BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Starting XI Juventus di Laga Terakhir Andrea Pirlo, di Mana Mereka Sekarang?

12-08-2020 00:42 | Yaumil Azis

Andrea Pirlo (c) Juventus FC Andrea Pirlo (c) Juventus FC

Bola.net - Andrea Pirlo telah mengakhiri karir bermain yang di mana membuatnya mendapatkan julukan 'Il Maestro'. Dan sekarang, ia sedang mempersiapkan diri untuk mengarungi perjalanan barunya sebagai seorang pelatih.

Beberapa hari yang lalu, Juventus membuat kejutan dengan mengangkat Andrea Pirlo sebagai pelatih baru. Tepat beberapa jam setelah manajemen klub memutuskan memecat pelatih sebelumnya, Maurizio Sarri.

Kabar ini mengejutkan, sebab tidak ada yang menyangka bahwa Pirlo akan melatih tim utama Juventus. Apalagi dirinya baru ditunjuk sebagai nahkoda anyar untuk tim Juventus U-23 beberapa hari sebelumnya.

Ini bukan kali pertama Pirlo bergabung dengan klub berjuluk Bianconeri tersebut. Pada tahun 2011, Pirlo juga membuat kejutan dengan memilih Juventus sebagai klub persinggahan berikutnya setelah karirnya dengan AC Milan usai.

Pirlo memperkuat Juventus selama empat musim. Laga final Liga Champions melawan Barcelona, di mana tim yang diasuh Massimiliano Allegri itu kalah dengan skor 1-3, menjadi momen kebersamaan terakhir Pirlo dengan Bianconeri.

Siapa saja yang bermain dalam pertandingan tersebut? Planet Football menyajikan informasi soal starting XI Juventus pada laga resmi terakhir Pirlo di Juventus serta kabar terkini dari para pemainnya.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 10 halaman

GK: Gianluigi Buffon

Gianluigi Buffon saat memecahkan rekor penampilan terbanyak di Serie A pada laga kontra Torino, Sabtu (4/7/2020) (c) AP Photo Gianluigi Buffon saat memecahkan rekor penampilan terbanyak di Serie A pada laga kontra Torino, Sabtu (4/7/2020) (c) AP Photo

Buffon masih menjadi kiper utama Juventus dalam laga terakhir Pirlo. Sekarang dirinya masih memperkuat tim raksasa Italia tersebut kendati sudah berusia 42 tahun, namun tidak lagi sebagai kiper utama.

Pria yang juga pernah memperkuat Parma dan PSG tersebut sekarang lebih banyak menghabiskan waktunya di bangku cadangan. Sementara pos penjaga gawang utama sekarang dipegang oleh Wojciech Szczesny.

Belum lama ini, Buffon memutuskan untuk memperpanjang kontraknya bersama Juventus. Jadi pada musim depan, ia bakalan dilatih oleh sosok yang ikut berjuang bersama dirinya di pentas Liga Champions lima tahun lalu.

2 dari 10 halaman

DF: Stephan Lichtsteiner

Stephan Lichtsteiner (c) AFP Stephan Lichtsteiner (c) AFP

Lichtsteiner didatangkan Juventus dari Lazio pada tahun yang sama dengan kedatangan Pirlo di Turin. Namun karir pria berkebangsaan Swiss tersebut berlangsung lebih lama ketimbang Pirlo.

Ia berhasil membantu Juventus meraup tujuh gelar Serie A berturut-turut. Dan pada tahun 2018, ia memutuskan untuk hijrah ke Inggris dan bergabung dengan salah satu tim raksasa Premier League, Arsenal.

Pada musim 2019/20, Lichtsteiner menghabiskan waktunya memperkuat FC Augsburg. Kontraknya telah berakhir dan dirinya sedang sibuk memperkenalkan kunci termahal di dunia kepada khalayak ramai.

3 dari 10 halaman

DF: Andrea Barzagli

Andrea Barzagli (c) AFP Andrea Barzagli (c) AFP

Barzagli bisa disebut sebagai salah satu legenda Juventus saat ini. Ia memutuskan pensiun pada akhir musim 2018/19 dengan catatan 281 penampilan di semua kompetisi selama tujuh tahun berseragam Bianconeri.

Ia merupakan salah satu dari trio lini pertahanan Juventus yang pernah membuat barisan penyerangan lawan jadi ketakutan. Dan sama seperti Pirlo, Barzagli juga sempat menimba ilmu sebagai pelatih.

Sosok yang juga pernah memperkuat Palermo tersebut sempat bergabung dengan tim kepelatihan Maurizio Sarri di Juventus. Namun ia memutuskan keluar pada bulan Mei 2020 agar bisa berada lebih dekat dengan keluarganya.

4 dari 10 halaman

DF: Leonardo Bonucci

Leonardo Bonucci (c) AP Photo Leonardo Bonucci (c) AP Photo

Bonucci merupakan salah satu pemain yang masih setia memperkuat Juventus sampai sekarang. Namun ada satu momen di mana dirinya harus pergi meninggalkan Allianz Stadium.

Tepatnya pada tahun 2017 lalu, Bonucci membuat kejutan dengan memilih pindah ke AC Milan. Ia hanya bertahan selama satu musim sebelum kemudian kembali menghiasi lini belakang Bianconeri.

