Manfaat Konsumsi Udang, Bisa Jaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Anindhya Danartikanya | 6 Mei 2020, 16:15
Hidangan udang (c) Shutterstock/Mizina
Hidangan udang (c) Shutterstock/Mizina

Bola.net - Udang adalah salah satu jenis makanan yang cukup digemari banyak kalangan di dunia, termasuk Indonesia. Udang dapat diolah menjadi berbagai macam masakan. Di Indonesia, udang menjadi makanan favorit, seperti setelah dimasak menjadi tumis udang, udang goreng, atau udang bakar.

Hewan laut ini mudah ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Udang memiliki harga sesuai musim serta sesuai ukuran dan jenisnya. Saat dikonsumsi dengan porsi cukup, udang akan memberikan berbagai manfaat bagi tubuh.

Udang yang dimasak tanpa bumbu tambahan akan lebih bermanfaat daripada yang memiliki banyak campuran bumbu. Udang sebenarnya tidak hanya hidup di laut, namun ada juga udang yang hidup di perairan air tawar. Meski terlihat berbeda, tetapi keduanya memiliki manfaat yang sama untuk kesehatan.

Kandungan yang ada dalam udang dapat memberikan manfaat bagi tubuh berkat kandungan asam lemak omega-3, omega-6, antioksidan, dan yodium. Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi udang, seperti dapat mencegah kanker dan menyehatkan jantung.

Berikut rangkuman dari berbagai sumber, enam manfaat mengonsumsi udang untuk kesehatan.

1 dari 7 halaman

Menjaga Kesehatan Rambut

Dengan mengonsumsi udang, kita dapat menjaga kesehatan rambut dan juga kulit kepala, sehingga dapat menghindarkan kita dari rambut rontok.

Udang mengandung beberapa mineral, satu di antaranya adalah seng. Kandungan seng tersebut dapat membantu memperkuat akar rambut sehingga tidak mudah patah atau mengalami kerontokan.

Selain itu, kandungan sel yang cukup kaya dalam udang juga dapat membantu pertumbuhan sel-sel pada rambut dan kulit kepala sehingga dapat menyehatkan rambut secara keseluruhan.

2 dari 7 halaman

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Satu di antara nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi adalah kalsium. Asupan kalsium yang tercukupi akan memberikan manfaat baik bagi kesehatan tulang dan gigi.

Mengonsumsi udang dapat memberikan asupan kalsium yang dapat menyehatkan tulang. Tulang yang sehat karena asupan kalsium yang tercukupi akan jauh dari potensi keropos dan meminimalisasi terkena osteoporosis.

Mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium seperti udang juga dapat memberikan efek sehat bagi gigi dan juga memperkuat kinerja otot.

3 dari 7 halaman

Mencegah Kanker

Mengonsumsi berbagai macam jenis udang, yang berasal dari air tawar atau asin, dapat membantu mencegah berbagai macam jenis kanker.

Hal tersebut karena udang mengandung selenium, yang bertugas dalam menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu udang mengandung zinc, yang bertugas dalam mencegah munculnya kanker prostat.

Dengan mengonsumsi udang, kebutuhan tubuh akan zat seperti selenium dan zinc dapat terpenuhi, sehingga mengurangi risiko Anda terkena penyakit kanker.

4 dari 7 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung

Sama dengan berbagai macam ikan, udang juga merupakan sumber makanan dari laut yang kaya kandungan asam lemak omega-3 dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam udang dapat membantu Anda dalam usaha menjaga kesehatan jantung dengan cara mengatur kadar trigliserida dalam tubuh.

Dengan menjaga kesehatan jantung secara rutin, Anda juga dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan karena jantung merupakan organ vital.

5 dari 7 halaman

Menyehatkan Kulit

Memiliki kulit yang mengilap dan sehat tentunya menjadi dambaan setiap kalangan. Anda dapat menjaga kesehatan kulit dengan cara mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi.

Udang mengandung senyawa astaxanthin, yang memiliki tugas mengurangi kerutan pada kulit, dengan cara menambah kelembapan pada kulit dan juga elasitas pada kulit.

6 dari 7 halaman

Memberikan Tambahan Energi

Saat tubuh kekurangan energi dan terasa cukup lemas saat melakukan berbagai kegiatan sehari-hari, hal tersebut dapat menjadi tanda tubuh kekurangan zat besi.

Mengonsumsi udang dapat membantu memberikan tambahan energi karena udang mengandung banyak zat besi yang dapat menjauhkan tubuh dari lemas dan dibutuhkan tubuh.

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Rheza Aditya Gradianto/Editor: Yus Mei Sawitri/Dipublikasi: 5 Mei 2020

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR