BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Seberapa Besar Dampak Kepergian Ronaldo Buat Ekonomi Juventus?

01-09-2021 06:00 | Yaumil Azis

Pemain Juventus, Cristiano Ronaldo. (c) AP Photo
Pemain Juventus, Cristiano Ronaldo. (c) AP Photo

Bola.net - Beberapa hari menjelang penutupan bursa transfer cukup heboh buat Juventus. Pasalnya mereka kehilangan sang mesin gol, Cristiano Ronaldo, yang memilih kembali ke Manchester United.

Rumor soal kepergian Ronaldo sebenarnya telah berhembus sejak beberapa bulan yang lalu. Akan tetapi, di satu momen, isunya mereda karena pihak Juventus memastikan kalau pria asal Portugal tersebut bertahan.

Namun situasinya berubah dalam kurun waktu beberapa hari terakhir. Semua bermula ketika Ronaldo meminta dicadangkan saat Juventus menghadapi Udinese dalam pekan perdana Serie A 2021/22.

Setelahnya, Jorge Mendes selaku agen Ronaldo terlihat sibuk melakukan pertemuan dengan Manchester City. Namun tidak disangka, peraih enam trofi Ballon d'Or itu malah bergabung dengan Manchester United.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Pengaruh Kepergian Ronaldo

Kepergian Ronaldo jelas merugikan buat Juventus. Mereka kehilangan pencetak gol terbaiknya musim lalu dengan harga 23 juta euro saja. Sementara, Bianconeri menghamburkan 100 juta euro untuk merekrutnya dari Real Madrid tahun 2018 lalu.

Namun kalau dilihat lagi, terutama dalam aspek keuangan Juventus, kepergian Ronaldo memberikan efek yang cukup signifikan. Keuntungan Juventus selama bursa transfer musim panas ini dibongkar oleh Calcio e Finanza.

Menurut perhitungan Calcio e Finanza, Juventus membuat keuntungan sebesar 52,3 juta euro jika dibandingkan dengan musim lalu. Perhitungan tersebut mencakup biaya transfer serta gaji pemain.

Namun, kalau gaji tidak masuk dalam perhitungan, maka Juventus hanya mendapatkan untung sebesar 24,5 juta euro. Selisih yang cukup jauh ini tercipta karena penjualan Ronaldo ke Manchester United.

2 dari 2 halaman

Hemat 57,35 Juta Euro

Lebih lanjut, dalam laporan yang sama, Juventus sebenarnya berharap bisa mendapatkan sedikitnya 29 juta euro agar bisa menghindari kerugian dari pembeliannya. Sayangnya, mereka cuma mampu mengantongi 14 juta euro saja.

Walau demikian, Juventus bisa berhemat sampai 57,35 juta euro dari gaji kotor Ronaldo. Angka tersebut didapatkan dari sisa kontrak Ronaldo yang tersisa satu tahun lagi.

Publik harus menunggu cukup lama untuk menyaksikan debut kedua Ronaldo bersama Manchester United. Sebab laga terdekat baru akan digelar pada tanggal 11 September 2021, tepat setelah jeda internasional berakhir.

(Calcio e Finanza - via Football Italia)

KOMENTAR