Deretan Bahan Makanan yang Baik untuk Pengidap Diabetes

Anindhya Danartikanya | 3 Mei 2020, 18:30
Sayur-mayur (c) Shutterstock
Sayur-mayur (c) Shutterstock

Bola.net - Diabetes merupakan suatu kondisi kadar gula dalam darah cukup tinggi. Imbasnya, para pengidap diabetes tidak bisa sembarangan mengonsumsi makanan. Kadar gula darah yang tinggi biasanya disebabkan makanan yang dikonsumsi terlalu banyak mengandung gula, seperti minuman bersoda dan kue.

Saat kadar gula dalam darah mengalami lonjakan yang signifikan, Anda akan mengalami beberapa gejala seperti sakit kepala, badan lemas, dan pandangan kabur. Pola hidup sehat, dengan mengonsumsi berbagai macam makanan sehat dan berolahraga secara rutin dapat mengurangi risiko seseorang terkena diabetes.

Memilih makanan untuk para pengidap diabetes sangat penting dilakukan. Jika terlalu banyak asupan makanan mengandung gula, akan memperparah kondisi pengidap diabetes. Makanan yang dikonsumsi sehari-hari, juga dapat membantu dalam usaha untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

Ada beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi pengidap diabetes, beberapa di antaranya brokoli dan ikan berlemak. Berikut rangkuman dari Viral Ventura, lima makanan yang baik dikonsumsi penderita diabetes.

1 dari 6 halaman

Brokoli

Brokoli adalah sayuran silangan dan mengandung sulforaphane, yang memiliki sifat antiinflamasi yang cukup kuat. Kandungan tersebut membantu mengontrol kadar gula dalam darah dan membantu menjaga pembuluh darah agar tetap sehat dan berfungsi dengan semestinya.

Selain itu sifat antiinflamasi yang terdapat pada brokoli dapat melindungi tubuh dari kerusakan kardiovaskular, yang biasanya merupakan akibat dari penyakit diabetes yang diderita seseorang.

Sulforaphane juga membantu mendetoksifikasi atau membersihkan tubuh dari berbagai senyawa berbahaya dan mengubahnya menjadi bahan kimia yang tidak membahayakan tubuh.

Untuk mendapatkan manfaatnya dengan maksimal, konsumsilah brokoli secara rutin, dan carilah sayuran brokoli yang masih segar dan berwarna hijau.

2 dari 6 halaman

Ikan

Ikan adalah satu di antara banyak makanan super yang memiliki kandungan tinggi nutrisi dan sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Ikan mengandung cukup banyak protein dan lemak yang terdapat pada ikan mengandung sifat antioksidan, serta dapat mengurangi peradangan dalam tubuh.

Mengonsumsi ikan secara rutin dapat menjaga berat badan Anda dengan stabil, dan mencegah berbagai macam penyakit berbahaya seperti jantung, stroke dan juga diabetes.

Carilah ikan dalam keadaan segar, Anda dapat memasaknya dengan cara dikukus, goreng atau dibakar, namun sebisa mungkin tidak menambahkan msg dalam masakan ikan Anda.

3 dari 6 halaman

Bluberi

Blueberi merupakan satu di antara jenis buah yang berasal dari keluarga beri, buah beri kebanyakan mengandung air yang cukup tinggi dan berbagai nutrisi lainnya.

Bluberi khususnya, mengandung sifat antioksidan dan kaya akan serat yang dapat mengontrol kadar gula dalam darah dan juga kolesterol dalam tubuh Anda. Selain itu bluberi juga baik digunakan menjaga kesehatan otak.

Untuk mendapatkan segala manfaatnya, makanlah segenggam bluberi saat sebelum mengonsumsi makanan berat, atau Anda dapat mencampurkannya dengan yogurt tawar.

4 dari 6 halaman

Oat

Mengonsumsi oat yang terbuat dari gandum terus menerus mungkin terasa sangat membosankan. Namun, gandum dapat mengurangi risiko munculnya diabetes tipe 2.

Oatmeal mengandung kadar magnesium yang tinggi, yang dapat membantu tubuh memanfaatkan glukosa dan juga merangsang kinerja insulin dengan baik, yang pada akhirnya dapat mengontrol kadar gula dalam darah.

Selain itu oat juga memiliki banyak kandungan serat dan antioksidan, yang semuanya dapat menjaga tubuh bekerja dengan baik. Konsumsilah oat saat sarapan, agar mendapatkan berbagai manfaatnya untuk menjalani kegiatan Anda seharian.

5 dari 6 halaman

Cokelat Hitam

Cokelat hitam kaya akan kandungan flavonoid dan antioksidan. Ini mengurangi resistensi insulin dan membantu mengatur kadar gula darah, yang pada akhirnya dapat mengurangi risiko diabetes menjadi lebih parah.

Selain itu cokelat juga dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung atau stroke, dan bahkan cokelat juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah.

Untuk mendapatkan manfaat cokelat hitam secara maksimal, makanlah satu batang atau sekitar 50 gram cokelat hitam yang tidak memiliki campuran pemanis buatan.

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Rheza Aditya Gradianto/Editor: Yus Mei Sawitri/Dipublikasi: 1 Mei 2020

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR