BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Spesial Satu Dekade AS Roma: Selfie Totti hingga Kejatuhan Barcelona

31-12-2019 13:03 | Gia Yuda Pradana

Francesco Totti (c) AS Roma Francesco Totti (c) AS Roma

Bola.net - Satu dekade telah dilalui oleh AS Roma. Banyak cerita indah dan tak terlupakan mengiringi perjalanan mereka.

Ada selebrasi ikonik Il Capitano Francesco Totti di derby ibu kota. Ada momen hebat dari epick comeback kontra Barcelona.

Ada pula rekrutan terbaik, tifo terbaik, hingga gol-gol terbaik dari sepuluh tahun terakhir. Semua itu dipilih lewat voting di situs resmi Giallorossi.

Scroll ke bawah untuk melihat rangkumannya.

1 dari 8 halaman

Rekrutan Terbaik - Edin Dzeko

Edin Dzeko mengalahkan pemain-pemain seperti Mohamed Salah, Alisson Becker, dan Nicolo Zaniolo untuk kategori ini.

Gabung pada musim panas 2015, Dzeko menjadi sosok penting di lini depan Roma. Total 97 gol telah dicetak striker 33 tahun Bosnia itu untuk Roma.

Sekarang, dia menempati peringkat ke-7 dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Roma.

2 dari 8 halaman

Pelatih Terbaik - Claudio Ranieri

Claudio Ranieri mendapatkan 47% suara. Dia mengalahkan Eusebio Di Francesco, Rudi Garcia, dan Luciano Spalletti untuk kategori pelatih terbaik Roma dekade ini.

Ranieri adalah pelatih Roma periode 2009-2011. Pada musim 2009/10, Roma finis peringkat dua di Serie A dan menjadi runner-up Coppa Italia.

Pada 8 Maret 2019, Ranieri kembali ke Roma setelah delapan tahun. Dia membantu menstabilkan Roma dan mengarungi sisa musim 2018/19.

3 dari 8 halaman

Musim Terbaik - 2017/18

Musim ini, di bawah kepelatihan Eusebio Di Francesco, Roma menggebrak hingga semifinal Liga Champions. Mereka juga finis tiga besar di Serie A.

4 dari 8 halaman

Tifo Terbaik - Derby della Capitale 2015

Tifo yang ditampilkan di Derby della Capitale melawan Lazio pada Januari 2015 terpilih sebagai tifo terbaik Roma dekade ini.

Waktu itu, mereka menampilkan gambar 16 kapten legendaris Roma, juga banner bertuliskan 'putra-putra Roma, para kapten, dan para ikon...'

5 dari 8 halaman

Jersey Terbaik

Jersey edisi spesial untuk derby 2016/17 dengan desainnya yang ikonik terpilih sebagai jersey terbaik Roma dekade ini.

6 dari 8 halaman

Gol-gol Terbaik

Dari semua gol yang dicetak Roma dekade ini, ada lima gol yang jadi kandidat gol terbaik. Termasuk di antaranya adalah gol spektakuler Alessandro Florenzi kontra Barcelona.

7 dari 8 halaman

Selebrasi Terbaik - Francesco Totti

Selebrasi ini memang sangat ikonik. Ini layak dinobatkan sebagai selebrasi terbaik dekade ini.

Roma hanya sanggup bermain imbang 2-2 dalam Derby della Capitale melawan Lazio pada Januari 2015. Kapten Francesco Totti memborong dua gol untuk Roma.

Meski gagal menang, Totti menandai laga itu dengan sebuah momen tak terlupakan dalam kariernya yang cemerlang. Usai mencetak gol, dia melakukan selfie di depan Curva Sud.

8 dari 8 halaman

Pertandingan dan Momen Terbaik

AS Roma menjamu Barcelona di Stadio Olimpico pada leg kedua babak perempat final Liga Champions 2017/18, Rabu (11/4/2018).

Kalah 1-4 di Camp Nou pada leg pertama, Roma butuh keajaiban untuk bisa lolos ke semifinal. Roma menciptakannya.

Di Olimpico, dengan dukungan penuh para Romanisti, Edin Dzeko membuka skor ketika laga baru berjalan enam menit. Roma kemudian mendapatkan hadiah penalti ketika Dzeko dijatuhkan Gerard Pique di kotak terlarang pada menit 57. Kapten Daniele De Rossi maju sebagai algojo dan mengubah skor jadi 2-0. Di menit 82, meneruskan crossing Cengiz Under, Kostas Manolas menyarangkan bola dengan sundulan.

Olimpico bergemuruh, dan Roma akhirnya menang tiga gol tanpa balas. Roma lolos dengan keunggulan gol tandang dalam agregat 4-4. Roma bangkit dari kematian untuk menjatuhkan Barcelona.

Ini terpilih sebagai pertandingan terbaik sekaligus momen terbaik Roma dari satu dekade terakhir.

Sumber: AS Roma

Bagaimana Bolaneters, dari itu semua, momen apa yang paling spesial menurut kalian? Suarakan pendapat kalian lewat kolom komentar di bawah ini.

KOMENTAR