BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Jenis-Jenis Penyakit Kulit dan Cara Mengatasinya Secara Alami

01-11-2019 08:40 | Anindhya Danartikanya

Penyakit kulit bisa mewabah di musim kemarau (c) Bola.com Penyakit kulit bisa mewabah di musim kemarau (c) Bola.com

Bola.net - Hampir semua orang pernah mengalami penyakit kulit, entah hanya jerawat, gatal, atau bisul. Namun penyakit pada kulit tak hanya itu. Penyebab, gejala, dan cara mengatasi penyakit kulit bermacam-macam. Ada penyakit kulit yang terasa gatal atau nyeri bisa hilang sendiri, bahkan ada pula yang harus ditangani dokter.

Setiap pengidap penyakit kulit tentu sering merasa terganggu. Masalah kulit juga kerap menurunkan kepercayaan diri saat di depan umum. Pada dasarnya, kulit yang sehat adalah idaman semua orang.

Kulit merupakan organ penting yang berfungsi melindungi tubuh dari bakteri, virus, dan radikal bebas. Kulit juga berperan membantu mengatur suhu tubuh, merasakan sensasi sentuhan dan nyeri, serta menghasilkan vitamin D.

Apabila kulit kotor atau tercemar bakteri, maka akan rentan terkena penyakit yang menimbulkan bengkak, kemerahan, dan lain sebagainya. Masalah pada kulit biasanya datang secara tiba-tiba.

Cara mengatasi penyakit kulit bisa dilakukan secara alami tanpa mengeluarkan biaya mahal. Namun sebelum mengetahui cara mengobati masalah pada kulit, Anda perlu mengetahui macam-macam penyakit kulit seperti berikut.

1 dari 2 halaman

Macam-Macam Penyakit Kulit yang Umum Terjadi

1. Bisul

Bisul adalah infeksi kulit berbentuk benjolan kemerahan dan dapat membesar. Masalah kulit yang satu ini akan mengganggu seseorang lantaran adanya benjolan besar dan nyeri.

Bisul bisa muncul di bagian tubuh manapun, tetapi penyakit kulit yang satu ini sering muncul di bagian tubuh yang lembap, misalnya pantat, leher, atau ketiak. Bisul disebabkan adanya infeksi bakteri stafilokokus aureus yang melewati foliker rambut, kelenjar minyak, dan kelenjar keringat.

Masalah kulit ini juga bisa ditimbulkan karena kebersihan yang buruk, luka yang terinfeksi, pelemahan diabetes, kosmetik yang menyumbat pori-pori, dan penggunaan bahan kimia lainnya.

2. Kudis

Kudis merupakan penyakit kulit yang disebabkan parasit tungau, yakni sarcoptes scabiei va hominis. Orang yang terkena kudis biasanya tinggal di tempat kumuh, dan tidak melindungi kebersihan tubuhnya. Masalah kulit ini bisa menular pada orang lain, misalnya menggunakan pakaian atau handuk secara bergantian.

3. Eksim

Eksim ditandai dengan rasa gatal berlebih pada kulit dan dibarengi warna kemerahan, bersisik atau pecah-pecah, hingga timbul bintik-bintik kecil yang mengandung air atau nanah.

4. Kurap

Kurap disebabkan jamur pada kulit. Gejala kurap biasanya timbul lingkaran-lingkaran yang bersisik, bercak putih, lembap, dan disertai rasa gatal. Kurap biasanya dikenal juga panu.

5. Herpes

Herpes bisa menyerang siapa pun, baik anak-anak ataupun orang dewasa. Herpes muncul dengan adanya ruam berukuran kecil yang akhirnya melepuh. Herpes membuat seseorang merasa perih pada bagian lukanya.

6. Jerawat

Anda tentu tidak asing lagi dengan masalah kulit yang satu ini. Ya, jerawat adalah salah satu penyakit kulit yang bisa mengurangi kepercayaan diri seseorang.

Jerawat bisa tumbuh di wajah atau bagian tubuh lainnya, terutama punggung. Jerawat disebabkan karena kurang menjaga kebersihan kulit, sehingga kotoran mengendap dan menimbulkan bintik yang disebut jerawat.

7. Melanoma

Melanoma merupakan kanker kulit berbahaya yang bisa mengakibatkan kematian apabila tidak segera diobati. Penyakit kulit ini sangat berisiko bila tampak pada bagian leher atau kulit kepala. Biasanya melanoma ditandai dengan membesarnya tahi lalat dan mengalami perubahan warna, hingga menunjukkan gejala peradangan.

2 dari 2 halaman

Obat Alami Penyakit Kulit

Masalah kulit bisa diobati secara alami tanpa mengeluarkan biaya mahal. Anda bisa membuat ramuan berikut ini sebagai masker, kemudian dioleskan kepada kulit yang bermasalah:

  • Bawang putih
  • Minyak kelapa
  • Yogurt
  • Cuka apel
  • Kunyit
  • Lidah buaya
  • Tomat

Disadur dari: Bola.com/Penulis: Novie Rachmayanti/Editor: Yus Mei Sawitri/Dipublikasi: 31 Oktober 2019

KOMENTAR

Maria Ozawa Dukung Timnas Indonesia U-22 Saat Hadapi Thailand