BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Pahami Ragam Manfaat Anggur untuk Kecantikan

08-10-2020 14:15 | Anindhya Danartikanya

Anggur (c) Pixabay/Jill Wellington Anggur (c) Pixabay/Jill Wellington

Bola.net - Beruntunglah Anda yang suka makan anggur. Banyak studi membuktikan buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Lalu, apa saja khasiat yang luar biasa anggur untuk kita?

Anggur memiliki rasa yang manis, ada juga yang sedikit kecut dan asam. Rutin mengonsumsi anggur tak hanya membuat Anda sehat, tetapi juga menjaga kecantikan secara menyeluruh.

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa anggur memiliki manfaat untuk kecantikan. Dilansir dari Klikdokter, buah yang tidak hanya lezat dan menyegarkan ini juga bisa memberikan manfaat kecantikan pada wajah.

Berikut beragam manfaat anggur, yang mengejutkan dan sayang untuk dilewatkan, dirangkum dari Klikdokter dan HerbalDynamicsBeauty, Rabu (7/10/2020).

1 dari 4 halaman

Manfaat Mengejutkan Anggur untuk Kecantikan

1. Menyamarkan bekas jerawat

Manfaat pertama anggur untuk kecantikan adalah dapat membantu menyamarkan bekas jerawat. Untuk merasakan manfaat anggur bagi kulit wajah, yang Anda butuhkan adalah membuat masker.

Bahan yang Anda butuhkan adalah anggur hijau, satu sendok makan garam, dan satu sendok makan tawas. Panaskan bahan-bahan tersebut hingga mengeluarkan cairan yang bisa digunakan sebagai masker.

Oleskan secara lembut, lalu diamkan sekitar 15 menit. Kemudian bilas hingga bersih menggunakan air hangat. Lakukan secara rutin dan wajah Anda akan kembali mulus tanpa bekas jerawat yang hitam dan mengerikan.

2. Menghasilkan kulit yang bercahaya

Anggur memiliki kandungan antioksidan yang dapat meremajakan sel kulit sehingga wajah Anda terlihat muda dan cerah. Di samping itu, penggunaan facial berbahan dasar anggur sangat populer karena berguna untuk menghilangkan noda kehitaman pada wajah.

2 dari 4 halaman

Manfaat Mengejutkan Anggur untuk Kecantikan

3. Mencegah kanker kulit

Buah ini juga berguna untuk mencegah munculnya kanker di area kulit. Anggur memiliki kandungan asam amino dan antioksidan yang dapat membantu menjaga kulit dari kerusakan karena sinar matahari.

Selain itu, anggur dapat mencegah kerusakan kulit dari dampak buruk sinar UV dari matahari, walau buah ini tidak bisa digunakan sebagai tabir surya.

4. Sebagai anti-aging

Anggur memiliki kandungan flavonoid, resveratrol, dan tanin yang berguna sebagai antioksidan. Kandungan ini dapat membantu melawan penuaan dengan memulihkan kolagen dan serat elastis.

Penelitian ahli gizi Anshul Jaibharat di India menjelaskan buah ini mampu mendorong produksi kolagen dalam tubuh. Kulit pun tampak lebih sehat, kenyal, dan tidak mengendur.

5. Mengangkat sel sulit mati

Manfaat selanjutnya anggur bagi kecantikan adalah dapat mengangkat sel kulit mati pada kulit sehingga bisa mencerahkan kulit wajah. Kandungan polifenol juga bisa membantu mengubah kulit kusam menjadi kulit bersinar.

Anda bisa memasukkan anggur dalam botol spray, lalu semprotkan wajah di malam hari sebelum tidur dengan cairan tersebut. Biarkan selama 10 menit, sambil pijat lembut. Tahap terakhir, bersihkan dengan air bersih.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mengejutkan Anggur untuk Kecantikan

6. Mencegah rambut rontok

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan kulit, anggur juga dapat digunakan dalam perawatan rambut. Anggur bermanfaat untuk mengatasi kerontokan rambut.

Anggur mampu mencegah produksi dihidrotestosteron, yang merupakan faktor utama dalam kerontokan rambut. Memiliki kandungan antioksidan yang ada di dalamnya juga dapat membantu merangsang aliran darah dan mendorong pertumbuhan rambut.

7. Mengatasi ketombe

Anggur dapat membantu mengatasi ketombe dan kondisi lain yang disebabkan oleh kulit kepala yang kering dan bersisik. Perlu diperhatikan, khasiat ini tidak berlaku untuk mengatasi ketombe yang disebabkan oleh kondisi kulit seperti eksim, psoriasis, dermatitis, atau iritasi jamur.

Sumber: Klikdokter, HerbalDynamicsBeauty | Disadur dari: Bolacom (Alfi Yuda, Aning Jati) | Dipublikasi: 7 Oktober 2020

4 dari 4 halaman

Video: 5 Pemain Bintang di Liga Spanyol dengan Harga Tertinggi Termasuk Lionel Messi

KOMENTAR