Dalam beberapa kesempatan, Bonucci dipercaya untuk mengemban ban kapten Juventus kala Giorgio Chiellini berhalangan tampil. Ia mencatatkan total 47 penampilan pada musim ini.

5 dari 10 halaman

DF: Patrice Evra

Patrice Evra (c) AFP Patrice Evra (c) AFP

Evra hanya bermain selama satu musim bersama Pirlo di Juventus. Secara keseluruhan, ia memperkuat Bianconeri selama tiga musim dan mengantongi total tiga gol dari 82 penampilannya di semua kompetisi.

Setelah menyudahi perjalanannya dengan Juventus, Evra memutuskan kembali ke kampung halamannya dan membela klub Ligue 1, Marseille. Ia memperkuat klub tersebut selama dua musim saja.

Satu musim terakhirnya ia habiskan di kompetisi yang membesarkan namanya, Premier League, bersama West Ham United. Pada tahun 2019, Evra akhirnya memutuskan untuk gantung sepatu.

6 dari 10 halaman

MF: Claudio Marchisio

Claudio Marchisio saat masih memperkuat Juventus. (c) AFP Claudio Marchisio saat masih memperkuat Juventus. (c) AFP

'Il Principino', begitu orang-orang kerap memanggilnya. Karir Marchisio bersama Juventus telah dimulai semenjak dirinya masih berusia tujuh tahun hingga menemui akhir pada penghujung musim 2017/18.

Kontraknya tidak lagi diperpanjang, sehingga Marchisio bebas memilih klub labuhan berikutnya. Pada tahun 2018, ia memutuskan hijrah ke Rusia untuk memperkuat Zenit St. Petersburg.

Karirnya bersama raksasa Rusia tersebut hanya berjalan selama 10 bulan saja. Di tahun 2019, Marchisio memilih gantung sepatu.

7 dari 10 halaman

MF: Paul Pogba

Gelandang Manchester United, Paul Pogba. (c) AP Photo Gelandang Manchester United, Paul Pogba. (c) AP Photo

Paul Pogba menjelma menjadi salah satu pemain terbaik di dunia saat ini. Sayangnya, ia tidak mencapai titik puncak dalam karirnya bersama Juventus. Sekarang ia memperkuat tim raksasa Inggris, Manchester United.

Juventus mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari kepergian pemain asal Prancis tersebut. Ya, Bianconeri mendapatkan uang sebesar 89 juta pounds yang membuatnya sempat menjadi pemain termahal di dunia.

Sekarang Pogba sedang berusaha membantu the Red Devils mendapatkan trofi Liga Europa. Tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer itu baru saja dinyatakan lolos ke babak semi-final usai mengalahkan FC Copenhagen.

MF: Andrea Pirlo

Seperti yang telah dijelaskan, pria berumur 41 tahun tersebut sedang merintis karir kepelatihannya bersama Juventus.

8 dari 10 halaman

MF: Arturo Vidal

Arturo Vidal. (c) AP Photo Arturo Vidal. (c) AP Photo

Seperti yang diketahui bersama, Pirlo bukanlah satu-satunya pemain yang memutuskan hengkang dari Juventus pada tahun 2015. Arturo Vidal juga mengikuti langkahnya setelah Bianconeri mencapai kesepakatan dengan Bayern Munchen.

Ada dugaan kalau Juventus tidak menyukai tingkah laku Vidal. Sehingga mereka merelakan salah satu pemain pentingnya itu meninggalkan Allianz Stadium dengan harga yang tidak begitu besar, yakni 40 juta euro.

Setelah tiga musim memperkuat Die Bavarians, Vidal memutuskan untuk bergabung dengan Barcelona. Saat ini, ia sedang berupaya membantu Blaugrana melaju jauh di pentas Liga Champions.

9 dari 10 halaman

FW: Carlos Tevez

Carlos Tevez (c) AFP Carlos Tevez (c) AFP

Selain Pirlo dan Vidal, Juventus juga ditinggalkan oleh penyerang utamanya, Carlos Tevez. Ia menyudahi karirnya di Eropa dan memutuskan kembali memperkuat tim lamanya, Boca Juniors, sampai sekarang.

Ya, Tevez belum berhenti berkarir di dunia sepak bola meskipun usianya tak lagi muda, 36 tahun. Bahkan pada tahun ini, ia berhasil membantu klub raksasa Argentina tersebut memenangkan trofi Primera Division.

Tevez menjadi salah satu penyerang tertajam Juventus dalam satu dekade terakhir. Ia mengakhiri perjalanannya di Juventus dengan torehan 50 gol dari 95 penampilan di semua kompetisi.

10 dari 10 halaman

FW: Alvaro Morata

Morata merupakan salah satu pemain penting yang turut membantu Juventus mencapai final Liga Champions. Atau lebih tepatnya, Juventus takkan mencapai final tanpa bantuan dari pemain asal Spanyol tersebut.

Ia menjadi sosok penting dalam keberhasilan Juventus menyingkirkan Real Madrid. Morata menjebol gawang tim yang membesarkan namanya tersebut dalam setiap leg dan membuat Bianconeri menang dengan agregat skor 3-2.

Pada tahun 2016, Madrid mengaktifkan klausul buy back sehingga Morata tak kuasa untuk menolak. Karirnya tidak berlangsung manis dan kini ia sedang memperkuat klub ibukota Spanyol lainnya, Atletico Madrid.

(Planet Football)

KOMENTAR