BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Pandemi Virus Corona, Perkuat Imun Tubuhmu dengan 4 Jenis Vitamin dan Mineral Ini

30-03-2020 20:44 | Serafin Unus Pasi

Buah jambu biji merah  baik untuk kesehatan. (c) Bola.com Buah jambu biji merah baik untuk kesehatan. (c) Bola.com

Bola.net - Pandemi virus corona saat ini tengah menghantui seluruh warga Dunia, termasuk masyarakat Indonesia. Namun Bolaneters bisa terhindar dari virus mematikan ini jika memiliki sistem imun yang bagus.

Dilansir dari laman WHO, virus corona telah menyebar hingga lebih 200 negara di seluruh dunia.WHO menetapkan status virus corona menjadi pandemi. Pandemi virus corona di seluruh dunia belum menunjukan tanda-tanda mereda.

Untuk terhindar dari risiko terinfeksi virus corona, Anda harus menjaga sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh merupakan sistem pertahanan tubuh untuk melawan virus yang menyerang.

Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh cukup mudah dilakukan. Anda bisa melakukan olahraga secara rutin dan cukupi asupan gizi dengan makan makanan yang sehat.

Penting mengonsumsi berbagai vitamin dan mineral yang ampuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah memiliki risiko terinfeksi virus corona.

Untuk menghidari virus tersebut, sebaiknya mengonsumsi makanan yang memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin E, vitamin C, dan zinc.

Konsumsi lima porsi sayur dan buah per hari untuk mendapatkan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kami telah merangkum dari laman Kementerian Kesehatan RI dan GERMAS, vitamin dan mineral untuk mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang baik agar terhindar dari COVID-19, Senin (30/3/2020).

1 dari 4 halaman

Vitamin A

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, seperti wortel, brokoli, bayam, hingga ubi jalar mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selama ini vitamin A dikenal berfungsi sebagai kesehatan mata.

Kekurangan vitamin A akan mengalami masalah kurang mampu melawan infeksi.

Vitamin A yang terkandung di dalam makanan terbagi dua bentuk, yaitu retinoid yang ditemukan pada makanan hewani, dan karotenoid yang ditemukan pada makanan nabati.

2 dari 4 halaman

Vitamin E

Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang mampu membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dan melawan infeksi penyakit. Selain itu, vitamin E mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Anda dapat mengonsumsi bayam, brokoli, dan kacang-kacangan untuk mendapatkan manfaat vitamin E.

3 dari 4 halaman

Vitamin C

Vitamin C mampu melawan berbagai virus, termasuk virus corona.

Sistem imun memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan. Vitamin C membantu produksi sel darah putih (limfosit) dan mencegah kerusakan sel-sel tubuh dari radikal bebas.

Sel darah putih mampu mencegah infeksi bakteri dan virus.

Anda bisa mengonsumsi makanan, seperti pepaya, stroberi, jeruk, tomat, hingga kiwi untuk mendapatkan manfaat vitamin C.

4 dari 4 halaman

Zinc

Zinc berperang penting sebagai mineral yang baik untuk pertumbuhan, perkembangan, dan menjaga kesehatan jaringan tubuh.

Anda bisa mendapatkan zinc dari daging sapi, daging ayam, telur, keju, dan kacang-kacangan.

Zinc berguna mengoptimalkan kerja sistem kekebalan tubuh. Memiliki kekebalan tubuh yang terjaga, Anda bisa terhindar dari risiko terinfeksi virus corona. Selain itu, zinc juga dapat mempercepat penyembuhan luka.

Sumber: Bola.com/Penulis: Alfi Yuda, Editor: Aning Jati, Published: 30 Maret 2020

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.net ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.net secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

KOMENTAR

Generasi Penerus Bundesliga: Erling Braut Haaland