BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Hasil Sepak Bola Olimpiade 2020: Ganyang Jepang, Meksiko Raih Medali Perunggu

06-08-2021 18:03 | Dimas Ardi Prasetya

Bek Meksiko, Johan Vasquez, merayakan golnya ke gawang Jepang di laga perebutan medali Perunggu di cabang olahraga sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020 di Saitama Stadium, Jumat (06/08/2021). (c) AP Photo
Bek Meksiko, Johan Vasquez, merayakan golnya ke gawang Jepang di laga perebutan medali Perunggu di cabang olahraga sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020 di Saitama Stadium, Jumat (06/08/2021). (c) AP Photo

Bola.net - Timnas Meksiko U-23 berhasil mengalahkan Timnas Jepang U-23 dengan skor 3-1 di laga perebutan medali Perunggu cabang olahraga sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020 di Saitama Stadium, Jumat (06/08/2021).

Pertandingan berlangsung dengan terbuka. Kedua tim saling adu serangan. Namun lini serang Jepang sering buang-buang peluang, sementara Meksiko mematikan melalui situasi bola-bola mati.

Terbukti ketiga gol Meksiko semuanya dari bola mati. Satu gol dari titik penalti sementara dua lainnya dari situasi free-kick.

Gol-gol Meksiko dicetak oleh Sebastian Cordova, Johan Vasquez, dan Alexis Vega. Sementara gol Jepang dihasilkan Kaoru Mitoma.

Baca laporan selengkapnya di bawah ini Bolaneters

1 dari 2 halaman

Jalannya Pertandingan

Jepang dan Meksiko sama-sama langsung adu serangan begitu laga babak pertama dimulai. Gol pun langsung tercipta pada menit ke-13.

Gol ini dicetak oleh Sebastian Cordova via titik penalti. Hukuman diberikan pada Jepang setelah Endo melanggar Vega di kotak terlarang. 1-0.

Jepang berusaha untuk menyamakan skor. Mereka berusaha menyerang dengan dikomandoi Takefusa Kubo. Namun mereka malah kebobolan lagi pada menit ke-22. Kali ini melalui tandukan Johan Vasquez di tengah kotak penalti, memanfaatkan umpan pfree kick Cordova.

Jepang mendapat beberapa kans untuk bisa mencetak gol. Namun mereka membuang peluang yang didapatnya, salah satunya yang didapat Yuki Soma usai mendapat umpan dari Kubo pada menit ke-25.

Demikian juga peluang pada menit ke-53. Ritsu Doan mendapat kans menyundul bila dengan cukup bebas namun bola melambung tipis di atas gawang Meksiko.

Jepang kemudian malah tertinggal lagi. Pada menit ke-58, gawang mereka dijebol Alexis Vega melalui sundulan, memanfaatkan umpan sepak pojok Cordova. 3-0.

Jepang sempat terlihat frustrasi. Namun setelah melakukan perubahan taktik, mereka bisa membalas satu gol melalui pemain pengganti Kaoru Mitoma pada menit ke-78. Ia melewati dua pemain sebelum menaklukkan Ochoa dengan tendangan kaki kirinya di kotak penalti.

Di sisa waktu pertandingan, Jepang berusaha untuk bisa mencetak gol lagi. Namun mereka tak bisa melakukannya sampai akhir. Meksiko pun akhirnya menang dengan skor 3-1 dan berhak meraih medali perunggu cabor sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020.

2 dari 2 halaman

Susunan Pemain

Meksiko: Ochoa; Sanchez, Angulo, Vasquez, Montes; Romo, Rodriguez; Martin, Lainez, Vega; Cordova.

Jepang: Tani; Sakai, Yoshida, Nakayama, Tomiyasu; Endo, Kubo, Doan, Soma, Tanaka; Hayashi.

KOMENTAR