BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Demi Terhindar dari Virus Corona, Lakukan 7 Tips Ini Saat Membeli Makanan Secara Online

31-03-2020 20:33 | Serafin Unus Pasi

Ilustrasi memesan makanan secara online (c) Bola.com Ilustrasi memesan makanan secara online (c) Bola.com

Bola.net - Penyebaran virus corona yang semakin merajalela di seluruh dunia dan juga di Tanah Air. Di Indonesia, per tanggal 31 Maret 2020, tercatat ada 1.528 Kasus, di mana 136 meninggal dan 81 orang di antaranya dinyatakan sembuh.

Penyebaran secara masif virus ini membuat pemerintah Indonesia mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk melakukan physical distancing.

Di sisi lain, physial distancing membuat interaksi sosial masyarakat menjadi berkurang. Pasalnya, seseorang akan berada di dalam rumah dan hanya keluar jika dalam kondisi mendesak.

Selama menjalani physical distancing, masyarakat perlu memasok bahan makanan. Bagi mereka yang tak sempat memasok makanan, tidak memiliki keahlian dalam memasak, tak memiliki cukup waktu, hingga agar tak sekadar bosan, memesan makanan secara online bisa menjadi solusi.

Mereka bisa memercayakan ketersediaan asupan tetap terpenuhi tanpa perlu repot-repot memasak. Namun, Anda tetap perlu waspada dalam situasi pandemi virus corona seperti sekarang.

Anda bisa mulai dengan memperhatikan media pengantar makanan ke rumah. Pasalnya, virus corona bisa bertahan hidup pada benda seperti tembaga (4 jam), karton (24 jam), stainless steel (48 jam), dan plastik (72 jam).

Untuk itu, perlu tindakan pencegahan agar makanan yang dipesan secara online tetap sehat dan tak terpapar virus corona dari luar. Berikut beberapa tips yang dirangkum dari Real Simple, Selasa (31/3/2020).

1 dari 1 halaman

Tips Sehat Membeli Makanan Online saat Pandemi Virus Corona

1. Hindari membeli makanan secara online jika Anda atau keluarga serumah ada yang sakit, menunjukkan gejala, lansia, atau berisiko tertular COVID-19. Lebih sehat jika mengolah makanan sendiri.

2. Hindari menyentuh permukaan seperti gagang pintu saat menjemput pesanan.

Cuci tangan Anda atau gunakan pembersih tangan (kadar alkohol minimal 60 persen) setelah penukaran barang, dan hindari menyentuh wajah Anda sebelum membersihkan tangan.

3. Bila memungkinkan pilih opsi tinggalkan makanan di pintu atau buat kotak khusus di luar agar kurir bisa meletakkan di sana.

4. Pindahkan makanan ke piring atau wadah lain.

5. Segera buang kotak makanan ke tempat sampah.

6. Bersihkan permukaan rumah yang bersentuhan dengan kantong pengiriman.

7. Cuci tangan Anda dengan benar sebelum dan sesudah makan.

Sumber: Bola.com/Penulis: Hanif Sri Yulianto, Editor: Aning Jati, Published 31 Maret 2020

KOMENTAR