BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

Tekor! Juventus Keluar Uang Sampai Rp692 Miliar Lantaran Memecat Allegri dan Sarri

06-05-2021 03:03 | Yaumil Azis

Massimiliano Allegri (c) AP Photo Massimiliano Allegri (c) AP Photo

Bola.net - Terhitung sejak tahun 2019, Juventus memutuskan berpisah dengan dua pelatih yakni Massimiliano Allegri dan Maurizio Sarri. Pemecatan kedua sosok tersebut membuat Bianconeri merugi hingga 40 juta euro (setara Rp692 miliar).

Allegri menjadi 'korban' pertama Juventus. Ia dipecat setelah mempersembahkan lima Scudetto secara berturut-turut dan mencapai babak final Liga Champions sebanyak dua kali. Dan kala itu, Allegri masih punya sisa satu tahun dalam kontraknya.

Tidak lama setelah berpisah dari Allegri, Juventus mengangkat Maurizio Sarri sebagai pelatih berikutnya. Pada era kepelatihan eks nahkoda Chelsea tersebut, Juventus harus membayar sisa gaji Allegri.

Lalu, pada tahun 2020, manajemen klub memecat Sarri setelah Juventus dipastikan tersingkir dari ajang Liga Champions. Dan perlu diketahui kalau kedua belah pihak berpisah saat Sarri masih terikat kontrak hingga bulan Juni 2022.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Menunggu Sarri Melatih Klub Lain

Juventus sebenarnya bisa melepas ikatan dengan Sarri secara sepihak. Akan tetapi, mereka harus membayar sisa gaji sang pelatih dengan penuh secara kontan. Jelas, itu bukan langkah yang bijak di tengah situasi pandemi seperti ini.

Pihak klub sedang menunggu kapan Sarri bakal mengiyakan tawaran dari tim lain. Dengan begitu, mereka bisa berpisah dengan konsen mutual dan Juventus tidak perlu merogoh kocek lagi untuk membayar gaji Sarri.

Beberapa laporan menyebutkan kalau Sarri sedang diminati oleh dua klub papan atas Inggris, Arsenal dan Tottenham. Klub terakhir masih mencari pelatih baru pasca mendepak Jose Mourinho beberapa pekan lalu.

2 dari 2 halaman

Rugi 40 Juta Euro

Keputusan memecat pelatih ini membuat Juventus mengalami kerugian yang cukup besar. Menurut IlBianconero.com, mereka harus merogoh kocek sebesar 40 juta euro dalam kurun waktu tiga tahun terakhir untuk membayar kompetisi pelatih yang dipecat.

Biaya tersebut belum mencakup gaji yang diterima oleh pelatih sekarang, Andrea Pirlo. Pria berumur 41 tahun tersebut terikat kontrak selama dua musim, dan belakangan kerap dirumorkan bakal dipecat Bianconeri.

Pirlo dianggap bertanggung jawab atas kegagalan Bianconeri menjuarai Serie A musim ini. Gelar tersebut telah berada dalam genggaman sang rival, Inter Milan, meskipun musim 2020/21 belum resmi berakhir.

(IlBianconero - via Football Italia)

KOMENTAR