BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Deretan Manfaat Kunyit Putih bagi Kesehatan dan Kecantikan

19-11-2019 11:33 | Anindhya Danartikanya

Kunyit baik untuk kesehatan. (c) Bola.com Kunyit baik untuk kesehatan. (c) Bola.com

Bola.net - Meski lebih dikenal luas sebagai bumbu masak, kunyit sejatinya punya manfaat yang lebih luas lagi, terutama untuk kesehatan dan kecantikan. Kunyit yang populer ada dua jenis, yakni kunyit kuning dan kunyit putih.

Kunyit putih kerap dijadikan bahan dalam bubuk kari dan lain sebagainya. Menurut Ahli Nutrisi dari Delhi, Lokendra Tomar, kunyit putih memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba. Kandungan tersebut baik bagi kesehatan dan mampu mencegah penyakit.

Tak kalah dengan kunyit kuning, kunyit putih juga mengandung curcumin yang dapat memblokir enzim yang mendorong pertumbuhan kanker di kepala dan leher. Pusat Medis Universitas Maryland juga meneliti sifat anti-oksidan dalam kunyit mampu memerangi radikal bebas, sehingga terhindar dari berbagai penyakit kronis.

Berikut adalah manfaat kunyit putih bagi kesehatan dan kecantikan yang jarang diketahui, seperti dirangkum dari NDTV.

1 dari 5 halaman

Meredakan Sakit Haid

Sebagian besar wanita tentu pernah mengalami keluhan nyeri saat mengalami masa haid. Tak perlu khawatir, Anda bisa meredakan sakit haid dengan mengonsumsi kunyit putih.

Kunyit putih memiliki sifat pereda nyeri alami yang bekerja dengan melemaskan kontraksi rahim penyebab kerut kram saat haid. Kandungan dalam kunyit putih juga dapat mencegah peradangan saat mengalami kram perut.

2 dari 5 halaman

Anti-Kanker dan Anti-Racun

Kunyit putih dipercaya dapat membantu mengobati karena lantaran mengandung senyawa ethyl pmethocyvinnatate, kurkuminoid, bisdemothxycurcumin, demothxycurcumin, dan flavonoid. Semua kandungan tersebut dipercaya mampu membunuh sel kanker.

Selain bersifat anti kanker, kunyit putih juga berperan sebagai antitoin atau antiracun. Manfaat ini telah terbukti dengan sebuah penelitian yang menggunakan kunyit putih kepada seseorang yang terkena gigitan ular berbisa. Kunyit putih mampu menangkal bisa ular dengan menghambat kerja racun.

3 dari 5 halaman

Mengobati Asma

Kunyit putih sangat dianjurkan untuk pasien pengidap asma. Kunyit putih dapat membersihkan dan melancarkan saluran pernapasan yang sesak.

Caranya, Anda bisa mengonsumsi kunyit putih bubuk dan dicampur dengan satu gelas air hangat. Kedua bahan tersebut dapat membantu mengobati asma, batuk, flu atau pilek. Air hangat akan membantu mengencerkan lendir yang menyumbat saluran penapasan.

4 dari 5 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung

Kunyit putih dipercaya mampu meningkatkan kesehatan jantung. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi kunyit putih secara rutin guna menjaga kesehatan jantung dan terhindar dari serangan jantung hingga penyakit stroke.

Manfaat ini dikarenakan adanya kandungan vitamin seperti potasium dan zat besi dalam kunyit putih. Kandungan tersebut bermanfaat untuk membangun sel darah merah.

Selain itu, kalium dalam kunyit putih juga dapat mengontrol tekanan darah dan denyut nadi. Sehingga Anda akan terhindar dari tekanan darah tinggi.

5 dari 5 halaman

Mempercantik Kulit

Kunyit putih memiliki sifat anti-aging yang dapat membantu menunda munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti flek dan garis halus alias keriput. Kunyit putih juga dapat mengatasi berbagai masalah kulit seperti komedo dan jerawat.

Caranya, Anda bisa menghaluskan kunyit putih dengan sedikit air. Kemudian oleskan pada wajah dan leher. Tunggu sampai kering,kemudian gosok perlahan dengan kain serta air hangat.

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Novie Rachmayanti/Editor: Yus Mei Sawitri/Dipublikasi: 18 November 2019

KOMENTAR

Jadwal Liverpool Vs Flamengo di Final Piala Dunia Antarklub 2019