BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Minuman Berkhasiat yang Bisa Kurangi Stres di Tengah Pandemi Virus Corona

31-03-2020 12:42 | Anindhya Danartikanya

Air rebusan jahe baik untuk kesehatan. (c) Pexels.com Air rebusan jahe baik untuk kesehatan. (c) Pexels.com

Bola.net - Berdiam diri di rumah dalam masa karantina mandiri untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) berpotensi melahirkan gangguan kesehatan mental. Sesuai rekomendasi, seseorang diminta berdiam setidaknya selama 14 hari dalam masa karantina mandiri di rumah masing-masing.

Selama masa itu, aktivitas menjadi terbatas karena pemerintah mengimbau melakukan pekerjaan, belajar, dan beribadah dari rumah, dan hanya meninggalkan rumah untuk alasan yang benar-benar mendesak.

Selain itu, derasnya informasi perihal Covid-19 juga berisiko menjadikan seseorang mengidap 'coronafobia'. Coronafobia merupakan rasa takut yang berlebihan terhadap penyebaran Virus Corona.

Rasa cemas berlebihan itu bisa menjelma menjadi ketakutan yang irasional. Anda secara personal bisa meredakan atau sekadar mengurangi stres maupun kecemasan yang mungkin timbul tersebut.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hingga kalangan ahli kesehatan telah merekomendasikan beragam cara untuk menghindarkan Anda dari kemungkinan dilanda kebosanan akut yang bisa menjurus pada gangguan kesehatan mental.

WHO merekomendasikan agar Anda tetap aktif, seperti dengan melakukan olahraga lompat tali, menari, mengikuti kelas olahraga online, hingga latihan kekuatan dan keseimbangan otot.

Sementara para pakar kesehatan mental, merekomendasikan untuk bisa memilah informasi secara bijak, semisal menghindari mengonsumsi berita-berita negatif, hingga tetap menjalin komunikasi dengan teman melalui bantuan kecanggihan teknologi.

Selain hal-hal di atas, asupan yang Anda konsumsi, makanan dan minuman, juga bisa membantu meredakan stres atau kecemasan yang Anda rasakan. Berikut deretan minuman yang bisa membantu Anda mengurangi stres dan kecemasan dalam masa pandemi Covid-19 sekarang ini.

1 dari 6 halaman

Jahe

Meminum seduhan jahe bermanfaat untuk mempertajam otak dan menghilangkan stres. Minum secara rutin seduhan jahe segar dalam keadaan panas atau dingin, untuk mendapatkan khasiat dari jahe.

Tanaman herbal menyehatkan ini mengandung 14 senyawa bioaktif dan sifat antioksidan cukup tinggi. Senyawa ini memiliki khasiat untuk mempertajam fungsi kognitif pada wanita paruh baya dan bahkan mungkin melindungi otak kerusakan akibat stres oksidatif.

Sebuah penelitian menunjukkan jahe dapat memengaruhi kadar serotonin yang dapat mengobati dan mengurangi kecemasan, sehebat obat benzodiazepine.

2 dari 6 halaman

Akar Maca

Mengonsumsi akar maca dapat menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Akar maca sering dicari akhir-akhir ini untuk diambil beberapa manfaatnya. Sebuah penelitian mengatakan, mengonsumsi akar maca dapat memberikan tambahan stamina bagi pria.

Tanaman penyeimbang hormon ini juga merupakan pendukung kuat untuk menghilangkan stres. Senyawa tanaman aca (disebut flavonoid) dapat meningkatkan suasana hati yang positif dan mengurangi tekanan darah dan depresi.

Campurkan bubuk maca dalam secangkir kopi atau jus buah di pagi hari, untuk mendapatkan khasiat dari tanaman ini.

3 dari 6 halaman

Matcha

Meminum matcha selain sangat lezat juga dapat memberikan efek baik bagi tubuh. Matcha mengandung flavonoid dan L-theanine, beberapa senyawa yang dikenal karena efeknya yang menenangkan. L-theanine meningkatkan pita frekuensi alfa pada otak dan menenangkan pikiran tanpa menyebabkan kantuk.

Dikombinasikan dengan kafein, L-theanine mungkin memiliki efek positif pada peningkatan suasana hati dan kognisi mengingat matcha juga mengandung antioksidan, vitamin, dan nutrisi. Hal tersebut dapat menjadi minuman yang lezat dan kuat untuk mengatasi kelelahan dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

4 dari 6 halaman

Jamur Reishi

Kandungan dalam jamur reishi dapat menghilangkan kecemasan dan stres secara alami. Jamur ini mengandung senyawa triterpene, yang dikenal karena sifatnya yang menenangkan.

Jamur ini sangat berkhasiat untuk antikanker, anti-inflamasi, antikecemasan, dan antidepresan. Jamur ini juga dapat meningkatkan kualitas tidur pada malam hari, sehingga dapat membuat Anda lebih banyak beristirahat dan fokus sepanjang hari.

Tambahkan satu sendok makan bubuh reishi dalam secangkir air hangat untuk mendapatkan efek menenangkan dari jamur yang punya nama lain jamur lingzhi ini.

5 dari 6 halaman

Cuka Apel

Mengonsumsi cuka apel secara rutin dapat memberikan tambahan energi. Cuka dapat berdampak langsung pada kadar gula darah dan membantu mempertahankan energi yang merata dan mencegah kelelahan. Cuka apel juga mengandung mineral penting seperti kalium, yang dapat mengatur dan memberikan energi bagi tubuh.

Cukup tambahkan satu sendok makan cuka apel pada secangkir air hangat atau secangkir teh yang telah Anda buat, setelah 95 menit anda akan merasakan manfaatnya.

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Rheza Aditya Gradianto/Editor: Aning Jati/Dipublikasi: 30 Maret 2020

6 dari 6 halaman

Video: Tips Hidup Sehat dan Terhindar dari Virus Corona

KOMENTAR