BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Penting, Pahami Cara Atasi Gangguan Kesehatan Mental Selama Covid-19

06-04-2020 10:00 | Anindhya Danartikanya

Ilustrasi rasa cemas (c) Unsplash.com Ilustrasi rasa cemas (c) Unsplash.com

Bola.net - Selain kesehatan fisik, penting untuk menjaga kondisi kesehatan jiwa di saat pandemi virus corona seperti sekarang ini. Ada beberapa hal, yang membuat Anda harus pula memperhatikan kesehatan mental, tidak hanya fisik.

Pandemi virus corona cenderung membawa banyak perubahan dalam kehidupan sehari-hari Anda. Dengan ketidakpastian situasi, perubahan rutinitas sehari-hari, adanya tekanan keuangan, dan isolasi sosial. Hal-hal itu memungkinkan Anda mengalami mengalami stres, cemas, takut, sedih, dan kesepian selama pandemi ini melanda.

Gangguan kesehatan mental, termasuk kecemasan dan depresi dapat memburuk jika Anda tidak bisa mengatasi hal tersebut. Butuh strategi untuk mengatasi gangguan jiwa agar hidup Anda terkendali secara baik dan sehat.

Menjaga pola tidur, makan makanan sehat, menghindari konsumsi tembakau dan alkohol, serta menenangkan pikiran dari informasi-informasi yang membuat Anda menambah cemas, bisa menjadi solusi, sehingga Anda akan merasa lebih tenang, nyaman, dan ceria.

Hal-hal ini bisa dicoba dipraktikkan untuk menjaga kesehatan jiwa selama pandemi COVID-19 melanda.

1 dari 6 halaman

Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Tidur yang cukup sekitar 7-8 jam per hari wajib dipenuhi bagi orang dewasa dan lansia.

Sedangkan, usia anak-anak dan remaja harus cukupi waktu tidur mereka sekitar 9-12 jam per hari. Tidur cukup memang harus dibiasakan sebagai bagian dari menjaga kesehatan.

Memiliki waktu tidur yang cukup mampu mengeluarkan senyawa sitokin. Senyawa ini mampu memberikan efek perlindungan pada sistem imunitas tubuh dengan melawan peradangan dan infeksi serta menghalangi tubuh jatuh sakit.

2 dari 6 halaman

Makan Makanan Sehat

Makanan sehat adalah makanan yang seharusnya mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Tubuh memerlukan berbagai macam nutrisi agar dapat tetap sehat dan pertumbuhan dapat berjalan dengan optimal, seperti cukupi syarat makanan yang sehat (4 sehat 5 sempurna). Pilih makanan sehat, seperti sayuran hijau, buah-buahan, hingga susu.

Anda bisa memilih makanan yang banyak mengandung vitamin C, karena sifat antioksidan yang tinggi untuk membantu tingkatkan sistem imunitas tubuh terhindar dari serangan berbagai penyakit, termasuk terinfeksi COVID-19.

3 dari 6 halaman

Hindari Tembakau dan Alkohol

Merokok bisa menjadi satu di antara faktor meningkatnya penyebaran virus corona. Terdapat fakta bahwa perokok lebih rentan terkena virus corona dan harus diwaspadai.

Merokok dapat meningkatkan risiko infeksi virus corona yang memperparah komplikasi penyakit akibat COVID-19. Perokok memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit paru-paru, karena COVID-19 mampu memengaruhi paru-paru.

Mengonsumsi alkohol juga dapat memperburuk keadaan dan akan memperburuk kondisi pasien COVID-19.

4 dari 6 halaman

Batasi Mendapatkan Informasi

Masyarakat harus bijak dalam memilih informasi terlebih khusus berita tentang virus corona. Salah mengonsumsi berita yang yang memuat informasi-informasi tentang virus Corona bisa menambah kecemasan.

Anda harus bijak dalam memilah informasi yang berhubungan dengan virus corona agar tidak menjadi korban berita rumor dan informasi palsu yang mampu memengaruhi kesehatan jiwa.

Batasi jarak sejenak dari informasi yang berlebihan dan pilih sumber yang akurat dan terpercaya.

5 dari 6 halaman

Menenangkan Pikiran

Sisihkan waktu untuk diri sendiri, beberapa menit untuk menyegarkan dan membantu menenangkan pikiran serta mengurangi kecemasan.

Anda bisa melakukan meditasi atau tai chi. Melakukan meditasi membuat Anda akan menjadi lebih fokus pada hal-hal yang sedang terjadi. Teknik meditasi yang bisa dilakukan adalah meditasi mindfull.

Meditasi adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, mencoba seni beladiri seni beladiri dan senam kesehatan aliran halus dari Cina, Tai chi mampu mengembalikan mood dan memulihkan energi positif untuk menurunkan tingkat stres.

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Alfi Yuda/Editor: Aning Jati/Dipublikasi: 6 April 2020

6 dari 6 halaman

Video: Tips Hidup Sehat dan Terhindar dari Virus Corona

KOMENTAR