BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Transfer Miralem Pjanic ke Barcelona Sukses, AS Roma Dapat 'Recehan'

07-07-2020 10:43 | Yaumil Azis

Miralem Pjanic, Juventus (c) AP Photo Miralem Pjanic, Juventus (c) AP Photo

Bola.net - Bukan cuma Juventus dan Barcelona yang diuntungkan dalam pertukaran Miralem Pjanic dan Arthur Melo. Raksasa Serie A lainnya, AS Roma, juga mendapatkan persenan.

Transaksi antara Juventus dan Barcelona ini sebenarnya sudah tercium sejak beberapa bulan lalu. Namun tak kunjung rampung karena Arthur Melo bersikeras untuk bertahan di Barcelona.

Setelah diyakinkan, barulah proses pertukaran bisa terjadi. Kedua tim sama-sama mengumumkan perampungan transfer Pjanic dan Arthur pada akhir bulan Juni lalu.

Selisih harga Pjanic dan Arthur, di mana Arthur punya harga yang lebih tinggi, membuat Barcelona mendapat untung 17 juta euro. Juventus pun diuntungkan karena mendapatkan pemain yang lebih muda dari Pjanic.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

AS Roma Kecipratan Untung

Ternyata, bukan cuma Juventus dan Barcelona saja yang diuntungkan oleh pertukaran ini. Klub Pjanic sebelum ke Juventus, AS Roma, juga mendapatkan persenan dari transaksi ini.

Calcio e Finanza dan CIES Football Observatory menghitung keuntungan yang didapatkan oleh AS Roma. Hasilnya muncul angka 600 ribu euro.

Seperti yang tercantum dalam regulasi FIFA, AS Roma berhak mendapatkan 'pembayaran solidaritas'. Sebab klub berjuluk Giallorossi tersebut telah membantu perkembangan sang pemain sampai tahun 2016, di mana dirinya pindah ke Juventus.

Sebanyak tiga juta euro dialokasikan untuk 'pembayaran solidaritas' ini - lima persen dari total transfer. Dengan rincian penerima: AS Roma, Olympique Lyon (450 ribu euro), Metz (1,05 juta euro) dan FC Schifflange sebagai klub pertama Pjanic (900 ribu euro).

2 dari 2 halaman

Belum 'Bertukar Jersey'

Meskipun proses transfer rampung, namun kedua pemain belum boleh bergabung dengan klub barunya. Sebab dalam perjanjian antara kedua tim, diketahui bahwa Pjanic dan Arthur baru bisa pindah setelah musim 2019/20 selesai.

Dalam kasus ini, Pjanic dan Arthur bisa saling bertukar seragam setelah Liga Champions 2019/20 usai. Menurut jadwal, kompetisi paling bergengsi di Eropa tersebut baru dimulai kembali pada bulan Agustus mendatang.

Juventus berada di babak 16 besar dan sedang tertinggal dari sang lawan, Olympique Lyon, dengan agregat 0-1. Sedangkan Barcelona masih imbang dengan Napoli 1-1. Leg kedua dari kedua duel ini belum bisa digelar karena pandemi virus Corona yang melanda beberapa negara Eropa.

(Football Italia)

KOMENTAR