BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Serie A akan Tetap Mematuhi Aturan 'Social Distancing' Selama Pertandingan

02-06-2020 10:14 | Yaumil Azis

Aksi Cristiano Ronaldo pada pertandingan Sampdoria vs Juventus.  (c) twitter.com/juventusfc Aksi Cristiano Ronaldo pada pertandingan Sampdoria vs Juventus. (c) twitter.com/juventusfc

Bola.net - Sejumlah protokol keamanan telah disiapkan oleh Serie A menjelang bergulirnya kembali kompetisi pada pertengahan Juni nanti. Protokol ini diharapkan bisa melindungi pemain dari ancaman virus Corona.

Serie A akhirnya akan segera bangkit dari kuburnya. Seperti yang diketahui, kompetisi sepak bola papan atas Italia itu mengalami penundaan sejak bulan Maret lalu akibat wabah virus Corona yang menjadi-jadi di Italia.

Berhubung jumlah kasus dan kematian akibat virus tersebut telah berkurang, Serie A pun bisa dilangsungkan kembali. Sisa pertandingan untuk musim 2019/20 akan dilangsungkan selama satu bulan penuh dan dimulai pada tanggal 20 Juni.

Kendati kasusnya telah berkurang, namun bukan berarti Italia sudah terbebas sepenuhnya dari virus Corona. Sejumlah protokol pun dipersiapkan agar pemain serta staf yang terlibat dalam pertandingan tidak terkena dampaknya.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Protokol Keamanan Serie A

Serie A memberikan batasan orang yang boleh berada di stadion selama pertandingan berlangsung, yakni 300 orang. Kedua tim yang akan bertanding juga diwajibkan menggunakan bus yang berbeda saat menuju ke stadion.

Sebelum kick-off, pemain yang masuk dalam starting XI dan pengganti akan dipisahkan dalam ruang ganti yang berbeda. Lalu ritual seperti upacara pra-pertandingan, foto, maupun berjabat tangan juga tak boleh dilakukan.

Social distancing pun akan dilakukan selama permainan berlangsung. Hanya saja, aturan tersebut berlaku hanya untuk pemain dan wasit. Pemain diminta untuk menjaga jarak sejauh satu setengah meter dari wasit.

Konferensi pers pasca pertandingan pun akan tetap digelar. Pelaksanaannya akan meniru format Formula 1. Pertanyaan akan dikirimkan oleh jurnalis dan jawabannya disiarkan lewat televisi dan media sosial.

2 dari 2 halaman

Mengikuti Jejak Bundesliga

Serie A mengikuti langkah Bundesliga yang sudah menggelar pertandingan sejak bulan Mei lalu. Kompetisi lain seperti Premier League dan La Liga juga akan berlangsung kembali mulai bulan Juni mendatang.

Sementara itu, Ligue 1 (Prancis) dan Eredivisie (Belanda) sudah menyatakan penghentian kompetisi musim 2019/20 sejak jauh-jauh hari. Keputusan ini mengikuti mandat dari pemerintah yang melarang pertandingan digelar sampai bulan September.

Beberapa negara lain juga sudah mengumumkan akan kembali menggelar pertandingan di bulan Juni. Sedangkan Liga Champions, meski belum merilis tanggal pasti, diyakini bakalan dimulai kembali setelah semua kompetisi domestik rampung.

(Goal International)

KOMENTAR