BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Tak Seperti Bintang Lainnya, Cristiano Ronaldo yang Manja Dianggap Rusak Nilai Luhur Juventus

23-10-2021 08:55 | Ari Prayoga

Aksi Cristiano Ronaldo ketika masih di Juventus (c) AP Photo
Aksi Cristiano Ronaldo ketika masih di Juventus (c) AP Photo

Bola.net - Kabar miring soal karier Cristiano Ronaldo di Juventus kembali menggema. Kali ini pemain asal Portugal itu dianggap telah merusak nilai-nilai luhur yang sudah lama ada di skuad Si Nyonya Tua.

Setelah tiga musim, Ronaldo akhirnya memutuskan untuk hengkang dari Juventus dan kembali ke klub lamanya, Manchester United dengan biaya 15 juta euro plus tambahan 8 juta euro.

Dalam tiga musim tersebut, Ronaldo sukses mempersembahkan dua trofi Scudetto, satu Coppa Italia, dan dua Supercoppa Italiana. Namun, gelar juara Liga Champions gagal didapat.

1 dari 4 halaman

Kesan Soal Cristiano Ronaldo di Juventus

Baru-baru ini, media Italia yang berbasis di Turin, Tuttosport mengklaim bahwa Ronaldo telah merusak nilai-nilai luhur Juventus, yakni soal kesetaraan, persatuan, dan kerendahan hati.

Bintang top Juventus sebelumnya seperti Carlos Tevez, Mario Mandzukic, hingga Gonzalo Higuain selalu bersedia untuk ikut membantu pertahanan ketika dibutuhkan. Pun demikian dengan Paul Pogba, Dani Alves, hingga Andrea Pirlo.

Hal ini berbeda dengan Ronaldo yang diklaim tak pernah menjadi bagian kesatuan tim ketika Juventus tengah bertahan dan tak pernah berpartisipasi ketika tim masuk fase defensif.

2 dari 4 halaman

Berpengaruh ke Ruang Ganti

Lebih lanjut, Tuttosport juga mengklaim bahwa kehadiran Ronaldo berpengaruh terhadap tim secara keseluruhan, baik di dalam maupun di luar lapangan.

Satu contoh kecil, Ronaldo akan marah jika ada pemain yang salah umpan. Berbeda dengan bintang-bintang sebelumnya yang justru memberikan semangat untuk rekannya.

Malasnya Ronaldo untuk ikut membantu pertahanan membuat Juventus kurang kompak dan terlihat rapuh di lini belakang.

3 dari 4 halaman

Klaim Bonucci dan Chiellini

Baru-baru ini bek Juventus, Leonardo Bonucci memberi indikasi tak suka dengan keberadaan Ronaldo, dengan menyebut bahwa kini Juventus bisa tampil seperti tim seutuhnya, tak seperti tiga musim terakhir.

Sementara itu, kapten Juventus, Giorgio Chiellini menyebut bahwa Ronaldo harusnya pindah klub lebih cepat karena kini timnya menjadi repot setelah ditinggal sang bomber di akhir jendela transfer.

4 dari 4 halaman

Klasemen Liga Italia

Sumber: Tuttosport

KOMENTAR