumsi susu nabati, seperti susu almond dan susu kedelai.

Manfaat kesehatan dari susu bisa didapatkan dengan meminumnya secara langsung atau mengonsumsi berbagai jenis olahan yang terbuat dari susu. Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan meminum susu atau mengonsumsi produk olahannya, di antaranya menjaga kesehatan gigi dan kesehatan tulang.

Berikut rangkuman dari Lifehack, delapan manfaat susu bagi kesehatan tubuh.

1 dari 9 halaman

Menguatkan Gigi

Susu merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Dengan meminum susu yang mengandung vitamin D secara rutin, dapat menguatkan gigi Anda. Selain dapat menguatkannya, kalsium yang terdapat pada susu dapat mengurangi risiko gigi berlubang.

2 dari 9 halaman

Menguatkan Tulang

Susu yang kaya akan kalsium sangat baik diminum oleh anak-anak usia dini, karena hal tersebut dapat membantu memperkuat tulang dalam masa pertumbuhan.

Namun, meminum susu juga dapat dilakukan oleh orang yang lebih tua, karena susu juga punya manfaat seperti memperkuat tulang, dapat menjauhkan atau mengurangi risiko orang tua untuk terkena osteoporosis.

3 dari 9 halaman

Membantu Pertumbuhan Otot

Selain memiliki kalsium yang sangat baik untuk tulang dan gigi, susu dapat membantu pertumbuhan otot. Hal tersebut terjadi karena susu mengandung banyak protein.

Banyak kalangan meminum susu setelah melakukan latihan fisik, karena protein yang terkandung dalam susu dapat membantu pemulihan tubuh setelah melakukan aktivitas fisik yang cukup berat.

Selan itu, susu yang diminum setelah melakukan latihan fisik dapat membantu mencegah nyeri otot dan mengisi kembali cairan yang hilang.

4 dari 9 halaman

Menurunkan Berat Badan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, mungkin susu dapat dimasukkan ke menu diet. Beberapa penelitian telah mengatakan bahwa wanita yang sering meminum susu cenderung dapat menurunkan berat badan ketimbang wanita yang tidak meminum susu.

Jika Anda ingin memiliki camilan sehat, makanlah kue gandum dan segelas susu. Anda juga disarankan untuk meminum susu saat makan malam atau sebelum waktu tidur.

5 dari 9 halaman

Meredakan Gejala Menstruasi

Meminum susu secara rutin telah terbukti dapat mengurangi gejala yang ditimbulkan saat menstruasi seperti sakit pada perut dan dapat membuat tubuh rileks.

6 dari 9 halaman

Menjaga Kesehatan Kulit

Susu telah digunakan sebagai bahan untuk menjaga kesehatan kulit, bahkan susu telah digunakan semenjak Mesir kuno. Konon Cleopatra sering berendam dalam air susu untuk menjaga kulitnya tetap terlihat mengilap.

Susu mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap kenyal, bercahaya, dan lembut.

7 dari 9 halaman

Mengurangi Stres

Susu dapat menjadi minuman penghilang stres karena mengandung banyak nutrisi dan vitamin. Setelah seharian bekerja di kantor atau melakukan kegiatan di luar rumah, minumlah susu hangat yang dapat membantu meredakan ketegangan otot dan menenangkan saraf Anda.

8 dari 9 halaman

Meredakan Sakit Perut

Jika Anda mengalami sakit perut yang diakibatkan beberapa hal, seperti salah makan atau memakan sesuatu yang pedas, segeralah meminum susu untuk meredakannya.

Susu dapat memberikan sensasi dingin dan segar saat diminum, dan komposisi susu yang kental dapat melapisi tenggorokan dan dinding lambung agar terhindar dari sakit perut.

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Rheza Aditya Gradianto/Editor: Aning Jati/Dipublikasi: 14 April 2020

9 dari 9 halaman

Video: Status PDP, Pasien Konfirmasi dan Komorbiditas dalam Kasus Covid-19

KOMENTAR