Pahami Cara-Cara Pencegahan Infeksi Virus Corona di Tempat Umum

Anindhya Danartikanya | 23 Maret 2020, 15:45
Penggunaan masker bedah. (c) Xinhua/Khalil Dawood
Penggunaan masker bedah. (c) Xinhua/Khalil Dawood

Bola.net - Saat ini Virus Corona atau dikenal juga COVID-19 telah menjadi pandemi di dunia. Dalam upaya mencegah penularan virus Corona, ada beberapa hal yang perlu dipahami. Saat ini pemerintah dunia sedang berupaya tidak hanya mengobati, tetapi mencegah penyebaran virus Corona.

Dalam konteks ini, menjaga kesehatan adalah hal terpenting agar memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan memiliki risiko lebih rendah terinfeksi berbagai penyakit, termasuk virus Corona. Pencegahan penyebaran virus Corona pun dimulai dari kesadaran diri masing-masing.

Dilansir dari laman WHO, cara yang dianjurkan untuk mencegah penyebaran virus Corona dengan mencuci tangan hingga bersih. Mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun menurunkan risiko perkembangan virus, bakteri, dan kuman.

Selain mencuci tangan, ada pilihan alternatif yang lebih mudah ketika berada di tempat umum dengan menggunakan hand sanitizer. Pilihlah hand sanitizer dengan kandungan alkohol 60%. Penggunaan hand sanitizer bisa mengatasi virus Corona.

Menjaga interaksi langsung dengan orang lain di tempat meminimalisasi potensi terinfeksi virus Corona. Selalu perhatikan kondisi orang di sekitar Anda dan gunakan masker ketika berpergian, dan jaga jarak. Terapkan langkah-langkah tersebut dengan benar dan efektif.

Berikut rangkuman dari berbagai sumber, cara mencegah terpapar virus Corona di tempat umum.

1 dari 6 halaman

Mencuci Tangan Sampai Bersih

Mencuci tangan menggunakan air tidak cukup untuk membuat tangan Anda benar-benar bersih. Mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir adalah tindakan sanitasi yang ampuh membunuh bakteri dan kuman.

Cuci seluruh tangan Anda termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku tangan selama 20 detik.

Dengan mencuci tangan sebelum dan setelah menyentuh benda atau bersalaman dengan orang lain, mampu mencegah risiko terinfeksi virus Corona.

2 dari 6 halaman

Menggunakan Masker

Menggunakan masker ketika berada di luar ruangan mampu mencegah terinfeksi virus Corona. Ada dua tipe masker yang dianjurkan untuk mencegah penyebaran virus Corona, yakni masker bedah dan masker N95.

Surgical mask atau yang dikenal juga masker bedah merupakan masker sekali pakai yang mudah ditemui. Masker bedah nyaman dipakai dan harganya yang terjangkau. Masker bedah mampu menurunkan risiko penyebaran penyakit infeksi, termasuk virus Corona.

Masker bedah lebih disarankan bagi orang yang sedang sakit untuk mencegah penyebaran virus dan kuman. Sedangkan masker N95, masker jenis ini dirancang khusus untuk menyaring partikel berbahaya yang ada di udara.

Jenis masker ini lebih direkomendasikan untuk mencegah penyebaran virus Corona. Tetapi, masker N95 kurang nyaman ketika dipakai dan memiliki harga yang cukup mahal.

3 dari 6 halaman

Menjaga Jarak

Perlu diketahui, virus Corona bisa menular lewat cairan saliva atau kelenjar ludah. Perlu diperhatikan ketika berada di tempat umum, usahakan untuk tidak duduk atau berdiri di sekitar orang yang sedang sakit.

Usahakan Anda menjaga jarak atau social distancing sekitar satu meter. Menjaga jarak atau kontak dengan orang yang terlihat kurang sehat adalah cara terbaik dari tertularnya penyakit. Lebih baik Anda tidak duduk atau berdiri di sekitarnya.

4 dari 6 halaman

Membawa Hand Sanitizer

Saat ini hand sanitizer sedang mengalami kelangkaan akibat permintaan yang banyak seiring merebaknya virus Corona. Hand sanitizer yang dianjurkan untuk mencegah penyebaran virus Corona setidaknya mengandung 60% alkohol.

Membawa hand sanitizer adalah cara praktis ketika Anda sedang berada di tempat umum dan sulit menemukan air serta sabun. Usahakan tidak banyak menyentuh benda-benda di tempat umum atau di moda transportasi.

5 dari 6 halaman

Hindari Menyentuh Area Hidung, Mulut, dan Mata

Sering menyentuh area wajah akan meningkatkan risiko terinfeksi virus Corona. Penyebaran virus Corona bisa melalui percikan dari bersin dan batuk.

Jagalah kebersihan tangan ketika berada di tempat umum. Usahakan untuk menahan menyentuh area wajah, termasuk mulut dan mata.

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Alfi Yuda/Editor: Aning Jati/Dipublikasi: 20 Maret 2020

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR