BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Deretan Petuah Inspiratif Kareem Abdul-Jabbar, Peraih Poin Terbanyak NBA

16-07-2020 16:15 | Anindhya Danartikanya

Kareem Abdul-Jabbar (c) AFP/Tashia Wells Kareem Abdul-Jabbar (c) AFP/Tashia Wells

Bola.net - Ferdinand Lewis Alcindor Jr atau dikenal Kareem Abdul-Jabbar merupakan mantan bintang NBA penuh prestasi dan sensasi. Ia merupakan salah seorang pebasket terbaik dalam sejarah. Ia kecil lahir dan dibesarkan di lingkungan Katolik Roma sebelum memutuskan menjadi seorang Muslim dan mengubah namanya.

Abdul-Jabbar memulai karier sebagai pebasket profesional bersama di Milwaukee Bucks pada 1969. Pebasket yang memiliki penampilan khas dengan memakai kaca mata (goggles) ini tercatat meraup seabrek gelar, termasuk enam kali juara NBA dan enam kali MVP NBA.

Selain bermain untuk Bucks, Abdul-Jabbar menorehkan banyak prestasi gemilang saat memperkuat Los Angeles Lakers. Abdul-Jabbar dikenang sebagai pencetak skor terbanyak sepanjang masa dalam NBA dengan perolehan poin 38.387. Hingga kini, rekor tersebut belum dilampaui oleh siapapun.

Ada lagi, Abdul-Jabbar juga ternama dengan trademark-nya berupa 'skyhook'. Hingga masa pensiun, ia terhitung telah berkecimpung di dunia basket selama 20 tahun, yakni pada 1969-1989. Abdul-Jabbar mendapatkan penghormatan dari mantan klubnya atas kontribusi positif yang diberikannya. Nomor punggung 33 yang ia pakai, dipensiunkan oleh Bucks dan Lakers.

Kehebatannya di lapangan dibarengi dengan perilaku terpujinya di luar lapangan. Selain aktif di dunia basket sebagai pemain dan pelatih, Abdul-Jabbar juga seorang aktivis. Ia mengampanyekan perihal riset kanker. Pada Desember 2008, dia dinyatakan mengidap penyakit sejenis leukimia. Atas perjuangannya itu, ia dapat penghargaan dari Presiden Amerika Serikat kala itu, Barack Obama.

Tak hanya itu, Abdul_Jabbar memiliki bakat menulis. Ia sudah menulis sedikitnya tujuh buku yang seluruhnya merupakan best seller. Bagi kamu yang sedang mencari sumber inspirasi, sosok satu ini layak masuk daftarmu.

Berikut ini kata-kata inspiratif dari Kareem Abdul-Jabbar yang bisa membuatmu terinspirasi untuk mengikuti jejaknya, yakni meraih prestasi super, apa pun bidang yang kamu tekuni, seperti dinukil dari Brainy Quote, Rabu (15/7/2020).

1 dari 6 halaman

Kata-kata Inspiratif Kareem Abdul-Jabbar

1. "Saya tetap seorang anak bagi orang tua saya, saya tetap saya, tetapi saya membuat pilihan. Saya berevolusi menjadi Kareem Abdul-Jabbar. Saya pikir itu ada hubungannya dengan evolusi."

2. "Pemain hebat bersedia menyerahkan pencapaian pribadi mereka untuk pencapaian kelompok. Itu meningkatkan semua orang."

3. "Engkau harus bisa menguasai dirimu sendiri, membiarkan emosimu berlalu…jangan pernah lupa bahwa engkau bermain dengan jiwamu, sama halnya engkau bermain dengan tubuhmu."

4. "Saya pikir NBA pasti akan bertahan tanpa Michael Jordan."

5. "Kanker adalah hal yang menakutkan dan Anda harus menghadapinya dengan serius."

6. "Saya pikir ras telah menjadi beban bagi orang kulit hitam Amerika. Menjadi Muslim juga menjadi tantangan karena begitu banyak orang yang tidak mengerti Islam."

2 dari 6 halaman

Kata-kata Inspiratif Kareem Abdul-Jabbar

7. "Prestasi terbesar saya adalah melakukan peralihan dari atlet ke penulis."

8. "Sebagai orang tua, saya memiliki pekerjaan sebagai anutan bagi anak-anak saya, dan dengan perluasan, kepada kaum muda lainnya."

9. "Saya tidak benar-benar mencari perhatian. Saya hanya ingin bermain dengan baik dan pulang."

10. "Saya harus mengatakan bahwa saya memiliki pendidikan musik yang luar biasa karena ayah saya."

11. "Aku melihat Islam sebagai jalan yang benar untuk hidup, dan aku memilih untuk mencoba hidup dengan cara itu."

12. "Saat yang paling tidak terlupakan dalam hidupku terjadi di tahun 1985, ketika kami mengalahkan Boston Celtics."

3 dari 6 halaman

Kata-kata Inspiratif Kareem Abdul-Jabbar

13. "Di atletik, selalu ada kesanggupan untuk berbuat curang ketika engkau terlihat tidak sedang berbuat curang. Aku pikir itu hanyalah sifat dasar manusia."

14. "Aku menikmati melihat tempat yang baru."

15. "Saya merasa bahwa sejumlah orang mungkin mempertanyakan kesetiaan saya, tetapi saya terus menjadi orang Amerika yang patriotik."

16. "Saya berharap lebih banyak orang dari China dan Asia berakhir di NBA."

17. "Engkau tidak akan menang jika engkau tidak bermain sebagai satu kesatuan."

18. "Saya memilih Islam bukan pernyataan politik; itu adalah pernyataan spiritual."

4 dari 6 halaman

Kata-kata Inspiratif Kareem Abdul-Jabbar

19. "Aku memberitahu anak–anakku untuk meraih mimpinya di olahraga basket, namun aku juga mengatakan kepada mereka untuk tidak menjadikannya sebagai satu–satunya impian."

20. "Aku berpendapat bahwa baik dan luar biasa hanya dipisahkan oleh kerelaan untuk berkorban."

21. "Setelah latihan, saya harus kembali ke asrama dan tidur siang."

22. "Permainan, pada dasarnya tidak berubah sejak saya mengakhiri karier saya."

23. "Lima orang yang bekerja bersama di lapangan bisa mendapatkan lebih dari lima talenta dibandingkan yang datang sebagai seorang individu."

24. "Pikiran Anda adalah yang membuat segala sesuatunya bekerja."

5 dari 6 halaman

Kata-kata Inspiratif Kareem Abdul-Jabbar

25. "Ada banyak pemain muda yang tidak cukup tahu tentang sejarah dari sebuah pertandingan dan banyak dari antara mereka yang tidak tahu apa pun tentang pertandingan tersebut, terutama tentang konsep yang utuh berkaitan sportivitas dan kerja tim."

26. "Islam adalah tentang menemukan ruang Anda sendiri."

27. "Wartawan biasanya mengajukan pertanyaan gila yang sama tahun ke tahun dan tahun ke tahun, dari kota ke kota, dan itu akan membuatku gila."

28. "Ketika dokter mengatakan bahwa saya menderita kanker, saya takut."

29. "Banyak pemain mengira basket adalah tentang penampilan individu, padahal sebenarnya itu semua tentang permainan tim."

30. "Saya hanya suka melihat dunia, dan tidak masalah di mana."

Disadur dari: Bolacom (Alfi Yuda, Aning Jati) | Dipublikasi: 15 Juli 2020

6 dari 6 halaman

Video: 5 Kisah Haru Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo yang Tidak Banyak Diketahui Orang

KOMENTAR