BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Bola Beli: Sepatu Futsal Wajib Dirawat Agar Mengilap dan Awet di Lapangan

21-01-2021 06:15 | Dimas Ardi Prasetya

Sepatu futsal Adidas, disebut sebagai pilihan terbaik, tapi tetap harus teliti sebelum membeli. (c) Dok Bola.com Sepatu futsal Adidas, disebut sebagai pilihan terbaik, tapi tetap harus teliti sebelum membeli. (c) Dok Bola.com

Bola.net - Mirip dengan sepak bola, futsal termasuk salah satu kegiatan yang memiliki banyak peminat. Olahraga ini memiliki daya tarik tersendiri karena hanya membutuhkan sedikit pemain namun tetap membutuhkan skill yang matang.

Dan untuk menunjang skill tersebut, tentunya seorang pemain membutuhkan sepatu. Tapi berbeda dengan sepak bola, pemain futsal membutuhkan sepatu yang berbeda.

Sepatu futsal memiliki material yang berbeda dengan sepatu sepak bola. Bahkan sepatu tersebut tak memerlukan pul.

Meski demikian, sama halnya dengan sepatu sepak bola, sepatu futsal pun membutuhkan sebuah perawatan yang tepat. Jadi sepatu tersebut bisa awet, mampu digunakan untuk waktu yang cukup panjang, dan tetap menarik ketika digunakan beraksi di lapangan.

Bagi Anda pecinta futsal yang memiliki sepatu kesayangan, seperti Nike Lunargato, Adidas Spezial, Puma Invicto, atau merek dan jenis lain, perawatan yang tepat tentu bisa membantu Anda menjaga kondisi sepatu tersebut. Berikut cara merawat sepatu futsal yang bisa kalian lakukan.

1 dari 2 halaman

Pastikan Sepatu Selalu Bersih Meski Tanpa Dicuci

Sepatu futsal yang bersih tentu akan membuat penggunanya merasa sangat senang dan percaya diri menggunakannya. Selain itu juga akan enak untuk dilihat bahkan oleh orang lain sekali pun. Namun satu hal yang pasti, jangan mencuci sepatu futsal.

Sepatu futsal hanya perlu dibersihkan dengan menggunakan kain basah yang kemudian dikeringkan dengan kain lainnya. Terlalu lama atau sering terkena air membuat sepatu futsal akan mudah rusak.

Jadi ada baiknya hanya membersihkannya dengan kain di permukaan sepatu dan menyikatnya di bagian yang sulit dan bisa menyimpan kotoran yang terselip dengan menggunakan sikat gigi.

Satu yang tidak kalah penting, jangan ragu menggunakan pengharum. Dengan demikian sepatu selalu dalam kondisi yang fresh ketika digunakan beraksi di lapangan.

2 dari 2 halaman

Simpan Dengan Tepat

Masih ada hal lain yang penting selain membersihkan sepatu futsal. Hal tersebut yakni menyimpan sepatu tersebut cara yang tepat. Pertama, ada baiknya tidak menyimpan sepatu di tempat yang terlalu panas atau bahkan terpapar langsung oleh sinar matahari.

Akan tetapi, satu yang tidak kalah penting, jangan pula menyimpannya di tempat yang lembab. Simpan sepatu futsal di tempat yang kering. Jangan lupa melonggarkan tali sepatunya agar sepatu tetap fleksibel.

Selain itu, sebaiknya sepatu disimpan kembali ke dalam kotaknya. Dengan demikian sepatu futsal bisa terlindung dari kotoran seperti debu mau pun ancaman dari hewan pengerat.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Benediktus Gerenda Pradigdo
Published: 19 Januari 2021

KOMENTAR