BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

8 Manfaat Brokoli untuk Kecantikan: Salah Satunya Bisa Jaga Kesehatan Kulit

13-10-2020 04:45 | Richard Andreas

Brokoli (c) iStockPhoto Brokoli (c) iStockPhoto

Bola.net - Brokoli bisa jadi salah satu pilihan sayur terbaik dengan banyak manfaat. Meski jarang disukai, jenis sayur yang masuk kelompok kubis ini memiliki kaya nutrisi dan zat serta sangat bermanfaat bagi tubuh.

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, brokoli juga punya segudang manfaat untuk kecantikan.

Brokoli merupakan sumber berbagai vitamin dan mineral penting yang diperlukan untuk kecantikan kulit, rambut, dan kuku.

Brokoli kaya antioksidan, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Selain itu, asam lemak Omega 3, kalsium, dan folat di dalamnya sangat cocok untuk merawat kecantikan kulit.

Anda dapat mengkonsumsi brokoli secara rutin yang untuk mendapatkan manfaatnya. Brokoli enak dijadikan bahan pangan dan minuman segar.

Penasaran khasiat brokoli untuk kecantikan? Berikut kumpulan manfaat brokoli bagi kecantikan, dikutip dari Goodhealthall:

1 dari 2 halaman

Manfaat Brokoli untuk Kecantikan

1. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat pertama brokoli bagi kecantikan adalah dapat menjaga kesehatan kulit. Brokoli memiliki kandungan glucoraphanin yang dapat membantu memperbaiki kulit rusak yang disebabkan sinar matahari atau proses penuaan.

Selain itu, beragam vitamin yang ada di dalamnya bagus untuk mempercepat proses regenerasi sel kulit mati dan dapat mencerahkan kulit Anda.

2. Merangsang pertumbuhan rambut

Brokoli kaya nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, kalsium, zat besi, protein, dan seng. Mengonsumsi brokoli baik untuk menutrisi kulit kepala dan batang rambut.

Semua kandungan ini bisa membantu merangsang pertumbuhan dan memperkuat rambut. Konsumsilah brokoli kukus atau tumis secara teratur jika ingin memiliki rambut yang sehat.

3. Mengatasi jerawat

Jika Anda memiliki masalah kulit berjerawat, brokoli bisa menjadi solusi tepat. Mengonsumsi brokoli mampu mencegah dan mengobati jerawat.

Brokoli memiliki kandungan seng yang berperan untuk melawan jerawat. Brokoli adalah sumber seng yang sangat baik.

Rutin mengonsumsi brokoli akan membuat tubuh Anda secara alami melawan jerawat dan menjadikan kulit lebih cantik secara alami.

4. Membantu memperlambat penuaan

Brokoli memiliki kandungan antiaging, seperti nicotinamide mononucleotide. Kandungan ini berperan untuk menghilangkan beberapa tanda yang terkait dengan penuaan.

Selain itu, mengonsumsi secangkir brokoli cincang mampu memenuhi 135 persen kebutuhan harian tubuh vitamin C. Vitamin C berguna untuk merangsang produksi kolagen, menjadikan kulit kencang, lentur dam tampak muda.

Brokoli juga kerap dianggap lebih baik daripada tabir surya untuk melindungi kulit dari kanker kulit.

Jika Anda ingin mempunyai kulit awet muda, mengonsumsi brokoli bisa menjadi alternatif.

2 dari 2 halaman

5. Mengatasi rambut rontok

Brokoli bermanfaat tidak hanya untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, akan tetapi dapat membuat rambut Anda kuat, berkilau, dan mengatasi rambut rontok. Kandungan antioksidan yang terkandung dapat melindungi folikel rambut dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

Di samping itu, brokoli mampu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dan dengan begitu, meningkatkan pertumbuhan rambut.

Kulit kepala yang kurang sehat rentan terhadap masalah, seperti rambut rontok dan rambut bercabang.

6. Membuat kuku lebih kuat

Brokoli juga bagus untuk kuku. Tak hanya mampu memperkuat kuku, mengonsumsi brokoli secara teratur dapat membantu tumbuh lebih panjang dan mencegah kuku mudah patah.

7. Melindungi kulit dari paparan sinar UV

Manfaat selanjutnya dari brokoli adalah dapat melindungi kulit dari pengaruh buruk paparan sinar ultra violet. Manfaat luar biasa dari brokoli ini terutama karena adanya antioksidan seperti vitamin C di dalamnya.

Kandungan ini membentuk lapisan pelindung yang melindungi kulit Anda dari sinar UV matahari yang berbahaya.

8. Detoksifikasi kulit

Mengonsumsi brokoli sangat bermanfaat untuk detoksifikasi kulit. Detoksifikasi kulit adalah proses membuang racun dan kotoran lain dari pori-pori kulit dan menjaga kesehatan kulit Anda.

Selain bermanfaat membantu detoksifikasi kulit, brokoli juga menjaga kulit Anda tetap lembut, kenyal, dan sehat. Ini juga bagus untuk mengurangi risiko masalah kulit seperti jerawat dan membantu meningkatkan kesehatan kulit.


Sumber: Goodhealthall

Disadur dari: Bola.com (Alfi Yuda/Aning Jati), 12 Oktober 2020

KOMENTAR