BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Transformasi Federico Bernardeschi di Bawah Pirlo: Dari Winger Menjadi Bek Sayap

03-03-2021 09:35 | Asad Arifin

Pemain Juventus, Federico Bernardeschi. (c) AP Photo Pemain Juventus, Federico Bernardeschi. (c) AP Photo

Bola.net - Federico Bernardeschi memainkan peran penting saat Juventus menang atas Spezia. Bukan hanya soal kontribusi gol, tapi juga peran berbeda yang dimainkan sang pemain.

Juventus berjumpa Spezia pada laga di Allianz Stadium, Rabu (3/3/2021) dini hari WIB. Pada duel pekan ke-25 Serie A itu, Juventus memetik kemenangan dengan skor 3-0.

Juventus kembali menang usai sempat meraih hasil buruk akhir pekan lalu, imbang lawan Hellas Verona. Juventus tetap berada di posisi ketiga klasemen Serie A dengan raihan 49 poin.

1 dari 2 halaman

Peran Penting Bernardeschi

Bernardeschi memang tidak ikut mencatatkan namanya di papan skor. Dia tidak mencetak gol ke gawang Spezia. Tiga gol Juventus dicetak Alvaro Morata, Federico Chiesa, dan Cristiano Ronaldo.

Namun, Bernardeschi terlibat pada semua proses gol tersebut. Pemain 27 tahun memberi assist pada gol Morata dan Ronaldo. Dia juga yang bersusah payah memberi umpan untuk Chiesa yang kemudian berbuah gol.

Bernardeschi sendiri tidak tampil sejak menit awal. Bersama Alvaro Morata, dia dimainkan pada menit ke-61. Bernardeschi menggantikan peran Gianluca Fabrotta yang kurang efektif di posisi bek sayap kanan.

2 dari 2 halaman

Transformasi Peran Bernardeschi

Bernardeschi bermain untuk peran bek sayap di laga melawan Spezia. Peran yang mungkin tidak lazim sebab dia dikenal sebagai winger handal sejak mencuat bersama Fiorentina beberapa musim yang lalu.

Andrea Pirlo, pelatih Juventus, punya alasan tersendiri mengapa memainkan Bernardeschi sebagai bek sayap. Pemain asal Italia itu dinilai punya kemampuan satu lawan satu yang bagus dan bisa memberi opsi di lini serang.

"Bernardeschi punya apa yang diperlukan untuk menjadi full-back. Dia punya stamina yang baik, bisa melakukan umpan silang dan telah menjalani peran ini beberapa kali," kata Pirlo pada Sky Sports.

"Namun, jelas bahwa Bernardeschi perlu meningkatkan dalam hal bertahan," kata Pirlo.

Bernardeschi memberi banyak opsi bagi Andrea Pirlo. Bukan hanya bisa menjadi opsi di posisi bek sayap dan winger, Bernardeschi juga bisa bermain di kanan maupun kiri.

Sumber: Sky Sports

KOMENTAR