Ini Beragam Tips Untuk Membersihkan Ponsel Agar Bebas Corona Covid19

Dimas Ardi Prasetya | 1 April 2020, 23:56
Ini Beragam Tips Untuk Membersihkan Ponsel Agar Bebas Corona Covid19
Ponsel (c) Bola.com

Bola.net - Virus corona bisa menempel pada berbagai benda, termasuk telepon seluler alias ponsel, maka dari itu lah, membersihkannya juga merupakan kewajiban.

Ponsel atau telepon genggam menjadi satu di antara barang yang punya potensi besar menjadi medium penyebaran virus corona. Sebab benda ini sangat sering kita sentuh atau pegang. Hampir di setiap waktu dan suasana, tangan kita menggenggam ponsel.

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ponsel termasuk dalam high-touch surface atau benda-benda yang paling sering disentuh termasuk juga keyboard, tablet, meja, gagang pintu, dan tempat tidur.

Ponsel termasuk perangkat yang Anda sentuh terus-menerus dan sering kali menempel ke sisi wajah Anda, yang berarti bahwa bakteri, virus, atau kuman lain yang terdapat di ponsel, bisa berpindah ke wajah Anda.

Beberapa peneliti telah menemukan bahwa ada lebih banyak bakteri yang menempel di ponsel daripada dudukan toilet. Ponsel pada umumnya memiliki 10 kali lipat jumlah mikroorganisme penyebab sakit perut dan muntah-muntah daripada toilet umum.

Walau demikian, sebagian besar orang yang memiliki ponsel sangat jarang membersihkan ponselnya. Selain persoalan waktu, hal lain karena ponsel benda teknologi yang dianggap mudah rusak bila dibersihkan.

Tetapi, di masa pandemi virus corona seperti sekarang, Anda mau tak mau membersihkan ponsel Anda sebagai tindakan pencegahan agar terhindar dari paparan virus corona.

Perlu diperhatikan juga keamanan dalam membersihkan ponsel agar tetap aman tanpa merusaknya saat dibersihkan. Sebagai contohnya, Anda dapat menggunakan alkohol sekitar 70 persen dan diaplikasikan ke ponsel dengan bantuan kain mikrofiber.

Dirangkum dari Dokter Sehat, berikut sejumlah cara untuk membersihkan ponsel sebagai bagian dalam pencegahan penularan virus corona penyebab COVID-19.

1 dari 2 halaman

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

  • Kain microfiber bebas serat atau kain lap yang digunakan untuk membersihkan lensa kacamata. Banyak produsen ponsel pintar yang memberikan secara gratis sebagai perangkat pelengkap ponsel.
  • Cotton swab atau cotton bud.
  • Air suling atau air putih siap minum.
  • Alkohol 70 persen atau isopropil untuk membersihkan permukaan ponsel.
  • Siapkan screen guard atau pelindung layar dan casing ponsel baru bila perlu.
  • Setelah semua bahan sudah siap, Anda dapat membersihkan ponsel dengan mudah dan cepat.
2 dari 2 halaman

Langkah-Langkah Membersihkan Ponsel

  1. Matikan ponsel Anda sebelum membersihkannya agar tetap aman.
  2. Lepaskan lapisan casing belakang dan semua aksesori yang menempel di ponsel.
  3. Anda dapat melepaskan screen protector bila perlu, namun Anda mungkin akan merusaknya dan lebih baik mengganti yang baru.
  4. Bila tidak ingin mengganti screen protector yang baru, sebaiknya tidak perlu melepaskannya.
  5. Apabila Anda menggunakan ponsel dengan baterai dan keyboard atau keypad yang bisa dilepas, maka lepaskan agar bisa dibersihkan dengan baik.
  6. Celupkan cotton bud ke alkohol namun jangan terlalu basah untuk menghindari tetesan alkohol masuk ke mesin ponsel.
  7. Cara membersihkan layar ponsel adalah dengan menggosokan cotton bud yang sudah dicelup alkohol dengan lembut.
  8. Anda harus berhati-hati saat membersihkan area dekat speaker HP agar tetesan tidak masuk ke speaker.
  9. Cara membersihkan casing ponsel yang terbuat dari plastik adalah dengan celupan alkohol, sementara hanya gunakan cotton bud yang dicelup air bila casing terbuat dari besi atau metal.
  10. Pada bagian kamera dan flash, bersihkan juga dengan cotton bud yang dicelup air dengan arah memutar agar tidak menimbulkan bekas lapisan serta tidak membuat kamera jadi kering dan buram.
  11. Setelah Anda sudah membersihkan seluruh permukaan ponsel, biarkan kering.
  12. Gunakan kain microfiber bebas serat atau lap lensa kacamata untuk pembersihan tahap akhir.
  13. Basahi kain microfiber secukupnya, jangan sampai ada air menetes. Kelembapan usapan kain microfiber akan membantu mengatasi kerak atau goresan.
  14. Lap ponsel Anda mulai bagian atas (speaker untuk telinga) ke bagian bawah (mikrofon untuk telepon) dengan asupan satu arah.
  15. Bersihkan juga sela-sela kecil seperti bagian speaker, flash, atau di sekitar tombol volume.
  16. Jangan mengelapnya dengan gerakan melingkar karena akan menimbulkan bekas lapisan melingkar, terutama pada bagian layar ponsel.
  17. Tunggu sebentar hingga ponsel sampai kering sepenuhnya dan ponsel Anda sudah bersih sekarang dan siap digunakan.

Sumber Asli: Dokter Sehat
Disadur dari: Bola.com/Penulis Alfi Yuda/Editor Aning Jati
Published: 1 April 2020

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR