BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Inilah Pemenang Sosok Siap Berani Berubah

21-01-2021 16:30 | Serafin Unus Pasi

Pemenang Kuis Berani Berubah (c) Liputan6.com Pemenang Kuis Berani Berubah (c) Liputan6.com

Bola.net - Dimana banyak yang lumpuh karena tak tahu harus berbuat apa, beberapa bangkit dan mengukir jalan kesuksesan mereka sendiri di tengah pandemi Covid-19. Dirumahkan dari pekerjaan, dipulangkan dari tempatnya mencari nafkah, masyarakat harus Berani Berubah agar bisa bertahan dalam situasi sulit ini. Mampu keluar dari zona nyaman dan merubah sumber mata pencaharian.

Program Berani Berubah hasil kolaborasi dari SCTV, Indosiar, dan media digital Liputan6.com serta Merdeka.com mencari sosok inspiratif yang mampu untuk terus bangkit meski diterjang pandemi melalui kompetisi kuis #SiapBeraniBerubah yang diselenggarakan lewat media sosial Instagram Liputan6.com.

Periode kuis dimulai sejak 7 Desember 2020 hingga 7 Januari 2021, dan jumlah peserta mencapai lebih dari 200 orang. Melalui proses penjurian yang dilangsungkan dengan ketat serta teliti, maka satu orang dipilih untuk menjadi sosok #SiapBeraniBerubah, yakni Ryan Putra Bima asal Pucuk, Dawarblandong, Mojokerto, Jawa Timur.

Semula bekerja di Lampung, Sumatera, Ryan memiliki penghasilan tetap di sebuah perusahaan swasta sebagai marketing lapangan. Namun penularan virus corona kian menyebar, dan bisnis pun terhenti karena satu dan dua hal terkait keadaan pandemi. Ryan akhirnya diberhentikan.

Dia tahu dirinya tak bisa menyerah dengan keadaan. Ayah ibunya menjadi tanggungan tulang punggungnya. Adiknya baru saja lulus sekolah dan belum bisa sepenuhnya diandalkan. Ryan harus segera mencari cara untuk mendapatkan penghasilan setelah menganggur hampir 3 bulan lamanya sejak dirumahkan.

“Sampai akhirnya bulan 6 setelah lebaran, saya dapat ide buat buka jasa kurir kiriman barang dan jasa ojek online,” ungkap Ryan pada Tim Berani Berubah.

“Modal awal Rp100 ribu untuk jasa titip, dan sekarang hampir 7 bulan ini sudah jalan dengan normal,” sambung dia.

Sekaligus dengan bermodalkan beli rengkek kurir dan menebar nomor WhatsApp, Ryan memulai pekerjaan barunya sebagai kurir dan jasa titip online. Dia juga rajin membuat poster promosi yang selalu diunggahnya pada sosial media Instagram dan Facebook.

Satu demi satu orang mulai percaya dengan kejujuran dan integritas Ryan dalam bekerja. Mulai dari mengantarkan paket dengan cepat dan aman, hingga membelikan barang titipan saat pergi ke kota.

“Penghasilan paling bersih Rp100 ribu sampai Rp150 ribu. Kebetulan warga nggak paham transfer-transferan uang dan banyak yang masih belum percaya, makanya saya pakai modal sendiri untuk belikan dulu barang titipan,” ujarnya.

1 dari 1 halaman

Ingin Kawasannya Lebih Mudah Dijangkau

Ryan mengaku mendapat ide menjadi kurir karena kondisi kawasan tempat tinggalnya di Pucuk, Dawarblandong, Mojokerto, Jawa Timur. Kawasannya terbilang sulit dijangkau, dan masyarakat pun selalu terkendala dengan perjalanan yang jauh hanya untuk membeli beberapa barang yang hanya ada di kota besar.

“Kami kecamatan terisolir, lewat hutan-hutan. Jadi mereka yang membutuhkan barang terkendala sama perjalanan yang cukup jauh, jadi saya inisiatif untuk mempermudah pekerjaan mereka juga,” ucap Ryan.

“Selain itu kalau untuk ekspedisi besar, untuk mobil-mobil, sudah nggak melayani di tempat terpencil. Akhirnya orang yang buka unit (jasa kirim) di tempat itu harus mengantar sendiri, dan kemudian menggunakan jasa saya,” lanjut dia.

Ryan kerap mengangkut barang pesanan online milik warga ke gudang pengiriman. Di waktu lain, dia juga melayani jasa titip dan hanya mentarifkan sekitar Rp20 ribu untuk satu barang. Saat tak ada permintaan kirim-mengirim, dia menjadi ojek untuk mereka yang butuh bepergian.

Semua dikerjakan dengan bersemangat. Ryan pantang menyerah, dan dia tak ingin hanya tinggal diam. Dia terus bergerak, demi bisa menafkahi ayah, ibu, dan adiknya.

“Saya ingin berubah. Untuk kehidupan lebih baik,” dia mengakhiri.

Program Berani Berubah tayang di Stasiun Televisi SCTV setiap Senin di Program Liputan6 Pagi pukul 04.30 WIB, dan akan tayang di Liputan6.com serta Merdeka.com pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama.

Selamat kepada Ryan Putra Bima sebagai pemenang dari kuis #SiapBeraniBerubah yang diselenggarakan melalui sosial media Instagram Liputan6.com. Pemenang akan mendapatkan modal pengembangan usaha sebesar Rp 5.000.000. Terima kasih kepada semua peserta yang sudah berpartisipasi dalam kuis #SiapBeraniBerubah!

Sumber: Liputan6.com/Penulis: Ratu Annisaa Suryasumirat, published: 21 Januari 2021

KOMENTAR