BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Gareth Southgate Geram Lihat Kelakuan Barbar Suporter Inggris

07-06-2019 17:54 | Dimas Ardi Prasetya

Gareth Southgate (c) AFP Gareth Southgate (c) AFP

Bola.net - Manajer Timnas Inggris Gareth Southgate mengaku geram melihat aksi barbar sebagian suporter The Three Lions yang menyebabkan kerusuhan di area pusat kota Porto.

Skuat The Three Lions pekan ini bertolak ke Portugal. Pasalnya mereka harus berduel dengan Timnas Belanda di semifinal UEFA Nations League.

Sayangnya sebelum laga dihelat, timbul kekisruhan di beberapa titik di kota Porto. Pasalnya sekelompok suporter The Three Lions melemparkan botol pada para suporter Portugal yang berkumpul di area fan zone di Praca de Liberdade.

Alhasil polisi huru-hara pun terpaksa harus turun tangan. Mereka pun bentrok dengan para suporter Inggris itu. Untungnya kerusuhan dalam skala lebih besar bisa dihindari.

Selain di Praca de Liberdade, kekisruhan juga muncul di dua titik lainnya antara suporter The Three Lions dengan polisi. Alhasil beberapa aparat dikabarkan mengalami luka-luka.

Selain itu kabarnya ada dua suporter yang akhirnya diamankan pihak kepolisian. Ada juga beberapa fans yang diidentifikasi berbuat rusuh namun belum berhasil dibekuk.

1 dari 2 halaman

Geramnya Southgate


Aksi barbar para suporter itu akhirnya mendapatkan kecaman dari Southgate. Ia menyebut aksi para suporter itu memalukan dan tak mencerminkan sikap para suporter Inggris yang sesungguhnya.

"Saya belum melihatnya, (tapi) saya menyadarinya. Hal yang paling menyedihkan bagi saya adalah kami memiliki ribuan fans yang datang dan mendukung kami dengan cemerlang dan memiliki kemampuan untuk menikmati diri mereka sendiri tanpa menyebabkan pelanggaran atau menyebabkan masalah," katanya seperti dilansir Goal International.

"Tapi kami memiliki sekelompok suporter yang memalukan. Sebagai orang Inggris, mereka bukan suporter tim, mereka merefleksikan kami dengan buruk sebagai sebuah negara," keluhnya.

"Kami sama sekali tidak mengaitkan diri dengan mereka," tegas Southgate.

Timnas Inggris sendiri kalah 3-1 dari Belanda. Mereka kini akan berduel lawan Swiss untuk memperebutkan posisi ketiga.

2 dari 2 halaman

Sanksi Berat


Aksi para suporter itu ternyata tak luput dari pantauan kepolisian Inggris. Seorang kepala polisi Inggris menyebut perilaku mereka "sama sekali tidak dapat diterima".

Ia juga mengatakan sebuah tim investigasi berharap untuk mengidentifikasi pelaku ketika mereka kembali ke bandara Inggris. Nantinya para suporter ini akan mendapat sanksi berat.

"Kami memiliki tim investigasi yang beroperasi di Inggris mengumpulkan rekaman-rekaman video," kata Wakil Kepala Polisi Mark Roberts, yang memimpin dewan kepolisian nasional untuk menghasilkan berbagai kebijakan terkait sepakbola, kepada BBC Radio 5.

"Kami bertujuan untuk membawa mereka ke pengadilan, semoga ketika mereka kembali ke bandara kami akan mengidentifikasi mereka karena kami ingin mereka diberi sanksi larangan (menonton sepakbola)," serunya.

"Sayangnya yang kita lihat di sini adalah orang-orang, beberapa di antaranya tidak pernah diperhatikan polisi dan kita tidak tahu apakah mereka akan berperilaku seperti orang mabuk sampai mereka mengonsumsi terlalu banyak alkohol."

KOMENTAR