Rapor Tim Juventus di Markas Roma: Dybala Menyala, De Sciglio Hero, Szczesny Sakti, De Ligt Penyakit

Ari Prayoga | 10 Januari 2022, 06:43
Reaksi skuad Juventus usai Wojciech Szczesny membendung penalti pemain AS Roma, Lorenzo Pellegrini, Senin (10/1/2022) (c) AP Photo
Reaksi skuad Juventus usai Wojciech Szczesny membendung penalti pemain AS Roma, Lorenzo Pellegrini, Senin (10/1/2022) (c) AP Photo

Bola.net - Juventus secara luar biasa sukses mengalahkan AS Roma dengan skor sengit 4-3 dalam partai Serie A 2021/22 giornata 21 yang digelar di Olimpico, Senin (10/1/2022) dini hari WIB.


Saling kejar-mengejar gol terjadi pada laga ini. Empat gol Juventus masing-masing diciptakan oleh Paulo Dybala, Manuel Locatelli, Dejan Kulusevski, dan Mattia De Sciglio.

Sementara itu, Roma mencetak gol lewat aksi Tammy Abraham, Henrikh Mkhitaryan dan Lorenzo Pellegrini. Laga ini juga diwarnai oleh kartu merah Matthijs de Ligt dan kegagalan eksekusi penalti Pellegrini.

Lantas, bagaimana rapor para pemain Juventus dari laga ini? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1 dari 12 halaman

Wojciech Szczesny 7,5

Meski kebobolan tiga gol, akan tetapi performa Szczesny secara keseluruhan cukup impresif. Kiper asal Polandia itu tercata empat kali melakukan penyelamatan.

Puncak performa Szczesny pada laga ini adalah ketika ia sukses mementahkan tendangan penalti Pellegrini. Kala itu, Juventus baru saja membalikkan keadaan menjadi 4-3.

2 dari 12 halaman

Juan Cuadrado 6

Juan Cuadrado tampil kurang menonjol pada laga ini. Meski tak buruk, penampilan bek sayap asal Kolombia itu juga tak bisa disebut istimewa.

Dari sisi statistik, akurasi umpan Cuadrado mencapai 88 persen. Ia juga sempat satu kali melakukan dribble sukses dan memenangi duel udara.

3 dari 12 halaman

Matthijs de Ligt 4,5

Matthijs de Ligt nyaris menjadi pesakitan pada laga ini. Tak cuma timnya kebobolan tiga gol, ia juga mendapat kartu merah menyebabkan Roma mendapat hadiah penalti.

Beruntung tendangan 12 pas Pellegrini mampu digagalkan Szczesny. Juventus pun akhirnya bisa mengamankan raihan poin penuh hingga laga usai.

Selain itu, gol ketiga Roma lewat tendangan bebas Pellegrini juga diawali oleh pelanggaran yang dilakukan De Ligt terhadap Felix Afena-Gyan.

4 dari 12 halaman

Daniele Rugani 5,5

Daniele Rugani turut berandil menjadi penyebab terjadinya gol pertama Roma ketika ia gagal mengawal Abraham dengan baik dalam situasi sepak pojok.

Juventus terlihat sangat merindukan kehadiran Leonardo Bonucci di jantung pertahanan mereka. Rugani masih belum mampu menyamai level sang senior.

5 dari 12 halaman

Mattia De Sciglio 7,5

Selebrasi Mattia De Sciglio usai mencetak gol kemenangan Juventus di kandang AS Roma, Senin (10/1/2022) (c) AP Photo

Keputusan memainkan De Sciglio di sektor bek kiri rupanya sungguh tepat. Eks pemain AC Milan itu tampil cukup impresif sepanjang laga.

De Sciglio pun muncul menjadi pahlawan kemenangan Juventus lewat gol yang ia ciptakan, dan membawa timnya berbalik memimpin 4-3.

6 dari 12 halaman

Weston McKennie 7

Secara keseluruhan, penampilan Weston McKennie cukup apik. Gelandang asal Amerika Serikat itu kerap membantu serangan dan melepas dua tembakan serta dua kali melakukan dribble sukses.

McKennie juga berandil dalam proses terciptanya gol kemenangan Juventus yang dicetak De Sciglio. Saat itu umpannya lambungnya dipotong Chris Smalling dan jatuh di kaki De Sciglio.

7 dari 12 halaman

Manuel Locatelli 7

Manuel Locatelli tampil cukup apik di lini tengah dengan mencatatkan akurasi umpan hingga 88 persen. Ia juga tercatat dua kali memenangi duel udara.

Locatelli mencetak gol kedua Juventus yang sangat krusial. Gol ini mampu memompa semangat rekan-rekannya setelah sempat tertinggal 1-3.

8 dari 12 halaman

Rodrigo Bentancur 6

Terlepas dari akurasi umpannya yang mencapai 93 persen, Rodrigo Bentancur terbilang tak cukup memberikan keseimbangan di lini tengah Juventus.

Bentancur pun ditarik keluar pada menit ke-64 untuk digantikan Arthur. Setelah itu, performa Juventus pun mengalami peningkatan cukup drastis.

9 dari 12 halaman

Federico Chiesa 6,5

Federico Chiesa mengawali pertandingan dengan cukup impresif, termasuk ketika memberikan assist untuk gol pertama yang dicetak Dybala.

Sayang, cedera mengacaukan segalanya. Ia pun terpaksa ditarik keluar dan digantikan Dejan Kulusevski pada menit ke-32.

10 dari 12 halaman

Paulo Dybala 7,5

Paulo Dybala menjadi bintang utama Juventus pada laga ini. Pemain asal Argentina itu tercatat melepas lima tembakan, termasuk satu yang berbuah gol.

Dybala pun kerap menjadi senjata Juventus untuk mendobrak pertahanan Roma, dan mampu memanjakan rekan-rekannya dengan akurasi umpan mencapai 89 persen.

11 dari 12 halaman

Moise Kean 5,5

Moise Kean menjadi titik lemah Juventus pada laga ini. Serangan yang dibangun seakan tak ada artinya karena sang ujung tombak seperti kehilangan insting golnya.

Kean sama sekali tak mampu melepas tembakan sepanjang 63 menit ia berada di lapangan sebelum digantikan Alvaro Morata.

12 dari 12 halaman

Pemain Pengganti

Dejan Kulusevski 6,5

Berperan sangat aktif sejak masuk lapangan dan mencetak satu gol yang membuat skor menjadi imbang 3-3.

Alvaro Morata 7

Alvaro Morata menjadi salah satu kunci kesuksesan Juventus melakukan comeback. Striker asal Spanyol itu menciptakan assist untuk gol Locatelli.

Arthur 6,5

Masuknya Arthur membuat alur permainan Juventus mengalami peningkatan cukup signifikan. Serangan Bianconeri pun menjadi semakin berbahaya.

Giorgio Chiellini 6

Kartu merah untuk De Ligt memaksa Marco Landucci untuk menurunkan Giorgio Chiellini. Setelah kesuksesan Szczesny membendung penalti Pellegrini, Chiellini pun berkontribusi membawa timnya mempertahankan keunggulan di sisa laga.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR