BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Deretan Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Tubuh

15-04-2020 16:10 | Anindhya Danartikanya

Daun mint (c) Pixabay/congerdesign Daun mint (c) Pixabay/congerdesign

Bola.net - Jika mendengar daun mint, yang pertama terlintas di pikiran mungkin adalah kesegaran. Daun mint dapat ditemukan dalam kandungan pasta gigi atau permen karet untuk menyegarkan mulut. Daun mint dikenal sebagai bahan ramuan serbaguna, yang dapat dijadikan berbagai macam obat dan penawar.

Daun mint ini memiliki nama lain yaitu mentha, dan telah dimanfaatkan sejak ratusan tahun silam. Orang India biasanya menggunakan daun mint untuk berbagai macam ramuan, khususnya untuk menyegarkan mulut dan mengatasi perut yang sedang sakit. Hal tersebut terjadi karena efek dingin yang dikeluarkan daun mint.

Daun mint kaya akan nutrisi seperti vitamin C, A, kalium, dan fosfor, menjadikannya sering dimasukkan ke ramuan obat-obatan untuk mengobati dan mencegah berbagai macam penyakit. Selain sebagai ramuan dan obat-obatan, daun mint sering dijadikan sebagai bahan minuman atau makanan.

Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi daun mint, beberapa di antaranya membantu meredakan flu, mengatasi asma, dan membantu menurunkan berat badan.

Berikut rangkuman dari beberapa sumber, tujuh manfaat daun mint untuk kesehatan tubuh.

1 dari 8 halaman

Meredakan Masalah Pencernaan

Mint dapat membantu segala masalah pencernaan. Hal tersebut terjadi karena daun mint mengandung menthol yang merupakan minyak aktif dan memiliki sifat antiseptik serta antibakteri.

Sifat-sifat yang terkandung dalam menthol tersebut dapat meredakan beberapa masalah pada pencernaan dan menenangkan kondisi perut sehingga lebih rileks.

2 dari 8 halaman

Mengobati Asma

Mengonsumsi daun mint juga sering kali dikaitkan dengan fungsinya untuk menenangkan pasien asma. Dalam daun mint kaya kandungan antiinflamsi, dan hal tersebut dapat memberikan efek lemas yang baik, pada orang yang sedang mengalami sesak napas.

Namun, yang perlu diingat adalah, jangan menggunakan daun mint untuk meredakan asma atau sesak napas secara berlebihan, karena hal tersebut justru dapat merusak saluran pernapasan.

3 dari 8 halaman

Merawat dan Menyegarkan Mulut

Anda dapat mengunyah daun mint atau tablet mint untuk menghilangkan bau mulut dan membuat mulut menjadi lebih segar. Hal tersebut juga dapat membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Daun mint dapat menghilangkan bakteri yang ada dalam mulut dan membersihkan endapan plak yang ada pada gigi. Itulah mengapa banyak pasta gigi yang menggunakan daun mint sebagai bahan utama pembuatannya.

4 dari 8 halaman

Meredakan Pilek

Mungkin Anda merasa terganggu dengan pilek dan hidung yang tersumbat, coba manfaatkan daun mint untuk meredakannya.

Hal ini menjadi satu di antara alasan mengapa obat pereda flu dan inhaler terbuat dari daun mint. Daun mint juga dikenal sebagai tanaman herbal yang dapat mengurangi hidung tersumbat, sakit tenggorokan, dan melegakan paru-paru.

Selain membantu beberapa masalah yang ada pada saluran pernapasan, sifat antiinflamasi pada daun mint dapat meredakan iritasi yang disebabkan oleh batuk kronis.

5 dari 8 halaman

Meningkatkan Fungsi Otak

Menghirup parfum ruangan atau minyak esensial berbau mint dan mengunyah tablet mint terkadang dapat membuat orang menjadi lebih rileks dan tenang, selain itu juga dapat memberikan efek yang baik untuk kesehatan otak.

Pada beberapa penelitian yang dilakukan pada orang yang menghirup minyak beraroma mint, setelah menghirupnya, mereka memiliki peningkatan daya ingat yang cukup signifikan. Selain itu, aroma mint dapat menghilangkan kecemasan dan kelelahan.

6 dari 8 halaman

Meredakan Sakit Kepala

Jika sedang mengalami sakit kepala dan ingin segera menyembuhkannya, Anda dapat mencari minyak yang beraroma mint dan mengoleskannya pada kepala.

Balsem atau minyak dengan bahan dasar mint yang digosokkan pada hidung dan dahi, cukup efektif dalam meredakan sakit kepala dan mual.

7 dari 8 halaman

Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain dapat meredakan beberapa jenis penyakit, daun mint juga sangat berguna bagi Anda yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan.

Mint dapat merangsang enzim pencernaan, yang membantu tubuh dalam penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Penyerapan nutrisi yang baik dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, sementara sistem metabolisme yang baik dapat memengaruhi proses penurunan berat badan.

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Rheza Aditya Gradianto/Editor: Aning Jati/Dipublikasi: 15 April 2020

8 dari 8 halaman

Video: 4 Tips Menjaga Kebersihan Lingkungan Di Dalam Rumah

KOMENTAR