BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

PB Perbakin Gelar Tiga Kejuaraan Internasional, 21 Negara Ikut Serta

14-08-2019 21:51 | Serafin Unus Pasi

PB Perbakin (c) PB Perbakin for Bolanet PB Perbakin (c) PB Perbakin for Bolanet

Bola.net - Pengurus Besar Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Indonesia (PB Perbakin) akan menggelar tiga kejuaraan internasional di Lapangan Tembak, Senayan, Jakarta, pada 15-27 Agustus 2019. Di antaranya, South East Asia Youth Training Camp Air Rifle, 1st Indonesia Shooting Championship Open Tournamen, dan 43 South East Asia Shooting Championship/SEASA.

Sebanyak 21 negara akan ambil bagian pada kejuaraan tersebut. 11 negara dari Asia Tenggara bakal terlibat di kejuaraan SEASA, sementara 10 negara berpartisipasi dalam Indonesia Open.

11 negara yang sudah memastikan tampil di SEASA yaitu Singapura, Hong Kong, Macau, Malaysia, viaetnam, Thailand, Timor Leste, Filipina, Myanmar, Indonesia dan China Taipe. Sedangkan 10 negara peserta Indonesia Open adalah Australia, Kazakhstan, Sri Lanka, Korea, Nepal, Jepang, China, Tajikistan, Banglades dan Kuwait.

“Jadi kita mengadakan tiga kegiatan penting dalam Agustus ini. Ketiga ajang ini saling mendukung, dan kita bertekad akan membuat banyak event agar setiap bulan bisa terus bertanding dan tidak hanya berlatih saja," ujar Ketua Harian PB Perbakin, Siswanto di Lapangan Tembak, Senayan, Jakarta, Rabu (24/8).

"Youth ini merupakan satu kalender kegiatan yang dilakukan oleh ASC (Asian Shooting Confederation). Itu setiap tahunnya berubah, kita tahun lalu di Kuwait nomor Pistol yang dipertandingkan, nah sekarang nomor Air Rifle, kita koordinasi terus ke Presiden KSF (Kuwait Shooting Federation), dan akhirnya kita diberikan kesempatan untuk mengadakan Youth di Indonesia untuk usia 15-18 tahun, dan diikuti negara Asia Tenggara," lanjut Siswanto.

"Tahun ini, merupakan rekor terbaik padahal sebelumnya tidak pernah diikuti sekian banyak negara seperti ini. Ini suatu rekor yang luar biasa, sehingga pihak ASC pun mengapresiasi untuk nomor Youth Training. Akhirnya, Korea juga tertantang untuk ikut dengan pelatih yang dari Kazhaktan,” katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1 halaman

Target PB Perbakin

Lebih lanjut, Siswanto menerangkan bila Ketua Umum PB Perbakin, Letjen TNI Joni Supriyanto memiliki sejumlah target dalam penyelenggaraan kejuaraan tersebut. Salah satunya untuk mempersiapkan atlet ke SEA Games 2019 yang akan berlangsung di Filipina pada 30 November - 11 Desember mendatang.

"Di kejuaraan ini kita juga bisa sambil melihat kekuatan negara tetangga. Sampai di mana prestasi yang mereka buat, sehingga mampu melecut dan memotivasi atlet-atlet Indonesia. Dengan demikian, atlet Indonesia terbiasa belajar dengan atlet internasional," tutur Siswanto.

Tak hanya itu, Siswanto juga menjelaskan terkait kebutuhan pelatih asing guna meningkatkan kualitas para atlet. Terlebih, Indonesia kekurangan pelatih lokal yang bersertifikat internasional.

“Kita disuruh Pak Ketum untuk mencari pelatih asing terbaik, dan kita sudah dapat. Satu untuk nomor Pistol, yakni berasal dari Bulgaria dan Air Riffle dari Iran. Semua ini yang puncaknya untuk SEA Games. Sekali pun untuk SEA Games ini kita hanya punya waktu enam bulan, kita harap ada perbaikan dengan pelatih asing. Kita harap untuk tahun depan, pelatih bisa bagus dan ada kemajuan, maka akan kita kontrak," imbuhnya.

(Bola.net/Fitri Apriani)

Deretan Pesepak Bola Wanita Terbaik Dunia

KOMENTAR