BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Ragam Manfaat Jeruk Nipis untuk Tubuh, Bantu Atasi Perut Buncit

07-08-2020 17:00 | Anindhya Danartikanya

Jeruk nipis (c) Freepik.com Jeruk nipis (c) Freepik.com

Bola.net - Jeruk nipis atau Citrus aurantiifolia merupakan buah yang gampang dijumpai di tengah masyarakat. Buah tersebut kerap dijadikan pelengkap sekaligus penambah cita rasa pada berbagai makanan, seperti soto dan mie kocok.

Selain itu, aroma dan rasa yang kecut, namun menyegarkan membuat air perasan jeruk nipis bisa dijadikan penghilang bau amis pada ikan sebelum diolah. Di Indonesia, jeruk nipis memiliki nama beraneka ragam. Ada sebagian orang menyebutnya sebagai kelangsa, jeruk pecel, jeruk alit, atau lemau nepi.

Hanya, masih banyak orang yang salah menyebut jeruk nipis dengan jeruk limau maupun lemon. Padahal, jeruk limau dan lemon adalah jenis jeruk yang berbeda dari jeruk nipis. Selain sebagai bahan pelengkap cita rasa, jeruk nipis juga bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut Bola.com merangkum manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dikutip dari Klikdokter dan Healthline, Kamis (6/8/2020).

1 dari 4 halaman

Manfaat Jeruk Nipis

1. Menangkal virus penyebab flu

Satu buah jeruk nipis mengandung 20 gram vitamin C, atau sekitar 30 dari kebutuhan rata-rata harian seseorang. Kandungan jeruk nipis ini mampu melindungi Anda dari berbagai virus penyebab penyakit, termasuk virus flu.

2. Meningkatkan imunitas

Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin C membantu pembentukan sel darah putih yang akan membantu melindungi tubuh terhadap infeksi ataupun penyakit. Selain itu, vitamin C juga membantu tubuh menangkal radikal bebas.

3. Mencegah scurvy

Penyakit scurvy terjadi karena kekurangan vitamin C. Akibat yang ditimbulkan dapat berupa pembengkakan gusi yang disertai perdarahan, pembengkakan pada luka yang sebenarnya sudah dalam penyembuhan, dan nyeri sendi hebat. Nah, kandungan jeruk nipis yang kaya vitamin C dapat membantu mencegah penyakit scurvy.

2 dari 4 halaman

Manfaat Jeruk Nipis

4. Antiaging

Tidak hanya vitamin C, dalam jeruk nipis juga terkandung antioksidan flavonoid yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

Di dalam tubuh dan lingkungan sekitar, banyak terdapat radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh dan menghambat regenerasinya.

Asupan antioksidan membuat tubuh mampu memerangi radikal bebas ini. Dengan demikian, sel-sel dalam tubuh menjadi terlindungi dan tetap awet muda.

5. Menurunkan risiko batu ginjal

Sebuah penelitian pada 2014 membuktikan konsumsi 120 cc jus jeruk setiap hari mampu meningkatkan kadar urine sitrat dalam tubuh. Urine sitrat akan mengikat air sehingga jumlah yang dihasilkan lebih banyak dan tidak pekat. Risiko pembentukan batu ginjal pun akan menurun.

6. Memulihkan kesegaran pikiran

Coba minum segelas air yang dicampur jeruk nipis ketika Anda merasa stres atau penat. Ya, khasiat jeruk nipis lainnya adalah memberikan penyegaran dengan segera dan membantu memulihkan kondisi psikis secara optimal. Anda pun dapat melanjutkan aktivitas dengan kondisi pikiran yang lebih segar dan bersemangat.

3 dari 4 halaman

Manfaat Jeruk Nipis

7. Mempercantik kulit

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis akan memicu pembentukan kolagen. Kolagen berperan dalam menjaga kulit tetap kencang dan kenyal. Otomatis kulit akan lebih terhidrasi dan terhindar dari keriput. Wah, makin nggak mau ketinggalan manfaat jeruk nipis yang satu ini, ya!

8. Menurunkan risiko kanker

Buah-buahan kelompok citrus, seperti jeruk nipis, jeruk, atau lemon, mampu menurunkan risiko kanker. Hal ini karena kandungan flavonoids, yaitu antioksidan dalam menghambat ekspresi gen yang memicu perkembangan kanker.

9. Bantu program diet

Penelitian Nutritional Epidemiology mengatakan orang yang minum lebih banyak air dibandingkan minuman manis akan lebih mudah menurunkan berat badan.

Terlebih, ketika air putih dicampurkan dengan jeruk nipis. Kombinasi keduanya akan membantu meningkatkan metabolisme sehingga tubuh akan membakar lemak lebih banyak.

10. Mengatasi perut buncit dan menurunkan berat badan

Jeruk nipis terkenal ampuh mengatasi masalah perut buncit dan menurunkan berat badan. Jeruk nipis kerap dijadikan menu diet, seperti infused water. Buah ini akan melancarkan pencernaan sehingga lemak tidak terlalu menimbun di dalam tubuh, terutama perut.

Jeruk nipis memiliki kandungan serat pektin atau zat bermolekul berat yang mudah larut di dalam perut. Kemudian, senyawa antioksidan lemon akan meluruhkan lemak membandel dan menjadikannya sebagai cadangan energi.

Disadur dari: Bolacom (Hanif Sri Yulianto, Aning Jati) | Dipublikasi: 6 Agustus 2020

4 dari 4 halaman

Video: 5 Kisah Haru Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo yang Tidak Banyak Diketahui Orang

KOMENTAR